Mohon tunggu...
Ghinayatul Amalya
Ghinayatul Amalya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa PPG Calon Guru

Hobi saya adalah membaca, menulis dan mencari informasi di sosial media

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rencana Aksi Nyata Terkait Asesmen Membaca dan Menulis

19 Januari 2025   08:25 Diperbarui: 19 Januari 2025   06:28 20
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Rencana aksi nyata terkait asesmen membaca dan menulis memuat lima komponen yaitu :

Kegiatan yang dipilih

  • Kegiatan membaca dan menulis cerita pendek
  • Siswa akan membaca sebuah cerpen dan menuliskannya lagi, atau dapat melanjutkan ceritanya sesuai imajinasi mereka terait cerpen yang telah dibaca.

Strategi yang digunakan

  • Pendekatan berbasis diskusi: memulai dengan diskusi kelompok kecil untuk membangun pemahaman bersama dan melatih pemikiran kritis.
  • Modeling (contoh langsung): guru memberikan contoh secara langsung tentang cara menganalisis teks dan membuat ringkasan/ulasan singkat.
  • Penerapan rubrik penilaian: guru menggunakan rubrik untuk memberikan penilaian atas hasil dari pekerjaan siswa.

Alokasi Waktu

Total Waktu : 3 x 30 menit

Langkah-langkah kegiatan

  • Sesi 1 : pembukaan (30 menit)
  • Perkenalan cerita pendek dan tujuan pembelajaran
  • Membaca dan pemahaman bacaaan
  • Tanya jawab untuk memastikan pemahaman peserta didik pada cerita pendek.
  • Sesi 2 : Diskusi (30 menit)
  • Peserta didik dibagi menjadi kelompok kecil 3-4 orang.
  • Peserta didik mendiskusikan tema, karakter, plot cerpen.
  • Peserta didik mencatat ide yang muncul selama diskusi.
  • Sesi 3 : Menulis dan Presentasi (30 menit)                      
  • Peserta didik menulis ulang cerpen atau melanjutkan cerita sesuai kreativitasnya.
  • Peserta didik berdiskusi tentang cara mengekspresikan idenya.

Asesmen yang digunakan

  • Asesmen  formatif : Observasi selama diskusi kelompok untuk menilai partisipasi dan kolaborasi, tanya jawab selama sesi membaca untuk menilai pemahaman bacaan.
  • Asesmen sumatif :
  • Penilaian  tulisan akhir menggunakan rubrik yang mencakup :

Kriteria

1

(kurang)

2

(cukup)

3

(baik)

4

(sangat baik)

Pemahaman Konten

Tidak menunjukkan pemahaman tentang inti cerita

Memahami sebagian inti cerita, tetapi ada kesalahan

Menunjukkan pemahaman yang baik tentang inti cerita

Menangkap inti cerita dengan sangat baik dan jelas

Kreativitas

Cerita tidak menunjukkan kreativitas atau orisinalitas

Beberapa unsur kreatif, tetapi terasa klise.

Kreativitas yang baik, ada unsur baru dalam cerita

Sangat kreatif dan orisinal, menghadirkan ide yang unik

Struktur Teks

Struktur cerita sangat tidak teratur dan sulit dipahami

Struktur cerita kurang jelas, ada beberapa kekacauan

Struktur cerita jelas, meskipun ada beberapa bagian yang perlu diperbaiki

Struktur cerita sangat baik, alur jelas dan teratur

Bahasa dan Tata Bahasa

Banyak kesalahan kosakata dan tata bahasa

Beberapa kesalahan kosakata dan tata bahasa

Penggunaan kosakata dan tata bahasa baik, meskipun ada beberapa kesalahan

Penggunaan kosakata dan tata bahasa snagat baik, minim kesalahan.

Penskoran

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun