Mohon tunggu...
GHOFUR BILAWA
GHOFUR BILAWA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Semarang

Saya memiliki hobi Bulutangkis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembentukan Profil Pelajar Pancasila, Fokus pada Enam Dimensi Utama

9 Oktober 2024   20:40 Diperbarui: 9 Oktober 2024   21:25 113
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pendidikan di Indonesia telah melalui banyak transformasi dalam upayanya meningkatkan kualitas dan relevansinya dengan kebutuhan zaman. Salah satu inovasi signifikan dalam bidang pendidikan adalah implementasi Profil Pelajar Pancasila , yang bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang tidak hanya cerdas secara akademik, tetapi juga memiliki karakter yang kuat sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang pembentukan Profil Pelajar Pancasila dengan fokus pada enam dimensi utama yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.


Pendidikan tidak hanya terfokus pada transfer pengetahuan akademik, tetapi juga sangat erat dengan pembentukan karakter peserta didik. Oleh karena itu, profil pelajar Pancasila diciptakan sebagai kerangka yang komprehensif untuk membimbing peserta didik dalam mengembangkan karakter yang baik. Profil ini didasarkan pada nilai-nilai luhur Pancasila, yang merupakan dasar negara Republik Indonesia. Dengan demikian, profil pelajar Pancasila menjadi representasi cita-cita generasi muda Indonesia yang siap menghadapi tantangan global dengan integritas dan kesalehan.  

Definisi dan Tujuan Profil Pelajar Pancasila :
Profil Pelajar Pancasila adalah pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang harus kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Profil ini terdiri dari enam dimensi utama yang saling terkait dan bersinergi dalam membentuk individu yang baik dan berintegrasi dengan masyarakat. Dimensi-dimensi ini adalah sebagai berikut:

1. Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan Berakhlak Mulia
Peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa akan memiliki moralitas yang kuat dan perilaku yang baik. Hal ini diwujudkan dalam perilaku yang hormat dan sopan, serta menerapkan ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari. Peserta didik dapat takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa degan cara menjalankan perintahnya dan menjauhi larangannya. Hal tersebut dapat menjadikan pribadi yang lebih baik, dan menuntun peserta didik selalu ke jalan yang benar.

2. Keanekaragaman Global (Berkebinekaan Global)
Peserta didik yang memiliki kebinekaan global akan mampu menghargai dan menghayati perbedaan budaya, agama, dan suku bangsa. Hal ini membantu meningkatkan toleransi dan inklusivitas dalam masyarakat. Dengan demikian, peserta didik akan mengetahui kebudayaan, agama, ras, dan suku yang ada di Indonesia dan menghargai perbedaan-perbedaan yang ada di Indonesia.

3. Gotong Royong
Peserta didik yang bergotong royong akan memiliki sikap kolaboratif dan siap bekerja sama demi kebaikan bersama. Gotong royong menjadi landasan yang kuat untuk membangun solidaritas dan keharmonisan dalam masyarakat. Dengan demikian, gotong royong dapat membantu peserta didik memiliki jiwa solidaritas yang tinggi dan lebih mementingkan kepentingan bersama.

4. Mandiri
Mandirinya yang kuat akan membantu peserta didik menjadi individu yang mandiri dan mampu mengambil keputusan sendiri. Ini juga mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan global dengan percaya diri.

5. Berpikir Kritis
Bernalar kritiks yang baik akan membantu peserta didik menganalisis situasi yang kompleks dan menghasilkan solusi yang logis dan efektif. Kemampuan ini sangat penting di era digital yang semakin dinamis.

6. Kreatif
Kreativitas yang tinggi akan membantu peserta didik menciptakan solusi baru dan inovatif dalam berbagai aspek kehidupan. Kreativitas ini juga mempersiapkan mereka untuk berkontribusi dalam industri yang berkembang pesat.

Pembentukan Profil Pelajar Pancasila
Pembentukan profil pelajar Pancasila dilakukan melalui beberapa strategi yang saling terkait dan bersinergi. Beberapa cara yang digunakan adalah:

1. Iklim Budaya Satuan Pendidikan
Iklim budaya satuan pendidikan yang positif dan mendukung nilai-nilai Pancasila akan membantu peserta mendidik internalisasi nilai-nilai tersebut dalam diri mereka.

2. Intrakurikuler
Materi intrakurikuler yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila akan membantu peserta didik memahami dan menerapkannya dalam kegiatan belajar.

3. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Projek-projek penguatan profil pelajar pancasila yang direncanakan secara menyeluruh akan membantu peserta didik mengembangkan dimensi-dimensi profil pelajar pancasila secara signifikan.

4. Ekstrakurikuler
Aktivitas ekstrakurikuler yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila seperti OSIS, PMR, dan klub olahraga akan membantu peserta mengembangkan kepribadian dan kemampuan sosial mereka.

Implikasi Profil Pelajar Pancasila
Implikasi dari pembentukan profil pelajar Pancasila sangat luas dan berdampak positif pada individu dan masyarakat. Beberapa ikatan yang signifikan adalah:

1. Mengurangi Kasus Negatif
Profil pelajar Pancasila dapat mengurangi kasus-kasus negatif seperti bullying, plagiarisme, dan perilaku menyimpang lainnya dengan memperkuat moralitas dan etika siswa.

2. Meningkatkan kepribadian Bangsa Indonesia
Profil pelajar Pancasila membantu meningkatkan kepribadian bangsa Indonesia yang tanggap terhadap perbedaan dan memiliki integritas moral yang kuat.

3. Persiapan Global
Dimensi keberagaman global dan pemikiran kritis membantu persiapan generasi muda Indonesia untuk berpartisipasi aktif dalam kompetisi global dengan kompetensi yang lengkap.

Dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, pembentukan profil pelajar Pancasila merupakan langkah strategi yang tepat. 

Dengan enam dimensi utama yang saling terkait, profil pelajar Pancasila dapat membentuk generasi muda yang cerdas akademik, mandiri, kreatif, dan berintegritas moral. Oleh karena itu, profil implementasi pelajar Pancasila harus terus dikembangkan dan ditingkatkan guna mencapai tujuan pendidikan nasional yang lebih maju dan sempurna. 

Artikel ini membahas tentang pembentukan profil pelajar Pancasila dengan fokus pada enam dimensi utama yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dengan demikian, profil pelajar Pancasila menjadi representasi cita-cita generasi muda Indonesia yang siap menghadapi tantangan global dengan integritas dan kesalehan.

Penulis : Ghofur Hasbi Fuat Bilawa

Dosen Pengampu : Natal kristiono S.Pd., M.H.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun