Mohon tunggu...
Gerlima Jakarta
Gerlima Jakarta Mohon Tunggu... Relawan - Gerakan Literasi Masyarakat

Gerakan Literasi Masyarakat (Gerlima) Jakarta adalah sebuah Gerakan Melek Literasi Menuju Indonesia Emas. Salam Literasi. Lestari Literasi ❤

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

True Story "Lestari Literasiku, Menyala Impianku"

4 Agustus 2024   10:22 Diperbarui: 4 Agustus 2024   10:32 56
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Namaku Naila, saat ini aku duduk di bangku SMP. Di umurku yang memasuki 14 tahun ini keingintahuanku terhadap banyak hal sangat tinggi. Aku selalu mencari tahu sesuatu yang membuatku penasaran bahkan tidak jarang aku melakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah aku lakukan. Sehari-sehari hobiku adalah membaca buku dan menulis dibuku harian tentang kegiatanku. Dimasa depan aku memiliki cita-cita menjadi seorang Diplomat yang hebat yang dapat mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional.


Aku sangat mengidolakan sosok artis Perempuan yang bernama Maudy Ayunda karena dia sosok yang multi talen seperti menciptakan lagu, model, menulis buku dan menurutku orangnya itu selalu ingin belajar banyak hal. Selain Maudy Ayunda, sosok Perempuan yang sangat aku kagumi dan sangat terkenal di Indonesia yaitu Ibu Retno Marsudi yang merupakan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia saat ini. Ibu Retno Marsudi adalah sosok yang menginspirasiku sehingga aku ingin menjadi seorang Diplomat. 

Pertama kali aku mengenal Ibu Retno Mulyadi muncul diberanda tiktok saat Ibu Retno Berbicara di Rapat PBB membela Palestina dan membaca puisi untuk Palestina saat aksi bela Palestina di Jakarta beberapa waktu lalu. Menurutku Ibu Retno Marsudi sangat berani dan tulus membela Palestina. Hal itulah yang membuatku ingin menjadi seoarang diplomat. 

Karena penasaran, lalu aku bertanya sama Ibuku tentang Ibu Retno Marsudi.
'' Bu, Ibu Retno Marsudi keren ya. Bagaimana caranya biar aku bisa seperti dia'' ? Tanyaku
'' Ya, Kamu harus sekolah yang pinter sampai jadi sarjana'' Jawab Ibuku
'' Berarti harus kuliah ya bu, jurusan apa ya bu kira-kira '' ? Tanyaku lagi.
'' Ya jurusan Diplomasi Hubungan Internasional lah namanya juga Menteri Luar Negeri'' Jawab Ibu sambil tersenyum seakan tidak yakin dengan jawabannya.  

Sejak melihat sosok Ibu Retno Marsudi di Tiktok dan mengobrol sama Ibuku , aku semakin bersemangat bersekolah dan belajar untuk lebih giat lagi.
Selain lebih giat belajar tentang Pelajaran-pelajaran disekolah, aku juga aktif di kegiatan ekstrakurikuler  yang ada disekolah. Selain itu juga aku aktif jadi pengurus Osis disekolah untuk melatih jiwa kepemimpinanku. 

Selain aktif di kegiatan-kegiatan disekolah, aku juga aktif di kegiatan luar sekolah dengan bergabung di Forum Anak Jakarta Utara dan Komunitas Gerakan Literasi Masyarakat (Gerlima) yang bergerak dibidang literasi.
Selama aktif di Komunitas Gerakan Literasi Masyarakat (Gerlima) aku mendapatkan banyak ilmu, pengalaman dan tantangan. Pada awalnya Pembina OSIS ku disekolah yaitu Pak Fajar mengajakku dan teman-temanku untuk berkumpul di Taman RPTRA Nirmala Sunter Jaya setelah pulang sekolah.


Pada hari selasa tanggal 02 Januari 2024 di jam istirahat pada saat aku duduk dibangku taman sekolah Bersama dengan Aprilia tiba-tiba Pak Fajar datang menghampiri kami dan  memberi tahu kami akan ada kegiatan.


'' Eh Naila dan April, Lagi pada ngobrolin apasih seru banget kayaknya ?'' Tanya pak Fajar mengagetanku dan April
'' Nggak ada pak, lagi ngobrolin tugas sekolah, susah banget pak tugasnya'' Jawab Aprilia
'' Owh, Tugas sekolah mah dikerjain bukan diobrloin. Eh ngomong-ngomong nanti pulang sekolah ada kegiatan nggak kalian ?'' Tanya Pak Fajar
'' nggak ada sih pak, emangnya ada apa ya pak? Rapat Osis ya? '' Tanyaku Penasaran
'' Rapat melulu kayak DPR aja'' Jawab Pak Fajar sambil ketawa
'' Nanti habis pulang sekolah kita kumpul ya di Taman RPTRA Nirmala ajak temen-temen kalian '' Jelas Pak Fajar
'' Memangnya ada kegiatan apa sih pak, kok dadakan sekali ?'' Tanyaku lagi semakin penasaran
'' Ada deh, bapak berharap sih kamu bisa datang'' Jawabnya meyakinkanku
'' Oke deh, Insyallah ya pak'' Jawabku dan Aprilia


Lalu pak Fajar pergi meninggalkan kami menuju ruang kerjanya dan kamipun penasaran akan ajakan pak Fajar yang mendadak ini. Bel pulang sekolah berbunyi akupun mengajak teman-teman dekatku untuk ke Taman RPTRA Nirmala. Setelah sampai rumah dan mengganti pakaian sekolah dan makan siang. Aku meminta izin sama Ibu untuk pergi ke Taman Nirmala ada kegiatan bersama pak Fajar. 

Setelah mendapatkan izin dari Ibu, Aku berjalan kaki menuju Taman RPTRA Nirmala yang kebetulan tidak jauh dari rumahku.
Sesampainya di Taman aku melihat beberapa temanku dan ada juga kakak kelasku serta Alumni Sekolahku yang saat ini duduk dibangku SMA sedang ngobrol bareng Pak Fajar di Teras Taman dan akupun bergabung bersama mereka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun