Mohon tunggu...
Gemi Pujiati
Gemi Pujiati Mohon Tunggu... Guru - Guru

saya seorang guru di SMPN 1 Bangsal Kbupaten Mojokerto Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gaya Hidup Berkelanjutan Implementasi P5 dengan Membuat Eco Enzyme di SMPN 1 Bangsal Kabupaten Mojokerto

24 September 2023   22:33 Diperbarui: 24 September 2023   22:38 1490
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pelaksanaan P5 di hari pertama (Dokpri)

Salah satu kegiatan siswa pada Kurikulum Merdeka yaitu melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang terjadwal dalam kegiatan pembelajaran. Pada tahun ajaran 2023-2024 SMP Negeri 1 Bangsal telah  menerapkan Kurikulum Merdeka pada kelas VII,VIII sedangkan  IX masih menggunakan Kurikulum 2013. Salah satu ciri Kurikulum Merdeka adalah pelaksanaan kegiatan projek dalam rangka mewujudkan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Kali ini SMPN 1 Bangsal  menyelenggarakan projek Untuk kelas VII  dengan mengambil TEMA  GAYA HIDUP BERKELANJUTAN dan mengambil topik Pengolahan Limbah Organik Menjadi Eco enzyme. Kegiatan ini diikuti oleh semua siswa kelas VII sejak hari Selasa dan Rabu tanggal 29-30 Agustus dan nanti akan dilanjutkan pada sesi pemanenan eco enzyme pada tanggal 27 November 2023. Sebelum pelaksanaan P5 diajakan sosialisasi kepada bapak ibu guru pendamping proyek yang dilaksanakan pada hari jumat tanggal 25 Agustus 2023. Dimana pada sosialisasi tersebut disampaikan modul dan panduan kegiatan selama pelaksanaan P5 berlangsung dari jam pertama sampai jam ke 8.

Sosialisasi modul P5 (Dokpri)
Sosialisasi modul P5 (Dokpri)

Sosialisasi modul P5 (Dokpri)
Sosialisasi modul P5 (Dokpri)
Hari pertama, hari Selasa, tanggal 29 Agustus 2023 siswa mengikuti tahap sosialisasi  tentang Eco Enzyme, tiap kelas  siswa dibagi dalam 8 kelompok. Mereka belajar bersama dengan guru pendamping projek kelas masing-masing. Pada tahap  sosialisasi di kegiatan 1 siswa menyimak video yang telah disediakan oleh tim proyek P5   tentang apa itu gaya hidup berkelanjutan serta dampak sampah jika tidak dikelola dengan baik bagi kelangsungan hidup menusia, semua siswa menyimak dan membuat resume. Pada kegiatan ke 2 siswa diberikan artikel tentang panduan dan cara membuat Eco Enzyme, pada bagian ini siswa juga menyimak artikel dan membuat resume. Di kegiatan ke 3 siswa diberikan panduan cara membuat eco enzyme yang berupa vidoe hal ini dimaksudkan untuk memperjelas dan diharapkan siswa benar-benar memahami apa yang akan mereka lakukan dalam membuat eco enzyme dan pada kegiatan ini siswa menyimak dan membuat resume. Tibalah pembagian kelompok kerja eco enzyme  yaitu

pada kegiatan ke 3 dimana tiap kelas siswa dibagi dalam 4 kelompok kerja.  Beberapa materi dapat mereka pelajari dari video youtube atau artikel yang sudah disediakan koordinator proyek P5 ataupun mereka dapat mencari materi sendiri dengan berselancar di dunia maya. Seluruh siswa tampak antusias bersama kelompoknya mengikuti kegiatan ini karena banyak hal yang mereka pelajari pada tahap ini serta hal baru terutama eco enzyme .

Pelaksanaan P5 di hari pertama (Dokpri)
Pelaksanaan P5 di hari pertama (Dokpri)

Pelaksanaan P5 di hari ke 2 (Dokpri)
Pelaksanaan P5 di hari ke 2 (Dokpri)
Di hari kedua, Rabu 30 Agustus 2023, siswa melakukan Tahap aksi yaitu membuat eco enzyme. Tiap-tiap kelompok  membawa alat dan bahan yang telah disiapkan sebelumnya. Kali ini mereka ditemani tim Eco Enzyme Sekolah SMPN 1 Bangsal  dengan diawali  doa bersama berharap agar kegiatan berjalan dengan lancar. Tiap-tiap kelompok sudah siap dengan peran masing-masing dari mencuci bahan organik serta wadah/toples  dan mengiris bahan organik sampai dengan menimbang bahan organik dan gula merah serta menaker airnya. Masing-masing kelompok menggunakan wadah/toples bekas permen yupi yang memiliki kapasitas 1,5 liter maka dengan menggunakan perbandingan 1 : 3 : 10 dimana 1 bagian gula merah, 3 bagian bahan organik dan 10 bagian air serta untuk rongga udara kita menggunakan 2 bagian maka ketemu gulanya 94 gram dan bahan organiknya sebanyak 282 gram serta airnya 940ml atau hampir 1 liter. Ada beberapa siswa yang mencatat serta ada beberapa siswa yang membuat dokumentasi serta ada yang membuat video. Semua siswa sangat antusia dan gembira dalam membuat eco enzyme ini sehingga selesailah sudah tahap aksi untuk membuat eco enzyme dan dilanjutkan membuat poster tentang gaya hidup berkelanjutan.

Penimbangan bahan organik untuk eco enzyme (Dokpri)
Penimbangan bahan organik untuk eco enzyme (Dokpri)

Penimbangan bahan organik untuk eco enzyme  (Dokpri)
Penimbangan bahan organik untuk eco enzyme  (Dokpri)

proses membuat eco enzyme ke dalam wadah plastik (Dokpri)
proses membuat eco enzyme ke dalam wadah plastik (Dokpri)

Eco enzyme hasil karya tiap kelompok  (Dokpri)
Eco enzyme hasil karya tiap kelompok  (Dokpri)

Suatu hal yang sangat luar biasa yang dilakukan siswa SMPN 1 Bangsal  selain produk eco enzyme yang dihasilkan, siswa dapat memupuk karakter kreatif dan mandiri, dalam hal ini sejalan dengan tujuan kegiatan P5 pada kurikulum merdeka khususnya penguatan dimensi kreatif dan mandiri. Disamping itu sesuai dengan elemen yang disasar yaitu menghasilkan gagasan yang original dan pemahaman diri dari situasi.

 Pada kegiatan ini, setiap kelompok menyusun laporan tertulis dan laporan berbentuk video pembuatan eco enzyme. Adapun laporan yang dibuat  siswa adalah laporan dalam bentuk digital yang nantinya akan diuploud dimedia sosial . Pada tahap aksi  ini seluruh rangkaian kegiatan pembuatan Eco Enzyme sebagai pelaksanaan P5 tahap kedua telah selesai, dan akan  dilanjutan pada tahap refleksi yaitu pemanenan Eco Enzyme serta pengemasan, pemasaran dan pameran eco enzyme.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun