Mohon tunggu...
Garda arganta
Garda arganta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Politeknik Keuangan Negara STAN

saya adalah mahasiswa yang mempelajari kebijakan publik, ekonomi, dan peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Entrepreneurship: Kunci Generasi Muda dalam Optimalisasi #UangKita Menuju Indonesia Emas 2045

25 Desember 2024   23:07 Diperbarui: 25 Desember 2024   23:07 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Indonesia emas 2045 suatu rencana besar bangsa Indonesia untuk generasi mendatang. Salah satu visinya adalah menurunkan gini ratio menjadi 0,29 sampai 0,32. Visi yang besar jika melihat gini ratio Indonesia saat ini di 0,379 dan terus berfluktuasi setiap tahunnya. Gini ratio menggambarkan ketimpangan pendapatan kelompok masyarakat, jika gini rasio tinggi maka ketimpangan tinggi. Sementara itu, menurut survei yang dilakukan BI, Indeks harga properti residensial (IHPR) terus menunjukkan peningkatan. IHPR pada triwulan I 2024 sebesar 1,89 persen, lebih tinggi dibandingkan triwulan IV 2023 sebesar 1,74 persen. IHPR ini menunjukkan tingkat harga properti, dan jika indeks ini terus meningkat, hal ini dapat menyebabkan ketimpangan kepemilikan properti.

Di Tengah kondisi perekonomian yang semakin tidak menentu ini muncul pertanyaan. Apakah mungkin visi Indonesia emas 2045 tercapai? jawaban ini ada pada Generasi muda! Pada tahun 2045, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi berupa jumlah penduduk usia produktif sekitar 70%. Dengan demikian, generasi muda saat ini memiliki peran sentral tercapainya Indonesia emas 2045.

Salah satu agenda pemerintah untuk mencapai Indonesia Emas 2045 adalah mewujudkan transformasi ekonomi berkelanjutan melalui pengembangan IPTEK, inovasi, dan ekonomi produktif. Langkah ini bertujuan menciptakan ekosistem ekonomi seimbang dengan memerhatikan aspek lingkungan, aspek sosial, dan aspek ekonomi. Dengan demikian, ekonomi hijau yang fokus pada efisiensi sumber daya dan keberlanjutan lingkungan terwujud.

kondisi ini memerlukan peran sentral generasi muda. Dengan  kemudahan aksesibilitas terhadap perkembangan global, generasi muda memiliki potensi besar untuk menghasilkan inovasi, meningkatkan IPTEK, dan mendorong produktivitas ekonomi lebih jauh lagi. Generasi muda dengan kreativitas dan kemudahannya akan mampu optimalisasi #UangKita untuk masa depan Indonesia. Pertumbuhan bisnis dapat diakselerasi, sehingga ketimpangan menurun dan daya saing meningkat. Gerakan optimalisasi #UangKita bertujuan mendorong optimalisasi pengelolaan keuangan ,dalam konteks ini dilakukan oleh generasi muda.  

Entrepreneurship sebagai langkah konkret mewujudkan visi Indonesia emas 2045

entrepreneurship adalah kegiatan bisnis mencakup aspek kreativitas dan inovasi yang kemudian mengimplementasikannya dalam bisnis. Kemampuan yang dibutuhkan adalah kreativitas, inovasi, dan daya juang menghadapi tantangan usaha. Diperlukan generasi muda yang andal dalam entrepreneurship agar dapat meningkatkan produktivitas perekonomian dan ekonomi yang inklusif untuk semua.

Rasio jumlah pengusaha baru (wirausaha) sekitar 3,74 persen. Angka ini lebih rendah daripada thailand 4.2 persen, malaysia 4.7 persen, dan singapura 8.7 persen. semakin tinggi rasio dapat memberikan gambaran kasar produktivitas ekonomi suatu negara. selain itu, Kontribusi UMKM pada PDB juga sangat tinggi sekitar 60 persen. tidak salah jika dikatakan wirausaha disebut kunci Indonesia emas 2045.

Bagaimana menumbuhkan kreativitas generasi muda?

entrepreneurship yang andal memerlukan kreativitas yang tinggi. Kreativitas adalah kemampuan menghubungkan sesuatu yang sudah ada untuk menciptakan ide baru. menurut artikel yang berjudul creativity: how to develop entrepreneurial attitude of creativity terdapat beberapa langkah mendorong batas kreativitas:

1. Melakukan sesuatu yang berbeda.   Sesuatu yang sama dilakukan berkali-kali akan menimbulkan rasa bosan. Selain itu, kemampuan dan pengetahuan kita tidak akan berkembang. Generasi muda harus dapat melakukan diversifikasi usahanya, bisa melalui harga, kualitas, atau pelayanan.

2. Banyak membaca.  Kemudahan aksesibilitas generasi muda harus dimanfaatkan secara optimal. Sumber lebih mudah diakses dan lebih inklusif. Literasi keuangan dalam rangka optimalisasi #UangKita semakin banyak.

3. Berdiskusi dengan banyak orang.  Ketika berdiskusi kita menambah perspektif dan pengetahuan. Komunita kemenkeu dapat menjadi wadah diskusi para generasi muda. Kita bisa melihat perspektif teman-teman mengenai banyak hal, mengenai entrepreneurship, kebijakan publik, investasi & perencanaan keuangan, dan masih banyak lagi.

4. me time/sisihkan waktu untuk diri sendiri. kesibukan pekerjaan dan aktivitas sehari-hari pasti menguras waktu, energi, dan pikiran. Sisihkan waktu setidaknya 15 menit setiap hari untuk diri sendiri. Cari tempat nyaman dan tenang agar kita bisa fokus. Kadang ide baru muncul dalam suasana ini.

