Mohon tunggu...
giancahya
giancahya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Hai Saya Gian cahya mahasiswa UIN Raden Mas Said Surakarta semester 5 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. Saya menyukai tentang alam terutama dengan indahnya langit

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dari potongan Kain Menjadi Keuntungan, Strategi Konveksi pesanan khusus

7 Desember 2024   23:40 Diperbarui: 11 Desember 2024   19:53 76
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tempat konveksi bp supriyadi adalah usaha UMKM yang berfokus pada produksi baju batik. Konveksi ini mulai beroperasi sejak tahun 2007 yang didirikan oleh Bapak Supriyadi, yang beralamat di Tanon RT 14, Jabung, Plupuh, Sragen. Tidak hanya berperan sebagai pelaku ekonomi namun juga sebagai penyedia lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Dalam pembahasan ini penting dilakukan karena untuk membantu menganalisis terkait menerima atau menolak pesanan khusus di tempat konveksinya supriyadi. Melalui analisis biaya relevan konveksi supriyadi dapat membuat keputusan yang cermat untuk mendukung keberlanjutan dan kesuksesan. Observasi ini juga dapat mengetahui dampak dalam pesanan khusus terhadap biaya efisiensi, dan keuntungan. Oleh sebab itu pengambilan keputusan taktis penting untuk memaksimalkan keuntungan, mengoptimalkan kapasitas produksi dan faktor-faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan taktis, khususnya dalam menerima atau menolak pesanan khusus.

Akuntansi manajemen, yang sering dianggap sebagai bisnis menyediakan informasi yang sangat berharga bagi manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik. Dalam konteks UMKM seperti Konveksi Supriyadi, penerapan teknik akuntansi manajemen yang tepat dapat membantu meningkatkan efisiensi produksi, mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, dan pada akhirnya meningkatkan profitabilitas.

Harga penawaran dapat berbeda untuk pelanggan dari pasar yang sama dan perusahaan sering kali mendapatkan kesempatan untuk mempertimbangkan khusus dari calon pelanggan dalam pasar yang dilayanani dengan cara yang tidak seperti biasanya.  Keputusan pesanan khusus (special order decision) berfokus pada pertanyaan apakah diterima atau ditnolak. Dalam pesanan seperti ini sering kali menarik terkusus pada suatu perusahaan yang beroperasi di bawah kapasitas produksi maksimum.

Pengambilan keputusan ini untuk menerima atau menolak pesanan khusus dengan harga rendah dengan memerlukan analisis yang cermat dan saksama. Konveksi Supriyadi harus mempertimbangkan berbagai factor yaitu, baik finansial maupun nonfinansial, sebelum mengambil keputusan akhir. Dengan melakukan analisis biaya yang tepat dan mempertimbangkan faktor-faktor lainnya, Konveksi Supriyadi dapat mengambil keputusan yang optimal untuk meningkatkan profitabilitas bisnis.

Dalam dunia bisnis yang kompetitif seperti industri konveksi, dalam setiap keputusan yang diambil memiliki dampak yang signifikan terhadap keberlanjutan dan keberlangsungan pertumbuhan perusahaan. Salah satu alat yang sangat berguna untuk membantu Konveksi Supriyadi ini dalam membuat keputusan yang tepat, terutama yang terkait dengan pesanan khusus, yaitu konsep biaya relevan.

Penerapan biaya relevan adalah alat yang sangat berguna untuk Konveksi Supriyadi dalam membuat keputusan taktis terkait pesanan khusus. Dengan memahami konsep biaya relevan ini dan menerapkannya dalam analisis, Konveksi Supriyadi dapat membuat keputusan yang lebih baik, meningkatkan profitabilitas, dan mencapai kesuksesan jangka panjang.

Sebagai ilustrasi dalam menghadapi pesanan, konveksi supriyadi mendapatkan pesanan khusus 550 pcs dengan penawaran harga Rp 119.000 untuk harga jual perunit Rp 125.000. apakah konveksi menerima atau menolak pesanan

Dengan jumlah pendapatan awal total biaya produksinya yaitu Rp 175.000.000. Namun disisi lain mendapatkan pesanan produksi sebesar 550 pcs dengan total biaya produksi Rp 65.450.000. Jika menerima pesanan khusus ini akan mendapatkan laba sebesar Rp 7.393.362,96 dari hasil semula jika belum menerima pesanan khusus ini maka Rp 4.996.924,96. Cara untuk mendapatkan selisih atau perbandingan dengan :

cara pendapatan - biaya variabel = margin kontribusi -biaya teteap = laba

biaya yang termasuk relevan yaitu kain batik, benang, furing, TKL, finishing. Biaya yang tidak termasuk relevan yaitu utilitas listrik dan depresiasi. Dengan hasil laba diatas maka konveksi supriyadi sebaiknya dapat menerima pesanan khusus tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun