Mohon tunggu...
Gadget

Apa itu SEO dan SEM?

18 Maret 2019   23:55 Diperbarui: 19 Maret 2019   09:46 331
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SEO dan SEM merupakan kosakata yang mungkin jarang didengar oleh masyarakat pada umumnya. SEO dan SEM merupakan teknik untuk meningkatkan efektivitas publikasi dalam media online.

Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik untuk mengoptimalisasi laman web dengan bentuk peringkat dalam mesin pencarian informasi seperti google, MSN, Yahoo, dan sebagainya. Artinya SEO membantu penulis untuk menjadikan laman web mereka supaya tampil di urutan teratas, namun harus berdasarkan kecocokan kata kunci yang dimunculkan dalam laman website tersebut. 

Apa Pentingnya SEO?

SEO penting bagi sebuah website untuk memperbesar kemungkinan laman tersebut dibuka oleh pencari informasi. Berikut 3 alasan pentingnya SEO menurut Daniel Kauffman:

  1. 90% konsumen akan memilih situs di halaman pertama dalam search engine, maka dari itu SEO sangat dibutuhkan.

  2. Teknik SEO membantu menghemat biaya iklan.

  3. 80% konsumen menemukan website dengan cara memasukkan kata kunci dalam kotak pencarian di search engine.

Tips SEO

Bagi seorang jurnalis media online atau content writer tentu teknik SEO sangat diperlukan. SEO bukanlah hal sulit yang hanya bisa dilakukan oleh para ahli, namun siapa saja dapat mempraktekkannya. Inilah 3 tips menggunakan teknik SEO dalam konten laman website:

  1. SEO bekerja dengan mencari kata kunci yang dominan, maka carilah kata kunci yang sekiranya akan digunakan oleh user, misalnya menggunakan (WordTracker, Overture, Google AdWords).

  2. Identifikasi frasa yang hendak digunakan. Pastikan frasa tersebut memiliki tone positif dan mendukung konten yang anda tulis.

  3. Cari tahu tentang pesaing.

Apa itu SEM?

Search Engine Marketing atau SEM adalah aksi atau tindakan untuk memasarkan website dalam search engine dengan membeli paid listing. SEM sangat identik dengan paid listing (daftar berbayar) yang merupakan daftar yang diberikan oleh search engine untuk dijual kepada pengiklan dengan memberikan posisi teratas.

Apa saja yang ditawarkan oleh SEM?

Menurut UniSa terdapat dua produk dalam SEM, yaitu:

1. Paid inclusion adalah tawaran berbayar SEM dari search engine yang menjamin halaman web anda akan dimasukkan dalam indeks search engine. Namun dalam produk SEM ini tidak menjamin peringkat. Pembayaran SEM  yang digunakan untuk paid inclusion berdasarkan pada Biaya Per Klik (BPK).

2. Paid placements merupakan produk SEM yang mana website anda dijamin akan muncul dalam daftar organik. Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk membayar SEM tipe ini berpengaruh pada tingkat ranking yang diberikan. Contoh SEM dari paid placements adalah Google Adwords atau link sponsor.


Bagaiman perbedaan SEO dan SEM?

Bila dilihat secara keseluruhan  SEO dan SEM memiliki kesamaan yaitu untuk mempromosikan webiste. Namun apa saja yang membedakan SEO dan SEM? 

  1. SEM merupakan cara optimalisasi website yang berbayar, sementara SEO tidak berbayar.

  2. SEM biasanya lebih digunakan untuk promosi produk, sedangkan SEO lebih kepada konten-konten umum baik itu penjualan ataupun bukan.

  3. Peluang untuk tampil pada laman pertama lebih terjamin dengan SEM. SEO cenderung lebih sulit karena banyaknya saingan dan butuh keterampilan dan trik dalam menggunakan kata kunci.

Kesimpulan

SEO dan SEM sama-sama taktik yang digunakan untuk mempublikasikan website, hanya caranya yang berbeda. Keputusan untuk menggunakan SEO dan SEM bergantung pada tujuan dari penulis sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun