Chiarascuro dan Tenebris adalah aliran dari saudara tua fotografi, seni lukis. Aliran yang menampilkan perbedaan yang mencolok antara terang dan gelap, cahaya dan hitam. Ada kemudian berjalan menyapa lalu perlahan menghilang.
Sekilas terlihat mirip diantara keduanya namun dari yang saya pahami mereka sejatinya dipisahkan antara samar dan benar-benar tidak cahaya pada atmosfer sekitarnya. Bahkan beberapa pelukis membuat hitam menjadi negatif space-nya.
Dalam fotografi ada style yang mirip dengan  Chiarascuro dan Tenebris, dikenal dengan dark atau low key. Jika genre/style lain pencahayaan digunakan dalam menerangi subjek untuk mengurangi kontras, pencahayaan low key menciptakan kontras yang mencolok melalui pencahayaan yang dikurangi. Shade/shadow kini menjadi elemen utama dalam frame.Â
Terlihat simpel untuk membuatnya namun mungkin membutuhkan waktu yang lama bahkan sepanjang jalan untuk bisa menguasainya menurut hemat saya, karena ini berbicara tentang iluminasi, isolasi dan eliminasi, menambahkan dan menghilangkan pencahayaan.
Mulai dari mana?
Sama seperti genre lainnya pengetahuan dasar tentang fotografi dan segala macam teorinya sudah dikuasai atau minimal sudah tahu.  Selanjutnya hanya ada mulai mencoba. Fotografi low key membutuhkan banyak latihan dan selain bereksperimen dengan cahaya, jangan lupa juga harus mencoba dengan beragam subjek. Ada tiga jenis subjek dalam fotografi, netral(tidak banyak mematulkan cahaya, contoh kulit manusia), mengkilat, dan transparan.
Seperti foto dibawah ini mungkin bisa jadi sarana bagus untuk latihan.
Suatu hari istri saya membawa bungkusan yang katanya goodie bag dari perkumpulannya, sekilas saya lihat isinya tas tangan dengan sistem pengunci yang bagus menurut saya, seperti pernah melihat initial seperti itu disuatu tempat dan tenyata itu logo LV tapi aneh bentuknya. Karena bagus akhirnya mikir tidak ada salahnya diabadikan.Â
Saya bikin dua jenis foto high and low . Tentang pencahayaannya bisa dilihat pada pantulan besi tali tas.
Dan karena  low key menggunakan satu pencahayaan dan biasanya berjenis side lighting maka kesulitan yang menghampiri pertama adalah bagimana memilih letaknya.
Tata letak bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, karena fotograsi adalah seni, tentu dalam tentu tidak ada yang salah, yang bisa salah dan tidak boleh terjadi hanya teori-nya saja, dilapangan akan terserah kita. Tinggal bagaimana mengolah rasa, dan karsa menjadi suatu karya. Low key menyenangkan menurut saya karena bisa memberikan pandangan sekilas tentang apa yang kita buat dan menyerahkan sisanya pada orang yang melihat karya kita sesuai dengan imajinasi mereka.
Penempatannya mungkin pada tulisan berikutnyaÂ
Salam jepret
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H