HarKulNas? Apaan lagi nih?
Yup, Hari Kuliner Nasional lengkapnya. Sejenislah sama HarBolNas, Hari Belanja Online Nasional yang sudah ditetapkan lebih dulu, yaitu pada setiap 12 Desember.
Nah, kalo HarKulNas memang belum ditetapkan. Tapi supaya kita enggak kudet, pantengin aja mulai tanggal 5 -- 13 Mei ini di dunia maya. Apalagi untuk kita-kita yang suka madyang, makan. Utamanya lagi, kita yang suka pesan makanan-minuman tinggal sentuh layar alias lewat aplikasi online.
Selama sepekan itu, GO-JEK menyelenggarakan HarKulNas GO-FOOD. Ini kegiatan kuliner raksasa terbesar di Indonesia yang untuk kali pertama dilakukan GO-JEK. Hebatnya, HarKulNas GO-FOOD akan digelar serentak di 11 kota yaitu Jabodetabek, Surabaya, Makassar, Palembang, Cirebon, Yogyakarta, Medan, Semarang, Bali, Solo, dan Malang. Wheeewwww ... pasti ditunggu-tunggu nih kegiatannya, bakal kayak bagaimana?
Heboh? Pastilah. Soalnya, HarKulNas GO-FOOD melibatkan lebih dari 7.000 merchant outlet GO-FOOD dan rekan usaha GP-PAY. Mereka menawarkan aneka promo menarik baik secara online di layanan GO-FOOD, dan juga promo di rekan usaha GO-PAY dan promo di berbagai lokasi GO-FOOD Festival.
Untuk promo online GO-FOOD, pelanggan bisa mendapatkan: satu, promo GO-FOOD Voucher yang berlaku untuk jutaan pelanggan GO-FOOD yang berada di 11 kota tadi. Promo berupa potongan harga senilai Rp 20.000 dengan minimum transaksi Rp 50.000. Voucher juga bisa didapatkan dengan menukarkan 10 GO-POINTS.
Dua, promo kejutan dari GO-FOOD, berupa penawaran spesial di berbagai partner GO-FOOD favorit. Juga, pengguna yang beruntung bisa menemukan voucher yang didapat sewaktu membuka layanan GO-FOOD di aplikasi GO-JEK.
Selain itu, pengunjung bisa mengikuti kompetisi foto #HARKULNASdiGFF melalui instagram. Hadiahnya lumayan bo', saldo GO-PAY senilai Rp 550.000 untuk 10 pemenang.
Oh ya, promo GO-FOOD Festival ini berlaku di: Gelora Bung Karno, Pasaraya Blok M, dan PASARMOI Kelapa Gading (Jakarta). Juga, Grand Galaxy Park (Bekasi), Bale Binarum (Bogor), Cirebon Super Block Mall (Cirebon), Eatout Karebosi Link (Makassar), Palembang Indah Mall (Palembang), Grand City Mall (Surabaya).
Ada lagi promo GO-PAY, maksudnya, pengguna mendapat promo cashback 10% kalau membayar dengan menggunakan GO-PAY di rekan usaha GO-PAY yang berpartisipasi selama periode 5 -- 19 Mei. Tambah lagi, ada kompetisi instagram #Segampangitu yang merupakan peluang sekaligus tantangan untuk mendapatkan hadiah makan siang gratis selama setahun dari GO-PAY. Caranya? Cukup dengan memposting video atau foto sewaktu melakukan pembayaran menggunakan GO-PAY di rekan usaha GO-PAY (offline transaction), selama periode 5 -- 13 Mei.
Dapatkan juga promo Website F&B, yaitu promo online di sejumlah website F&B dengan diskon senilai Rp 20.000 dengan minimum pembelian Rp 50.000 (tidak berlaku kelipatan 'loh). Promo ini berlaku untuk seluruh transaksi dengan pembayaran menggunakan GO-PAY - tentu saja -- untuk seluruh produk yang ditawarkan oleh merchant yang terlibat atau berpartisipasi.
Last but not least, dapetin juga Birthday Promo. Sesuai namanya, promo ini khusus dong buat pelanggan yang ulang tahun pada tanggal 5 Mei untuk mendapatkan diskon dengan menunjukkan KTP di top-up booth. Voucher Birthday Promo ini berlaku untuk makan di tempat, dan satu pelanggan cuma bisa menukarkan satu voucher Birthday Promo aja.
Disambut Heboh Pengguna
Peluncuran kegiatan HarKulNas GO-FOOD ini sudah pasti mendapatkan banyak komentar beragam dari pengguna. Akun instagram @gofoodjakarta misalnya mengunggah logo HarKulNas GO-FOOD lengkap dengan tulisan: 'Siapkan perut untuk dihujani ribuan promo #HARKULNAS yang bisa kamu dapatkan di GO-FOOD!'