Implementasi ide baru, langkah menjadi entrepreneurship yang andal

Tantangan utama untuk menjadi entrepreneurship adalah Inovasi. Menurut Prof. Dr. John Bessant, inovasi adalah menciptakan value suatu produk atau sosial dari ide. Inovasi adalah sesuatu yang dilakukan entrepreneur sebagai agent of change. Berikut  beberapa cara berpikir yang diperlukan oleh generasi muda untuk menjadi entrepreneurship andal menghadapi Indonesia emas 2045:

1. Kembangkan rasa ingin tahu dan terus belajar. Seorang entrepreneur sejati memiliki rasa ingin tahu terhadap banyak hal, mencari jawaban, mempelajari jawaban, dan mencoba implementasikan jika dianggap layak. Rasa ingin tahu berasal dari usaha untuk mempelajari sesuatu. Daya juang yang tinggi diperlukan oleh para generasi muda.

2. Hindari terlalu banyak analisis tanpa aksi. Mengambil tindakan dengan informasi yang tidak lengkap (imperfect information) lebih baik daripada menunggu momen yang pas datang.

3. Berani ambil risiko. Dalam suatu proses bisnis, risiko pasti ada pada setiap keputusan. Entrepreneur yang andal perlu melakukan kalkulasi potensi risiko dan bagaimana mengurangi atau bahkan menghilangkan risiko tersebut.

4. Menerima feedback dan pelajari kesalahan. Komunitas seperti komunita dapat menjadi sandaran untuk berdiskusi, menerima masukan, dan evaluasi bersama.

5. Kembangkan visi dan misi yang jelas. Visi dan misi yang jelas dapat membantu seorang entrepreneur dalam mengambil keputusan, sehingga sesuai dengan tujuan dibentuknya suatu usaha atau kegiatan.

Peran pemerintah mendorong generasi muda menjadi entrepreneur andal

Indonesia emas 2045 membutuhkan kerja sama semua unsur bangsa indonesia. Entrepreneurship adalah langkah panjang penuh duri. Berikut langkah yang bisa diambil pemerintah untuk mendorong generasi muda menjadi entrepreneurship yang andal:

1. Insentif. Kebijakan pemerintah melalui insentif mempercepat kesuksesan suatu program. insentif dapat memberikan motivasi tambahan generasi muda untuk ikut serta mencapai visi Indonesia emas 2045.

2. Pendidikan dan pelatihan. Pemerintah dapat mengintegrasikan pendidikan formal terkait materi entrepreneurship atau membuat pelatihan khusus secara intensif.

3. Regulasi. Regulasi yang mudah pendanaan yang mudah dapat mendorong investasi ke dalam negeri.

4. Sosialisasi dan kampanye. Pemerintah dapat melakukan kampanye secara masif di semua lingkungan masyarakat.

Kesimpulan

Salah Visi Indonesia emas 2045 adalah penurunan tingkat ketimpangan sosial-ekonomi (Gini ratio). Peran sentral untuk mencapai visi tersebut dipegang oleh generasi muda saat ini, karena pada 2045 terdapat bonus demografi Indonesia usia produktif mencapai 70 persen. pemerintah  dalam rangka pencapaian visi Indonesia emas 2045 memiliki agenda pembangunan untuk mewujudkan transformasi ekonomi melalui perkembangan IPTEK, inovasi, dan ekonomi produktif.  

Sejalan dengan agenda pembangunan, Entrepreneurship menjadi langkah konkret tercapainya visi Indonesia emas 2045 dengan optimalisasi peran generasi muda. Untuk menjadi entrepreneur yang memiliki daya saing tinggi diperlukan kreativitas, inovasi, dan daya juang tinggi menghadapi berbagai kondisi. Dukungan pemerintah diperlukan melalui insentif, pendanaan, regulasi, dan sosialisasi secara masif. Dengan demikian, peran semua unsur bangsa Indonesia diperlukan.

Reference

Indonesia Baik. (2020). Siapkah Kamu jadi Generasi Emas 2045. Diakses dari https://indonesiabaik.id/

Indonesia 2045. (2024). Indonesia emas 2045. Diakses dari https://indonesia2045.go.id/

Bank Indonesia. (2024). Survei Harga Properti Residensial Triwulan I 2024: Peningkatan Harga Properti Residensial Berlanjut. Diakses dari https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/news-release/Pages/sp_2610424.aspx

World Economic Forum. (2023). Why creativity in science matters and three ways to achieve it. Diakses dari https://www.weforum.org/stories/2023/07/creativity-science-matters-ways-to-achieve-it/

Liputan6. (2021). Rata-Rata Rasio Wirausaha di Negara Maju 12 Persen, Indonesia Baru 3,74 Persen. diakses dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/4617800/rata-rata-rasio-wirausaha-di-negara-maju-12-persen-indonesia-baru-374-persen

Media Indonesia. (2024). Gerakan Satu Juta Entrepreneur menuju Indonesia Emas 2045. Diakses dari https://mediaindonesia.com/ekonomi/675074/gerakan-satu-juta-entrepreneur-menuju-indonesia-emas-2045

Friedrich-Alexander-Universitt Erlangen-Nrnberg. (2024). What Is Innovation? | Innovation and Entrepreneurship | FULL EPISODE [FAU Science]. Diakses dari https://www.youtube.com/watch?v=JqR0AnUZtz0

Osmos . (2024). The Role of Innovation in Entrepreneurship.diakses dari www.osmoscloud.com

David gasparyan. (2020). How to hink like an entrepreneur. Diakses dari www.linkedin.com

Diawati, P., Ausat, A., & Augustin, J. (n.d.). Creativity: How to Develop an Entrepreneurial Attitude of Creativity. Journal on Education.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun