Pada tanggal Selasa , 22 September 2020 saya sebagai Mahasiswi STIAMAK mengikuti  acara PKKMB Webinar Dalam Rangka Orientasi Kampus PKKMB STIAMAK 2020/2021
dengan TEMA : " Optimisme Pendidikan dan Karier Bisnis Maritim "
NARASUMBER:
Ketua STIAMAK Barunawati Surabaya
Dr. Nugroho Dwi Priyohadi, S.Psi., M.Sc. Psi. Â CT
Direktur SDM PT PELINDO III
Edi Priyanto,S.KM., MM
Kepala LLDIKTI Wil. VII Jatim
Prof.Dr.Ir.Suprapto,DEA
Direktur Utama Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia / IPC Learning & Consulting
Chiefy Adi Kusmargono,S.Psi.,Msc
Berikut ini ada materi yang disampaikan oleh narasumber diatas :
MATERI I
Optimisme Pendidikan dan Karier Bisnis Logistik & Kepelabuhan
1. Menjelaskan tentang perlengkapan untuk kedepannya :
" Transformasi digital mengguncang dunia & membawa pada revolusi ".
Revolusi industri - 1 Â Â Â Mesin Uap Menggerakan industri
   ( Abad 18 )
Revolusi Industri - 2 Â Â Tenaga Listrik Mengubah Industri
   ( Abad 19 )
Revolusi  Industri - 3  TI, Komputasi dan Komunikasi
Revolusi Industri - Â 4 Â Sistem Cerdas : AI, IoT, BigData, etc.
2.Di dalam Revolusi Industri New Skills ?
Learning Skills : Crictical Thingking, Creativy , Collaboration , comunication.
Literacy Skills  : Information, Media, Technology.
Life Skills   : Flexibility, Leadership, Productivity, Social.
3.Mari Mengkonstruksi Pengetahuan, Jangan Terpakau Teori
Berfikir Kritis : FRAMING
( fakta keseluruan di dalam beberapa media )
SETTING AWK PRIMING FRAMING
MATERI II
Optimisme Pendidikan dan Karier Bisnis Maritim
VISI : Â
Menjadi Smart Operator Pelabuhan Berskala Dunia
MISI :Â
1. Menciptakan nilai tambah yang berkelanjutan untuk peningkatan kepuasan stakeholder.
2. Memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi pengguna jasa layanan bisinis di pelabuhan melalui digitalisasi dengan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (CGG).
 3. Menciptakan solusi bisnis yang cerdas , membangun perluas jaringan bisnis domestik dan internasional.
BUDAYA : " AKHLAK , Amanah , Harmonis , Kompeten , Loyal, Adaptif "
A. INOVASI DI BIDANG SDM.
1.Digitalisasi Pengelolaan SDM
Rekrutmen dilakukan secara online
Pegelolaan karir, Talenta dan pengembangan SDM dilakukan melalui ITMS (Integrated Talent Managemen Sysmen) dan LMS (Learning Managemen System)
pengelolaan administrasi SDM dilakukan melalui SAP
Pengelolaan kinerja dilakukan secara online
2.PRESESI ONLINE
Presesi online bisa dilakukan melalui perangkat (gadget) masing-masing pegawai sehingga meminimalisir resiko penularan penyakit akibat sentuhan pada perangkat yang sama.
3.Virtual meeting
Layanan rapat secara online menggunakan fasilitas vidio conference.
4.Manajemen surat dinas online
Proses pembuatan hingga approval dan disposisi dilakukan melalui aplikasi untuk meminimalisir tatap muka dan pergerakan dokumen fisik
B. INOVASI Â BIDANG KOMERSIAL
Windows Connectivity
Program keapastian waktu sandar dan ketersediaan tambahan antar pelabuhan dalam rule tertentu panda Shipping lines petikemas untuk meningkatkan kinerja dan produksi
Program ini mempersingkat waktu turn round voyage (TVR) sehingga memberika efisiensi sebesar 28%-33% untuk pelayaran (contoh rute surabaya banjarmasin)
PIHAK TERKAIT: PELAYARAN DAN PEMILIK BARANG
SSm dan joint Inspection
PPJK cukup akses satu portal INSW untuk mengajukan perijinan import
Terminal petikemas cuykup integrasi dengan INSW untuk mendapartkan notifikasi dan lembaga
PIHAK TERKAIT: IMPORTIR,FORWADING
Term of patyment (TOP)
Pemberian kebijakan jangka waktu pembayaran/TOP untuk jasa kapal dan bongkar muat untuk pengguna jasa petikemas dan non petikemas selama 30 hari
Pelindo II bekerja sama dengan bank (menggunakan program SCF), untuk fasilitas TOP 30 hari
PIHAK TERKAIT: PELAYARAN,PEMILIK BARANG,FORWARDING
Tol laut
Memberikan keringanan diskon tarif atas jasa dermaga dan penumpukan sebesar 50% dan stevadoring sebesar 85% dan tarif yang berlaku dengan biaya TKBM menjadi beban perusahaan pelaksana bongkar muat
PIHAK TERKAIT: PELAYARAN,PEMILIK BARANG,JASA PENGURUSAN TRANSPORTASI (JPT)
Secara garis besar covid 19 menyebabkan penurunan kinerja operasional antara lain:
1.Pembatalan kunjungan cruise sebesar 117 unit (s.d juni 2020 terealisasi 23 dari 68 unit kunjungan kapal cruise
2.Penurunan kunjungan kapal petikemas luar negeri sebesar 15%
3.Penurunan arus penumpang sebesar 38% disebabkan oleh pemberlakuan PSBB dan larangan mudik idul fitri 2020
MATERI III
SEGMEN BISNIS PELINDO III
Jasa kepelabuhanan dan Jasa terkait kepelabuhanan
*Jasa kepelabuhanan
*Jasa kapal
Jasa pandu,jasa tunda,jasa kepil dan jasa tambat
*Jasa barang
Jasa dermaga,jasa penumpukan (CY dan gudang), bongkar/muat,car terminal dan roro
*Jasa penumpang
Pas penumpang dan barang bawaan penumpang
D. jasa terkait pelabuhan
*Jasa penumpang limbah
*Depo petikemas
*Pergudangan
*Pengisian air tawar
*Penyediaan perkantoran
*Maintenance kantie