Mohon tunggu...
Fahmi Idris
Fahmi Idris Mohon Tunggu... Professional IT - System Analyst -

Introvert, Kinestetik, Feeling Extrovert, System Analyst, Programmer, Gamers, Thinker, Humorous, Dreamer. Web : ghumi.id Instagram : fahmi_gemblonk

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Vario 150 eSP si Motor Komplit

5 Mei 2016   13:57 Diperbarui: 5 Mei 2016   14:07 569
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Logo Honda - visiondude.com

Siapa yang tidak mengenal merek motor Honda? Pabrikan motor dengan logo sayap setengah ini sudah sangat dikenal di Indonesia. Bagaimana tidak, Honda yang terkenal irit itu berhasil mencatat market share penjualan motor sebesar 70% pada Agustus 2015. Artinya ⅔ motor yang terjual pada Agustus 2015 itu adalah motor Honda. 

Dan tentu saja motor matic menjadi primadona untuk urusan jualan motor. Dan untuk lini yang satu ini, Honda kembali mencatatkan prestasi manis. 79% penjualan matic di Indonesia dikuasai oleh Honda. Sadis!

Motor matic yang disebut skuter ini sangat seksi di pasaran motor Indonesia. Karena skuter dikenal sebagai motor dengan harga terjangkau, efisien dan fungsional, juga praktis. Untuk urusan terjangkau, sudah pasti lah bentuknya yang mungil dan cc yang cenderung kecil membuatnya terjangkau, jangan heran kalau motor skutik ini laku keras. Kemudian yang namanya skutik punya ciri khas pijakan kaki yang datar, jadi skutik cocok banget buat yang mobilitas tinggi dengan barang bawaan agak banyak, bisa ditaruh di depan. Dan karena tidak perlu pindah gigi, skutik jadi motor yang praktis.

Dengan 3 keunggulan tentang motor matic di atas, jangan heran kalau para insinyur pabrikan berlomba-lomba menghadirkan skutik dengan segala teknologi unggulan. Begitu juga Honda, seolah ingin menjaga dominasi sebagai produsen motor irit yang merakyat, Honda memperkenalkan keluaran skutik unggulannya bernama Vario 150 esp. Karena ini brand laris, maka menarik untuk menelusuri lebih jauh tentang Vario 150 esp ini.

2-vario-150-esp-572aebbf2323bdbe0a733f2f.jpg
2-vario-150-esp-572aebbf2323bdbe0a733f2f.jpg
Tampilan Vario 150 eSP - Capture Youtube Vario 150 eSP

Sebagai orang kepo, saya mencari-cari berapa harga motor matic yang katanya yahud ini. Menurut salah satu situs dealer motor honda, Vario 150 esp ini dihargai 20.500.000 untuk cash. Sepertinya ini sebuah langkah berani yang dikeluarkan oleh Honda untuk motor dagangannya. Kan Honda terkenal murah dan irit. Penasaran juga intip fitur-fitur dan keunggulannya.

Desain

3-body-samping-572aebe572937355080d52a9.jpg
3-body-samping-572aebe572937355080d52a9.jpg
Penampakan samping body Vario 150 eSP - Capture Youtube Vario 150 eSP

Vario 150 esp ini adalah generasi paling anyar untuk Vario Techno. Jadi, desain anyar untuk motor matic keren ini juga tidak jauh-jauh dari desain utama Vario Techno generasi sebelumnya. Namun untuk generasi yang baru ini, ketajaman desain lebih dipertegas. Makin banyak belok-belok tajamnya. Lihat saja desain bodi secara keseluruhan nyaris mirip dengan peluru. 

Ada yang baru untuk generasi Vario Techno yang sekarang ini. Lampu depan yang dibuat lebih apa ya istilahnya? Pokoknya waktu nyala, tampilan depan Vario 150 esp ini terlihat semakin gagah. Dan yang uniknya, lampu depan Honda Vario 150 esp ini ada 8 buah. 2 lampu sign, 2 lampu senja, dan 4 lampu utama. Iya, untuk lampu utama dibuat ada 4. Mungkin itu sebabnya tampilan depan Honda Vario 150 esp ini terlihat ganteng.

3-lampu-depan-572aebfb6c7e613e076ae488.jpg
3-lampu-depan-572aebfb6c7e613e076ae488.jpg
Lampu depan elegan Vario 150 eSP - Capture Youtube Vario 150 eSP

Headlight pada Honda Vario 150 esp tidak menggunakan bohlam, namun sudah menggunakan LED. Kenapa pilih LED? Karena setidaknya ada 4 keunggulan menggunakan lampu LED. Lampu LED terkenal hemat energi, jadi umur accu lebih pasti lebih lama. Kemudian Lampu LED juga dikenal dengan daya tahan yang lama sehingga umur pemakaiannya juga jauh lebih lama. Ditambah lagi dengan cahaya tidak panas tentu akan menjaga umur reflector dan kaca headlight. Kemudian tentu lampu LED ini ramah lingkungan karena tidak mengandung merkuri, jadi lebih aman.

4-a-collage-desain-572aec347097738f0c75beac.jpg
4-a-collage-desain-572aec347097738f0c75beac.jpg
Collage tampilan panel, emblem 3D dan tail light Vario 150 eSP - Capture Youtube Vario 150 eSP

Pernak pernik desain lain yang ditonjolkan pada Honda Vario 150 esp juga ada pada panel meter. Sepertinya komposisi informasi yang muncul pada panel meter ini agak berubah. Kemudian tambahan eksklusif 3D emblem yang buat saya sih enggak penting. Memang sih 3D emblem ini mempertegas kesan elegan motor ini, tapi desain Vario Techno itu sudah sangat khas, jadi tidak perlu lagi dipertegas kalau ini motor Honda. 

Untuk bagian belakang, tail light pada Honda Vario 150 esp ini dibuat semakin tajam. Tajam di sini bukan hanya desain khas Vario Techno yang lancip-lancip, tapi juga reflector dan lampu yang dibuat lebih terang. Tentu ini membantu keselamatan pengendaranya karena lebih terlihat jelas oleh pengendara yang ada di belakangnya. Kemudian untuk knalpot seperti mengikuti bahasa tubuh Vario Techno, menyesuaikan dan tampak semakin sporty. Yang terakhir pada bagian ban, Vario 150 esp ini sudah dilengkapi dengan ban tubeless. Ban tubeless ini lebih rapat, jadi ketika bocor, masih ada waktu untuk mencari tambal ban. Tidak seperti ban dengan ban dalam, kalau bocor, Kelar idup lo, capek kelesss.

5-a-collage-desain-572aec5a717a61bd0bf811bc.jpg
5-a-collage-desain-572aec5a717a61bd0bf811bc.jpg
Tampilan airfan, knalpot dan ban tubeless Vario 150 eSP - Capture Youtube Vario 150 eSP

ACG Starter

Ini dia fitur anyar dari Vario 150 esp. Adalah kepanjangan dari Alternating Current Generator. Secara sederhana, ACG starter ini menghilangkan suara bletak saat menyalakan motor. Jadi suara lebih halus. Ya cocok lah buat papah muda tampan macam saya yang baru punya bayi. Lebih smooth waktu dinyalakan.

6-acg-starter-572aec8a07b0bde2048842ce.png
6-acg-starter-572aec8a07b0bde2048842ce.png
Ilustrasi ACG Starter - hondacengkareng.com

Ada 4 unggulan ACG Starter, Mengurangi getaran dan bunyi saat menyalakan mesin motor, mengurangi konsumsi BBM karena dilengkapi sistem decompressin yang meringankan kerja piston, aki terisi otomatis, dan dengan sitem decompression ini juga membantu merawat mesin motor karena kerja tidak terlalu keras saat pertama kali dinyalakan. Untuk penjelasan detilnya nanti lihat saja di pranala luar yang saya sertakan di bawah. Enggak paham untuk urusan arus lemah dan arus kuat. Tapi yang pasti lebih lembut dinyalakan waktu coba motor tetangga.

Mesin eSP

Sesuai namanya, tentu dilengkapi dengan mesin eSP. Kepanjangannya Enhance Smart Power. Mesin anyar hasil riset insinyur-insinyur Honda ini kemudian diusung untuk skuter bebek global keluaran Honda.

7-esp-572aecadf1927350059f6bb4.png
7-esp-572aecadf1927350059f6bb4.png
Tampilan mesin eSP - welovehonda.com

Ada 3 keunggulan teknologi eSP ini, economical yang tentu semakin irit penggunaan bahan bakar. Eco friendly yang semakin ramah lingkungan, karena mesin eSP ini sudah euro 3 untuk keluaran bahan bakarnya. Semakin high performance karena lebih efisien prosesnya.

PGM-FI

8-logo-pgmfi-hondangocanh-com-572aed5cc0afbde6063c7329.jpg
8-logo-pgmfi-hondangocanh-com-572aed5cc0afbde6063c7329.jpg
logo PGM-Fi - astramotor.co.id

Menurut klaim dari Astra Motor, Teknologi PGM-Fi adalah teknologi yang ramah lingkungan, karena mampu menekan dan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor. Emisi gas buang ini berkurang karena PGM-Fi ini sudah sesuai standar Euro 3. Oh iya, PGM-Fi ini singkatan dari Programmeble Fuel Injection yang bekerja secara elektronik sebagai sistem suplai bahan bakar. Mesin bekerja tentu butuh pembakaran yang dihasilkan melalui BBM dan oksigen. Dengan PGM-Fi, perhitungan kebutuhan bahan bakar dan oksigen menjadi lebih akurat sehingga lebih efisien.

Combi Brake System

Pada dasarnya, rem bukan berfungsi untuk menghentikan motor, tetapi untuk memperlambat laju kendaraan secara bertahap sampai kecepatan 0 km/jam. Dengan hadirnya CBS (Combi Brake System) ini membantu pengereman optimal pada rem depan dan rem belakang. Rem depan biasanya digunakan untuk jarak pengereman pendek, sedangkan rem belakang untuk pengereman lebih panjang. 

9-combi-brake-system-572aed92ae7a614005998c10.png
9-combi-brake-system-572aed92ae7a614005998c10.png
Ilustrasi kerja Combi Brake System - Capture Youtube Vario 150 eSP

Jadi secara sederhana CBS ini bisa diartikan sebagai teknologi untuk membagi kerja pengereman menjadi depan dan belakang. Cukup dengan menekan tuas rem tangan sebelah kiri maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan. Teknologi ini membantu pengendara melakukan pengereman dengan jarak yang lebih pendek dengan bobot pengereman yang seimbang

ISS

Singkatan dari Idling Stop System yang awalnya diterapkan pada PCX 150 kini hadir di Vario 150 esp sebagai wujud komitmen Honda menghadirkan motor yang peduli terhadap lingkungan. Adalah sistem untuk mematikan mesin secara otomatis pada saat berhenti sejenak atau berhenti di lampu merah. Teknologi ISS ini dapat mengurangi konsumsi pemakaian bahan bakar yang tidak perlu dan menurunkan emisi gas buang

Tahu sendiri kan kalau konsep motor matic itu sebenarnya tidak bisa berhenti mesinnya. Dia selalu berputar walaupun dalam kondisi diam. Jadi sebenarnya mesin tetap berputar (memaksa maju) saat motor menyala dan kondisi 0 km/jam. Nah dengan teknologi ISS ini membantu untuk menjaga usia mesin motor. Lebih irit.

Cara kerjanya sederhana, ketika motor berhenti minimal 3 detik maka fitur ini akan menyala otomatis. Berhenti disini maksudnya motor tetap dalam keadaan nyala ya. Pada saat fitur ISS ini menyala, jangan kaget atau jangan panik, karena seolah-olah mesin berhenti dan mati namun sebenarnya tidak, mesin tetap menyala seperti pada posisi stand-by. Mungkin kalau dalam komputer seperti ketika screen saver muncul, penggunaan energinya keciiiil sekali. Kemudian untuk lanjut jalan kembali, cukup putar saja tuas gas. Langsung cespleng.

10-iss-572aedb407b0bdbe048842d4.png
10-iss-572aedb407b0bdbe048842d4.png
Tampilan panel ISS - Capture Youtube Vario 150 eSP

Bagaimana? Kira-kira worth-it enggak dengan harga 20 juta lebih dikit untuk motor Honda Vario 150 eSP ini? Efisiennya pool. Dari mulai menyalakan mesin dengan ACG starter, Efisien mesin dengan teknologi eSP. Belum untuk urusan penggunaan bahan bakar ada PGM-Fi. Paket komplit.

Kalau kurang, masih ada lagi 4 tambahan lagi di Honda Vario 150 eSP. Pertama Answer Back System yang terdapat pada kunci motor. Fungsinya untuk memanggil motor. Jadi, saat tombol ini ditekan, motor akan memberi respon suara dan lampu sign menyala.Tentu ini membantu untuk mencari posisi motor di parkiran. Tahu sendiri kan parikran motor di Jakarta sekarang itu besar dan motornya bejibun. Belum lagi kalau di parkiran yang penjaganya kreatif suka merapihkan motor. Kalau motor kita dipindah dengan posisi agak jauh, pusing kan nyarinya? Pakai fitur Answer Back System ini membuat pencarian lebih mudah.

Rumah kunci untuk Honda Vario 150 eSP juga tampil lebih canggih, dengan Integrated Key Shutter with Seat Opener membuat ritual membuka bagasi jok lebih mudah. Enggak usah lagi bongkok-bongkok atau nungging-nungging waktu buka bagasi di bawah jok. Belum lagi bagasi box yang besar hingga 18 liter. Lumayan kan kalau bawa tab bisa lebih aman tak perlu khawatir kehujanan. Masih ada satu lagi tambahan untuk keamanan dan kemudahan diberinama Brake Lock. Fitur ini digunakan untuk mengunci kendaraan agar diam saat lampu merah atau saat tanjakan. Lebih praktis.

Oh iya, motor matic kan banyak banget sekarang dipake sama emak-emak. Dengan segala pelitnya emak-emak untuk urusan pengeluaran, kalau tahu fitur-fitur Honda Vario 150 eSP pasti bakal kepincut. Ke pasar tentu lebih trendi. Kalau mau dipake lakinya juga ok. Tetap elegan dan sporty. Iya kan? Pantas kalau disebut Vario 150 Sempurna.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun