Mohon tunggu...
Fahmi Idris
Fahmi Idris Mohon Tunggu... Professional IT - System Analyst -

Introvert, Kinestetik, Feeling Extrovert, System Analyst, Programmer, Gamers, Thinker, Humorous, Dreamer. Web : ghumi.id Instagram : fahmi_gemblonk

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

25 Tahun JNE: Connecting Happines

15 Desember 2015   07:51 Diperbarui: 15 Desember 2015   10:59 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kalau denger kata JNE, hal yang paling saya ingat adalah YES. Kepanjangan dari Yakin Esok Sampai. Saya pernah menggunakan layanan ini dan memuaskan. Sekitar tahun 2010 lalu, kakak perempuan saya sedang hamil dan ngidam batagor Riri. Kayaknya orang Bandung sudah hapal kalau sebut nama batagor ini.

Lokasi makanan yang diinginkan ada di Bandung, sementara kakak saya lokasinya di Mataram. Kalau waktu normal perlu 3 hari untuk sampai. Sementara umur batagor dalam keadaan matang hanya 24 jam saja. Jika dalam keadaan beku, bisa bertahan 2 hari. Jika dalam keadaan setengah matang, bisa bertahan 3 hari. Pas sekali waktunya. 3 hari. Tapi tetap saja khawatir, bagaimana kalau waktu tiba ternyata sudah basi.

Akhirnya memutuskan untuk menggunakan produk YES dari JNE. Benar saja, keesokan siangnya saya dapat kabar kalau batagornya sudah sampai. Karena banyak, bisa dibagi-bagi sama teman-teman kantor kakak ipar juga tetangga. Oh iya, kakak saya waktu itu tinggal di Mataram. Bisa dibilang di kota ini tidak ada batagor. Jadi begitu dapat makanan ringan yang enak ini, pasti seneng.

Eh, bisa jadi peluang usaha tuh. Buka kedai batagor di Mataram. Tapi sekarang mungkin sudah ada.

Express Across Nation

Begitu slogan JNE yang terdahulu. Karena ternyata JNE sebelumnya merupakan sebuah divisi di TIKI yang khusus menangani jaringan internasional. Dimana JNE ketika itu fokus pada bisnis ekspress dan logistic kepabean, atau impor kiriman barang dan dokumen dari luar negeri ke Indonesia.

Jadi jangan heran kalau JNE lebih dikenal di dunia Internasional  untuk jasa ekspedisi di Indonesia. Karena sejak tahun 1991 JNE sudah bergabung ACCA (Association Courier Conference of Asia). Jadi kurir-kurir dari Tiongkok, Malaysia, Filipina dan Negara-negara Asia lainnya lebih familiar dengan JNE.

Baru pada tahun 1993 JNE mulai membangun jaringan domestik di Indonesia. Dan untuk lebih cepat merambah nusantara, JNE mulai membuka keagenan. Jadi siapa saja bisa ikut bergabung.

Saat ini JNE sudah merambah lebih jauh pada Freight dan Logistik. Jangan ditanya untuk JNE Freight, dengan pengalaman mengurusi ekspor dan impor sejak 1991 tentu JNE Freight ini sudah dikenal dan dengan lebih dari 20 tahun bertahan entitas bisnis ini.

Satu lagi JNE Logistik, dengan pengalaman dari 1993 mengirim barang ke seluruh Indonesia menjadikan JNE Logistik terdepan dalam pengiriman barang. Baik pengiriman melalui jalan darat, laut, udara atau pun kereta api, JNE sudah memiliki jaringan yang luas di seluruh Indonesia. Sebagai bocoran dari Group CEO JNE Abdul Rahim Tahir pada kompasiana nangkring (11/12/2015) kemarin, JNE saat ini sedang menambah warehouse baru di Jababeka, Cikarang.

Komplit sudah, terlebih saat ini JNE membuka pintu seluas-luasnya untuk bekerja sama baik untuk JNE Freight, JNE Logistics dan JNE Express. Jadi, bagi e-commerce atau pedagang online, berpartner dengan JNE adalah langkah jitu untuk menghilangkan sakit kepala soal pengiriman barang.

Connecting Happines

Ini adalah slogan anyar dari JNE. Kembali pada kisah batagor kakak saya di atas. Bayangkan perasaannya ketika melihat makanan yang diidam-idamkan akhirnya tiba. Pasti langsung sumringah. Merantau di tanah orang, rindu makanan dari tanah kelahiran. Pas ketemua makanannya dan enak, senyam-senyum sendiri pasti.

Bayangkan juga berapa orang terbahagiakan ketika menerima kiriman barang. Dan jangan heran ketika banyak orang uring-uringan ketika kiriman barangnya ternyata tidak sampai-sampai seperti iklan bukalapak yang ini (link).

Masih ada dua produk lagi dari JNE yang akan berbagi kebahagiaan. Pertama pesona (pesanan oleh-oleh nusantara), yang kedua Jesika (Jemput ASI Seketika). Sayang waktu tahun 2010 saya belum mengenal JNE Pesona. Mungkin lebih manis lagi prosesnya.

Dengan jaringan yang jangan ditanya lagi, JNE membuka unit Pesona untuk mengirim makanan ke seluruh Indonesia. Bagi pebisnis kuliner, ini peluang besar untuk lebih mengenalkan produk makanan pada seluruh Indonesia.

Sementara untuk Jesika, layanan ini baru ada di Jebodetabek. Sasarannya tentu saja untuk ibu bekerja yang memiliki bayi berkebutuhan ASI di rumah. Perah di kantor, ASI segar bisa segera dinikmati si buah hati.

Sssttt.. Jesika juga bisa jadi celah bisnis nih. Bisa buka bisnis Ibu Susu. Tapi ini bisnis dengan benar-benar berlandaskan ‘trust’ yang dalam. Karena buat bayi. Buat anak saja gak boleh coba-coba. Apalagi buat bayi?!?

Pesona dan Jesika, keduanya pasti connecting happines ketika kirimannya tiba. Dalam 25 tahun usianya kedua produk ini menjadi salah satu senjata untuk melanggengkan misi JNE, Memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan secara konsisten.

 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun