Mohon tunggu...
Genre KabupatenTangerang
Genre KabupatenTangerang Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Forum GenRe Kabupaten Tangerang

Forum Genre Kab.Tangerang merupakan Forum Generasi Berencana yang bertujuan menggali, membina dan mengembangkan potensi kreativitas, intelektualitas, Remaja di Indonesia, Khususnya Remaja Di Kabupaten Tangerang. Mendukung dan membantu Pemerintah Republik Indonesia melalui DPPKB & BKKBN dalam menyiapkan ketahanan remaja, mencegah Triad KRR (Seks Pra Nikah, Nikah Dini, Penyalahgunaan Napza) dan peningkatan kualitas remaja untuk menciptakan generasi emas Indonesia Serta Menjadi Forum himpunan PIK R Pusat Informasi Dan Konseling Remaja di Kabupaten Tangerang yang dapat diakses masyarakat dalam menyiapkan masyarakat guna mendukung program generasi berencana.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Life Skill Bersama Webinar Genre Season IV

9 Agustus 2021   17:52 Diperbarui: 9 Agustus 2021   18:47 5133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto Bersama Seluruh Peserta Webinar Genre (Dokpri)

 

Hari/Tanggal: Senin, 19 Juli 2021

Jam: 09. 00 - 12. 00

Via: Zoom Meeting

Jumlah Peserta: 30 Orang Peserta

Acara dibuka oleh MC dengan membaca "Basmallah" Bersama sama. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi dari Ibu Lin Yu Rozana Selaku Kasi Ketahanan Remaja DPPKB Kab. Tangerang.Dengan Tema "Pentingnya Life Skill Bagi Remaja" Keterampilan Hidup (Life Skill) adalah berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya sehari-hari secara efektif (DEPDIKNAS, 2002). 

Keterampilan Hidup (Life Skill) terdiri dari Keterampilan Fisik, Keterampilan mental, Keterampilan Emosional, Keterampilan Sosial, Keterampilan Kejujuran dan Keterampilan Menghadapi Kesulitan. Keterampilan hidup adalah berbagai keterampilan atau kemampuan untuk dapat berperilaku positif dan beradaptasi dengan lingkungan memungkinkan seseorang mampu menghadapi berbagai tuntutan dan tantangan dalam hidupnya sehari-hari secara efektif (DEPDIKNAS, 2002).

1. Jenis-jenis Keterampilan Hidup

A.    Keterampilan Fisik 

Adalah keterampilan seseorang yang ditunjukkan secara fisik, seperti melihat, bersuara, mencium, merasa, menyentuh, dan bergerak.

1.  Keterampilan Fisik, Ditandai dengan seorang remaja untuk memilih makanan, berolahraga dan beristirahat secara seimbang.

2.  Keterampilan memahami tubuh dan merespon kebutuhan tubuh sendiri, Makna sehat yang hakiki adalah memahami kondisi dan kemampuan tubuh kita dan menjalankan pola hidup sehat. Komunikasi yang terjalin baik antara kita dengan tubuh kita akan menghasilkan mekanisme tubuh yang baik pula.

3.    Keterampilan mengatur pola makan dan olah raga

Pada dasarnya, sehat dimulai dari apa yang kita makan. Kita perlu mulai berpikir dan berbuat, bagaimana caranya agar dapat membuat makanan yang bukan hanya enak dilidah tapi juga sehat di badan.

4.    Ketarampilan mengelola tidur. Perbaikan jaringan-jaringan sel yang rusak dalam tubuh umumnya dilakukan dikala istirahat/tidur. Maka apabila kita sering kurang tidur atau tidak memiliki kualitas tidur yang baik, cepat atau lambat akan mengganggu stabilitas daya tahan tubuh kita.

B.    Keterampilan Mental

1.   Keterampilan mempercayai dan menghargai diri. Percaya diri diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri, serta dapat mengukur suatu perbuatan dari segi baik atau buruknya.

2.   Keterampilan berpikir positif. Berpikir positif adalah sebuah keterampilan untuk dapat melihat sisi positif mengenai suatu hal, peristiwa, kejadian atau pengalaman.

3.    Keterampilan mengelola stress. Mengelola stress bukan sekedar mengurangi stress, tetapi juga mengelola situasi yang menyebabkan stress. Mengelola stress berarti menemukan jenis, cara, dan waktu stress yang tepat sesuai dengan ciri khas individu, prioritas, dan situasi hidupnya untuk mencapai kinerja dan kepuasan maksimal.

4.    Keterampilan mengambil keputusan dan memecahkan masalah. Pengambilan keputusan adalah sebuah keterampilan yang membantu remaja untuk menghapi berbagai keputusan dalam hidup secara konstruktif. Keterampilan ini dapat dipelajari dan dipraktikkan

C.    Keterampilan Emosional

1.    Keterampilan bersikap tegas (asertif). Asertif adalah sebuah sikap atau perilaku untuk mengekspresikan diri secara tegas kepada pihak lain tanpa menyakiti pihak ataupun merendahkan diri di hadapan pihak lain.

2.    Keterampilan berkomunikasi dengan orang lain (komunikasi interpersonal)

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pikiran dan perasaan melalui bahasa, pembicaraan, pendengaran, gerakan tubuh, atau ungkapan emosi oleh seseorang kepada orang lain disekitarnya.

Penyampaian Materi Life Skill oleh Ibu Lin Yu Rozana (Dokpri)
Penyampaian Materi Life Skill oleh Ibu Lin Yu Rozana (Dokpri)

D.    Keterampilan Spiritual

1.      Keterampilan memahami kehidupan spiritual

Spitualitas adalah unsur kehidupan manusia yang langsung diberikan dan berasal dari Tuhan. Keterampilan memahami spiritualitas adalah kemampuan memahami bahwa semua kegiatan jasmani, pikiran, dan emosi manusia yang digerakan atas dasar suara hati nurani dan diarahkan untuk memperoleh keridhoan Tuhan Penciptanya.

2.      Keterampilan Menyadari Kehidupan Spiritual

Kemampuan spiritual itu akan terlihat pada perkembangan kesadaran dan pemahaman manusia terhadap diri, orang lain, dan alam, yang berujung pada peningkatan kesadaran dan pemahaman akan kebesaran Penciptanya. Artinya, Spiritualitas muncul pada konteks hubungan manusia dengan dirinya, orang lain, alam dan Penciptanya.

E.    Keterampilan Kejuruan (Vocational Skills)

Keterampilan kejuruan adalah kemampuan atau keterampilan khusus yang dimiliki oleh remaja dan mahasiswa dalam bidang non akademik, yakni berupa kemampuan remaja dan mahasiswa dalam berwirausaha sesuai dengan bakat, minat dan hobinya untuk mendapatkan penghasilan, sehingga remaja dan mahasiswa bisa hidup dengan bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, bangsa dan negaranya. Tujuan keterampilan kejuruan (vocational skills) adalah agar remaja dan mahasiswa mampu mengembangkan potensi dirinya, bakat dan hobinya sehingga dapat mendatangkan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

F.     Keterampilan Menghadapi Kesulitan

Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan pernah lepas dari hambatan, masalah, dan tantangan. Kita melihat ada orang-orang yang bisa mengatasi dan meninggalkan kesulitan masa lalunya ada juga yang menyerah dan menyalahkan masa lalunya. Dengan materi tersebut diharapkan dapat membantu remaja mampu mengenali diri sendiri, melakukan evaluasi terhadap dirinya sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangan dirinya, serta dapat mengukur suatu perbuatan dari segi baik atau buruknya.

Lalu acara diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab serta di tutup dengan mengucap Hamdallah bersamasama oleh MC.

Foto Bersama Seluruh Peserta Webinar Genre (Dokpri)
Foto Bersama Seluruh Peserta Webinar Genre (Dokpri)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun