bisnis Indonesia tengah diguncang oleh berbagai tantangan. Secara tidak sadar, kita pasti merasakan sedikit dampaknya. Tantangan ini makin menguat setelah Bank Indonesia (BI) meningkatkan suku bunga acuan ke angka 6,25 persen. Momentumnya pun terasa tepat karena nilai tukar rupiah terhadap dolar AS mulai melemah.
Memasuki tahun 2024, duniaLantas, bagaimana cara bisnis bertahan di tengah iklim yang menantang ini? Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mempertahankan bisnis dalam jangka panjang. Salah satunya adalah menggunakan jasa mystery shopping.
Sebelumnya, tahukah kamu apa itu mystery shopping? Layanan evaluasi bisnis ini memang kurang familier bagi sebagian orang. Akan tetapi, jasa mystery shopper sudah banyak digunakan oleh para pebisnis di Indonesia.
Jika melihat dari latar belakang sejarahnya, layanan mystery shopping sudah tercetus sejak awal tahun 1940-an, tepatnya di Amerika Serikat. Berawal dari keinginan para pemilik toko untuk menjaga integritas dan keamanan usahanya, layanan ini akhirnya menjadi metode evaluasi bisnis yang cukup menjanjikan.
Bagaimana kita dapat menyebut metode mystery shopping cukup menjanjikan? Mari kita lihat situasi di sekitar kita. Ada banyak tempat usaha yang berdiri, mulai dari bank, restoran, hingga toko pakaian. Masing-masing toko pasti memiliki prosedur pelayanan untuk memuaskan orang-orang yang berbelanja ke tempat mereka.
Akan tetapi, bagaimana pihak toko dapat menilai kepuasan konsumen dengan objektif dan tanpa kepura-puraan dari para staf? Nah, pada titik inilah peran mystery shopper diperlukan. Pihak toko bisa menilai seluruh aspek tanpa bias sama sekali.
Sama seperti yang terjadi di Amerika Serikat, mystery shopping awalnya hanya berupa jasa penyewaan orang. Jadi, ada orang yang disewa untuk berpura-pura mencuri di toko. Dari situlah, pihak toko bisa mengetahui apakah para staf mampu mengamankan toko. Dari masa ke masa, jasa ini berubah menjadi layanan evaluasi bisnis, terutama untuk customer experience.
Di Indonesia sendiri, perkembangan mystery shopping terbilang cukup pesat. Pertumbuhan ini berjalan seiringan dengan hadirnya bisnis-bisnis di bidang market research. Sebagai alat untuk evaluasi dan riset pasar, pertumbuhan bisnis-bisnis ini mendukung eksistensi mystery shopping di pasar Indonesia.
Kalau kamu peka dengan lingkungan bisnis, pasti kamu tahu beberapa perusahaan yang aktif memberikan jasa mystery shopper. Misalnya, ada Ipsos Indonesia yang fokus pada market research dan Morrigan Services yang memberikan layanan mystery shopping.
Masih banyak bisnis-bisnis yang fokus mengembangkan mystery shopping sebagai metode riset pasar. Pertumbuhan ini menjadi pertanda baik bahwa iklim bisnis di Indonesia akan meningkat ke level yang lebih tinggi. Lowongan kerja mystery shopper pun bisa kita temukan di media sosial dan Google.
Sebagai tren riset pasar, mystery shopping menjanjikan perubahan yang baik. Nah, kali ini kita akan membahas beberapa alasan yang membuat jasa ini dinilai penting. Berikut dirangkum tiga alasan utamanya.
1. Mystery Shopping untuk Meningkatkan Kualitas Bisnis
Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, layanan ini memampukan pihak toko menerima hasil evaluasi yang objektif. Staf tidak akan bisa membedakan konsumen biasa dan shopper yang bertugas di toko tersebut.
Oleh karena itu, hasil evaluasi para shopper akan sangat berguna untuk bisnis. Laporan ini akan sangat membantu bisnis melihat celah-celah kelemahan yang harus segera diperbaiki. Jadi, tentu saja kualitas bisnis akan meningkat, ya.
2. Menilai Kinerja Karyawan untuk Evaluasi
Dari laporan para shopper, bisnis bisa mengetahui seperti apa kemampuan para staf di toko yang sulit diawasi seharian penuh. Oleh karena itu, kinerja para staf dapat dinilai secara adil dan imbang.
Hasilnya pun akan sangat baik untuk perkembangan toko karena pihak bisnis bisa meninjau ulang prosedur dan peraturan. Peninjauan ulang ini berpengaruh ke banyak hal, mulai dari kualitas hingga kestabilan layanan, lho.
3. Mengetahui Potensi Bisnis untuk Masa Depan
Dari yang sudah kita bahas, apakah kamu dapat menyimpulkan sesuatu? Ya, dari hasil riset dan laporan, bisnis dapat melihat potensi masa depan. Laporan para shopper akan menunjukkan apa saja kekuatan yang dimiliki bisnis. Misalnya, ada bisnis yang memiliki kekuatan di layanan publik karena para stafnya sangat ramah kepada pembeli.
Jadi, kita dapat menyimpulkan bahwa manfaat mystery shopping berkaitan erat dengan aspek-aspek krusial dalam bisnis. Hmm, tak heran kalau makin banyak perusahaan yang berfokus di bidang ini, ya.
Nah, apakah kamu pernah melihat lowongan mystery shopper dan mencobanya? Jika kamu melihatnya, tak ada salahnya untuk mencoba, lho.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H