Akun ini juga memberi penjelasan melalui komentar balasan berikutnya, 'Hari Kuliner Nasional GO-FOOD adalah momen dimana kamu bisa mendapatkan limpahan promo secara online di GO-FOOD (dalam aplikasi GO-JEK), dan secara offline baik di GO-FOOD Festival, atau di rekan usaha GO-PAY. Tungguin ya tanggal 5 bulan 5!'
Sontak, para followers pun bergembira. Contoh, @bambang_wiharno yang berkomentar, 'Baru tau saya Hari Kuliner Nasional....hhee emezing'. Sedangkan @pu1591 mengatakan, 'hari kuliner nasional bkin brat badan makin naik'. Lalu @bellanast yang bilang , 'wah ini dia yang aku tunggu2'.
Komitmen untuk Kembangkan UMKM
Menurut Catherine Hindra S, Chief Commercial Expansion GO-JEK, pelaksanaan HarKulNas GO-FOOD ini menjadi bukti nyata GO-JEK dalam mendukung dan mempromosikan usaha kuliner nusantara supaya semakin dikenal lebih meluas lagi. "Bukankah salah satu tantangan yang sering dikeluhkan pelaku UMKM adalah menyangkut promosi usaha mereka.Â
Makanya, melalui HarKulNas GO-FOOD ini, kami berharap usaha kuliner bisa semakin lebih dikenal," ujar perempuan berambut lurus sebahu ini ketika konferensi pers di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta (2/5).
Catherine mengutip data, ada lebih dari 2.000 pengguna GO-JEK yang tinggal dalam radius 500 meter dari sebuah usaha kuliner yang merupakan mitra GO-JEK. "Ini artinya, ada potensi pasar yang bisa dimanfaatkan oleh para pengusaha kuliner," katanya penuh semangat.
Berdasarkan hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI, pada 2017, merchant UMKM yang bergabung dalam platform GO-JEK di sembilan kota, berkontribusi lebih dari Rp 1,7 triliun kapada perekonomian nasional.
Catherine juga mengutip data nasional yang bersumber dari hasil survei Badan Ekonomi Kreatif pada 2018 yang menyebutkan bahwa, pada 2016 lalu, usaha kuliner menyumbang lebih dari Rp 382 triliun kepada total produk domestik bruto sektor ekonomi kreatif. Angka tersebut naik Rp 30 triliun dibandingkan tahun sebelumnya.
"Kontribusi GO-JEK melalui GO-FOOD terhadap pertumbuhan ekonomi nasional bisa lebih diperbesar lagi ke depannya. Kami yakin akan hal itu. Untuk itu, kami terus mencari cara baru untuk membantu UMKM menemukan solusi atas tantangan dalam pengembangan bisnisnya. Salah satu solusi yang awal tahun ini kami perkenalkan adalah GO-FOOD Festival. Para pengusaha kecil menengah bisa memperluas outletnya dan menjangkau lebih banyak konsumen melalui GO-FOOD Festival," kata Catherine.
Mengomentari salah satu lokasi GO-FOOD Festival yaitu di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Catherine menegaskan bahwa hal ini akan menjadi salah satu lokasi terbaru pusat destinasi culinary and entertainment yang paling terbesar di Indonesia. "Makanya kami sangat bahagia bisa berpartner dengan pihak GBK. Selain makanan, ada juga area untuk family, anak-anak bermain, dan tersedia hammock untuk beristirahat. Pokoknya kita bisa bersenang ria, beristirahat, menikmati suasana Jakarta," ujarnya.
"Dari 150.000 merchant yang tergabung di GO-FOOD, lebih dari 80% diantaranya merupakan pengusaha kuliner dalam kategori pengusaha kecil dan menengah. Rata-rata, transaksi merchant kuliner kami meningkat 2,5 kali sejak bergabung dengan GO-FOOD. Kami ingin angka ini terus meningkat, supaya mitra kami bisa bertumbuh dari yang kecil menjadi menengah, dan yang menengah menjadi besar," ujar Nila mengutip data internal perusahaannya.
Turut berbicara Nadia Tenggara selaku Vice President Partnership & Sales Management GO-JEK.
Tentang GO-JEK
Sebagai on-demand mobile palatform dan aplikasi terdepan yang menyediakan berbagai layanan lengkap, mulai dari transportasi, logistik, pembayaran, layan-antar makanan, dan berbagai layanan on-demand lainnya, GO-JEK menghubungkan pengguna lebih dari satu juta mitra driver yag terdaftar, lebih dari 150.000 penjual makanan, serta lebih dari 30.000 penyedia layanan lainnya.
Fokus utama GO-JEK adalah memberdayakan para pekerja sektor informal di Indonesia. Dengan bergabung bersama GO-JEK, mitra dapat memiliki akses kepada layanan jasa keuangan seperti tabungan, asuransi, KPR dan cicilan terjangkau. (*)