Mohon tunggu...
gema triana
gema triana Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Stiamak Barunawati

LOVE YOUR SELF

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Resume Webinar STIAMAK (Gema Triana)

25 Oktober 2020   11:28 Diperbarui: 7 Februari 2021   23:45 85
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada tanggal Selasa , 22 September 2020 saya sebagai Mahasiswi STIAMAK mengikuti  acara PKKMB Webinar Dalam Rangka Orientasi Kampus PKKMB STIAMAK 2020/2021

dengan TEMA : " Optimisme Pendidikan dan Karier Bisnis Maritim "

NARASUMBER:

Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya
Dr. Nugroho Dwi Priyohadi, S.Psi., M.Sc. Psi.  CT

Direktur SDM PT PELINDO III
Edi Priyanto,S.KM., MM

Kepala LLDIKTI Wil. VII Jatim
Prof.Dr.Ir.Suprapto,DEA

Direktur Utama Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia / IPC Learning & Consulting
Chiefy Adi Kusmargono,S.Psi.,Msc

Berikut ini ada materi yang disampaikan oleh narasumber diatas :

MATERI I
Optimisme Pendidikan dan Karier Bisnis Logistik & Kepelabuhan

1. Menjelaskan tentang perlengkapan untuk kedepannya :

" Transformasi digital mengguncang dunia & membawa pada revolusi ".

Revolusi industri - 1       Mesin Uap Menggerakan industri
     ( Abad 18 )
Revolusi Industri - 2    Tenaga Listrik Mengubah Industri
     ( Abad 19 )

Revolusi  Industri - 3   TI, Komputasi dan Komunikasi

Revolusi Industri -  4   Sistem Cerdas : AI, IoT, BigData, etc.

2.Di dalam Revolusi Industri New Skills ?

Learning Skills : Crictical Thingking, Creativy , Collaboration , comunication.

Literacy Skills  : Information, Media, Technology.

Life Skills     : Flexibility, Leadership, Productivity, Social.

3.Mari Mengkonstruksi Pengetahuan, Jangan Terpakau Teori

Berfikir Kritis : FRAMING
( fakta keseluruan di dalam beberapa media )

SETTING AWK PRIMING FRAMING

MATERI II

Optimisme Pendidikan dan Karier Bisnis Maritim

VISI :  

Menjadi Smart Operator Pelabuhan Berskala Dunia

MISI : 

1. Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder.

2. Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisinis di pelabuhan melalui digitalisasi dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (CGG).

  3. Menciptakan solusi bisnis yang cerdas , membangun perluas jaringan bisnis domestik dan internasional.

BUDAYA : " AKHLAK , Amanah , Harmonis , Kompeten , Loyal, Adaptif "

A. INOVASI DI BIDANG SDM.

1.Digitalisasi Pengelolaan SDM

Rekrutmen dilakukan secara online
Pegelolaan karir, Talenta dan pengembangan SDM dilakukan melalui ITMS (Integrated Talent Managemen Sysmen) dan LMS (Learning Managemen System)
pengelolaan administrasi SDM dilakukan melalui SAP
Pengelolaan kinerja dilakukan secara online

2.PRESESI ONLINE

Presesi online bisa dilakukan melalui perangkat (gadget) masing-masing pegawai sehingga meminimalisir resiko penularan penyakit akibat sentuhan pada perangkat yang sama.

3.Virtual meeting

Layanan rapat secara online menggunakan fasilitas vidio conference.

4.Manajemen surat dinas online

Proses pembuatan hingga approval dan disposisi dilakukan melalui aplikasi untuk meminimalisir tatap muka dan pergerakan dokumen fisik

B. INOVASI  BIDANG KOMERSIAL

Windows Connectivity

Program keapastian waktu sandar dan ketersediaan tambahan antar pelabuhan dalam rule tertentu panda Shipping lines petikemas untuk meningkatkan kinerja dan produksi

Program ini mempersingkat waktu turn round voyage (TVR) sehingga memberika efisiensi sebesar 28%-33% untuk pelayaran (contoh rute surabaya banjarmasin)

PIHAK TERKAIT: PELAYARAN DAN PEMILIK BARANG

SSm dan joint Inspection

PPJK cukup akses satu portal INSW untuk mengajukan perijinan import

Terminal petikemas cuykup integrasi dengan INSW untuk mendapartkan notifikasi dan lembaga

PIHAK TERKAIT: IMPORTIR,FORWADING
Term of patyment (TOP)

Pemberian kebijakan jangka waktu pembayaran/TOP untuk jasa kapal dan bongkar muat untuk pengguna jasa petikemas dan non petikemas selama 30 hari

Pelindo II bekerja sama dengan bank (menggunakan program SCF), untuk fasilitas TOP 30 hari

PIHAK TERKAIT: PELAYARAN,PEMILIK BARANG,FORWARDING

Tol laut

Memberikan keringanan diskon tarif atas jasa dermaga dan penumpukan sebesar 50% dan stevadoring sebesar 85% dan tarif yang berlaku dengan biaya TKBM menjadi beban perusahaan pelaksana bongkar muat

PIHAK TERKAIT: PELAYARAN,PEMILIK BARANG,JASA PENGURUSAN TRANSPORTASI (JPT)

Secara garis besar covid 19 menyebabkan penurunan kinerja operasional antara lain:

1.Pembatalan kunjungan cruise sebesar 117 unit (s.d juni 2020 terealisasi 23 dari 68 unit kunjungan kapal cruise

2.Penurunan kunjungan kapal petikemas luar negeri sebesar 15%

3.Penurunan arus penumpang sebesar 38% disebabkan oleh pemberlakuan PSBB dan larangan mudik idul fitri 2020

MATERI III
SEGMEN BISNIS PELINDO III

Jasa kepelabuhanan dan Jasa terkait kepelabuhanan

*Jasa kepelabuhanan
*Jasa kapal
Jasa pandu,jasa tunda,jasa kepil dan jasa tambat
*Jasa barang
Jasa dermaga,jasa penumpukan (CY dan gudang), bongkar/muat,car terminal dan roro
*Jasa penumpang
Pas penumpang dan barang bawaan penumpang
D. jasa terkait pelabuhan
*Jasa penumpang limbah
*Depo petikemas
*Pergudangan
*Pengisian air tawar
*Penyediaan perkantoran
*Maintenance kantie

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun