Tempat konveksi bp supriyadi adalah usaha UMKM yang berfokus pada produksi baju batik. Konveksi ini mulai beroperasi sejak tahun 2007 yang didirikan oleh Bapak Supriyadi, yang beralamat di Tanon RT 14, Jabung, Plupuh, Sragen. Tidak hanya berperan sebagai pelaku ekonomi namun juga sebagai penyedia lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.
Dalam pembahasan ini penting dilakukan karena untuk membantu menganalisis terkait menerima atau menolak pesanan khusus di tempat konveksinya supriyadi. Melalui analisis biaya relevan konveksi supriyadi dapat membuat keputusan yang cermat untuk mendukung keberlanjutan dan kesuksesan. Observasi ini juga dapat mengetahui dampak dalam pesanan khusus terhadap biaya efisiensi, dan keuntungan. Oleh sebab itu pengambilan keputusan taktis penting untuk memaksimalkan keuntungan, mengoptimalkan kapasitas produksi dan faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan taktis, khususnya dalam menerima atau menolak pesanan khusus.
Akuntansi manajemen, yang sering dianggap sebagai bisnis menyediakan informasi yang sangat berharga bagi manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik. Dalam konteks UMKM seperti Konveksi Supriyadi, penerapan teknik akuntansi manajemen yang tepat dapat membantu meningkatkan efisiensi produksi, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, dan pada akhirnya meningkatkan profitabilitas.
Harga penawaran dapat berbeda untuk pelanggan dari pasar yang sama dan perusahaan sering kali mendapatkan kesempatan untuk mempertimbangkan khusus dari calon pelanggan dalam pasar yang dilayanani dengan cara yang tidak seperti biasanya. Â Keputusan pesanan khusus (special order decision) berfokus pada pertanyaan apakah diterima atau ditnolak. Dalam pesanan seperti ini sering kali menarik terkusus pada suatu perusahaan yang beroperasi di bawah kapasitas produksi maksimum.
Pengambilan keputusan ini untuk menerima atau menolak pesanan khusus dengan harga rendah dengan memerlukan analisis yang cermat dan saksama. Konveksi Supriyadi harus mempertimbangkan berbagai factor yaitu, baik finansial maupun nonfinansial, sebelum mengambil keputusan akhir. Dengan melakukan analisis biaya yang tepat dan mempertimbangkan faktor-faktor lainnya, Konveksi Supriyadi dapat mengambil keputusan yang optimal untuk meningkatkan profitabilitas bisnis.
Dalam dunia bisnis yang kompetitif seperti industri konveksi, dalam setiap keputusan yang diambil memiliki dampak yang signifikan terhadap keberlanjutan dan keberlangsungan pertumbuhan perusahaan. Salah satu alat yang sangat berguna untuk membantu Konveksi Supriyadi ini dalam membuat keputusan yang tepat, terutama yang terkait dengan pesanan khusus, yaitu konsep biaya relevan.
Penerapan biaya relevan adalah alat yang sangat berguna untuk Konveksi Supriyadi dalam membuat keputusan taktis terkait pesanan khusus. Dengan memahami konsep biaya relevan ini dan menerapkannya dalam analisis, Konveksi Supriyadi dapat membuat keputusan yang lebih baik, meningkatkan profitabilitas, dan mencapai kesuksesan jangka panjang.
Sebagai ilustrasi dalam menghadapi pesanan, konveksi supriyadi mendapatkan pesanan khusus 550 pcs dengan penawaran harga Rp 119.000 untuk harga jual perunit Rp 125.000. apakah konveksi menerima atau menolak pesanan
Dengan jumlah pendapatan awal total biaya produksinya yaitu Rp 175.000.000. Namun disisi lain mendapatkan pesanan produksi sebesar 550 pcs dengan total biaya produksi Rp 65.450.000. Jika menerima pesanan khusus ini akan mendapatkan laba sebesar Rp 7.393.362,96 dari hasil semula jika belum menerima pesanan khusus ini maka Rp 4.996.924,96. Cara untuk mendapatkan selisih atau perbandingan dengan :
cara pendapatan - biaya variabel = margin kontribusi -biaya teteap = laba
biaya yang termasuk relevan yaitu kain batik, benang, furing, TKL, finishing. Biaya yang tidak termasuk relevan yaitu utilitas listrik dan depresiasi. Dengan hasil laba diatas maka konveksi supriyadi sebaiknya dapat menerima pesanan khusus tersebut.
Manfaat dari implementasi pembuatan keputusan taktis dalam konveksiÂ
Dapat memberikan dampak yang signifikan bagi Konveksi Supriyadi, terutama dalam hal pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pesanan khusus. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan tersebut, konveksi supriyadi dapat meningkatkan efisiensi produksi, dan memaksimalkan keuntungan. Akuntansi manajemen berperan krusial dalam menyediakan data yang akurat dan relevan untuk mendukung pengambilan keputusan ini. Melalui analisis biaya konveksi supriyadi dapat membuat keputusan yang lebih baik, seperti menentukan harga jual yang kompetitif, dan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan margin keuntungan. Dengan demikian, akuntansi manajemen menjadi alat yang tak terpisahkan dalam upaya Konveksi Supriyadi untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.
 kesimpulanÂ
Keputusan konveksi supriyadi sebaiknya untuk menerima pesanan khusus ini. Meskipun dengan harga jualnya lebih rendah dari harga normal, ternyata keuntungan yang didapat jauh lebih besar dari biasanya, karena banyaknya unit yang dibeli. Dengan memproduksi 550 kemeja denga harga jual Rp119.000, konveksi berhasil mendapatkan laba hingga Rp7.393.362,96 - Rp 4.996.924,96 = Rp 2.396.438. Ini membuktikan bahwa terkadang, walaupun harganya lebih rendah jika pesannya banyak bisa memberikan keuntungan yang besar. Dengan analisa biaya relevan dan biaya tidak relevan konveksi supriyadi dapat menerima pesanan khusus dengan perhitungan laba lebih besar dari biasanya
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H