Mohon tunggu...
Galuh Wulandari
Galuh Wulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

John Dewey: Progresivisme Membuat Kreatifivitas Peserta Didik pada Konsep "Belajar Merdeka"

20 Desember 2022   17:53 Diperbarui: 20 Desember 2022   18:08 142
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Progresivisme merupakan salah satu aliran filfasat yang dikemukakan oleh John Dewey. Beliau menginginkan adanya perubahan mendasar terhadap pelaksaan pendidikan ke arah yang lebih baik berkualitas dan memberikan manfaat yang nyata bagi peserta didik.sejak kelahiran John Dewey aliran ini berusaha menggapai secara positif pengaruh-pengaruh yang ada pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

Progresivisme menekankan pada konsep "progress yang menyatakan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk mengembangkan dan menyempurnakan lingkungannya dengan menerapkan kecerdasan yang dimilikinya dengan metode ilmiah untuk menyelesaikan permasalahan yang timbul baik dalam kehidupan personal manusia maupun dalam kehidupan sosial(Gutek,1974:138)

Aliran ini sangat menekankan bawah pentingnya dasar-dasar kemerdekaan dan kebebasan, menghendaki adanya kemerdekaan dan keleluasaan lembaga pendidikan mengekplorasi kecerdasan dan kemampuan peserta didik sesuai dengan potensi, minat dan kecenderungan masing-masing peserta didik secara demokratis, feksibel dan menyenangkan.

Pemerintah Indonesia sebenernya selalu memberikan perhatian lebih terhadap sekotor pedidikan dengan di buktikan dengan di tetapkan kebijakan pemerintah di sektor pendidikan, mulai dari programs wajib belajar, beasiswa kepada masyarakat kurang mampu dan programs-program yang mengupayakan peningkatan kualitas pendidikan, serta menganggarkan 20 persen APBN untuk sector pendidikan.

Dalam kaitannya dengan "Merdeka Belajar" memahami dan mengubah cara pandang oendidika dengan kacamata aliran filsafat progresivisme perlu dilakukan karena aliran filsafat ini berasumsi bahwa manusia itu mempunyai kemampuan yang unik dan luar biasa serta dapat mengatasi bebrbagai permasalahan yang mengancam manusia itu sendiri. Progresivisme juga menolak aka adanya corak pendidikan bersifat otoriter yang di anggap penghambat dalam mencapai tujuan-tujuan yang baik, karena kurang kemampuan yang dimiliki manusia dala proses pendidikan. 

Padahal dalam pendidikan semua elemes dianggap sebagai motor penggerak untuk mencapai sebuah kemajuan atau progress ke depan. Dengan demikian bago progresivisme, ide-ide teori, dan cita cita tidak cukup hanya di akui sebagai hal-hal yang ada (being), tetapiyang ada ini harus docari maknanya untuk mencapaisebuah kemajuan.

Kebijakan baru Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI) yang di rancang oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim. Nadiem membuat kebijakan merdeka belajar bukan tanda alasan (PISA) Programmer for International Student Assesment tahun 2019 menunjukan hasil penilaian pada peserta didik Indonesia menduduki posisi ke-74 dari 79 negara. Menyikapi hal tersebut Nadiem pn membuat suatu hal yang baru di pendidikan dalam mengukur kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan peserta didik dalam menganalisis isi bacaan beserta memahami konsep di baliknya. 

Untuk kemampuan numerasi, yang dinilai bukan pelajaran matematika, tetapi penilaian terhadap kemampuan numerask dalamkehidupan nyata. Satu aspeksisianya, yakni Survei Karakter, bukanah sebuah ttes, melainkan pencarian sejauh mana penerapan nilai-niilai bidi pekerti, agama dan Pancasila yang telah dipraktekkan oleh peserta didik baru

Esensi kemerdekaan berfikir harus didahuui oleh para gru sebelum mereka mengajarkan pada peserta didik. Kompetensi guru di level apapun, tanpa ada proses penerjemahan dari kompetensi dasar dan kurikulum yang ada, maka tidak akan pernah pembelajaran yang terjadi. 

Dari pemaparan konsep  kebijakan"Merdeka Belajar" yang dirancang oleh Mendikbud Nadiem Makarim, terdapat kesamaan atau kesejajaran dengan konsep pendidikan menurut aliran filsafat progresivisme John Dewey. Kedua konsep tersebut sama sama menjabarkan dan menekankan adanya kemerdekaan dan keleluasan lembaga pendidikan dalam mengekplorasi secara maksimal kemampuan dan potensi yang di miliki oleh para peserta didik yang secara alamiah memilikikemampuan dan potensi yang beragam. 

Jika dirumuskan kedua konsep tersbut sama-sama mengandung makna yang senada yaitu, peserta ddik harus bebas dan berkembang secara natural, pengalaman langsung adalah rangsangan terbaik dalam pembelajaran, Guru harus bisa memandu dan menjadi fasilator yang baik. Lembaga pendidikan harusmenjadi laboraturium pendidikan untuk perubahan peserta didik, aktivitas di lembaga pendidikan dan di rumah harus dapat dikooperasikan.

Pendidikan juga dapat pertanggung jawab membina persera didik agar dewasa, berani , mandiri dan berusaha sendiri. Dengan demikian nuansa pendidikan semestinya diupayakan agar memberika kesempatan kepada peserta didik untuk selalu berfikir mandiri dan kritis dalam menemukan jati dirinya sendiri.dalam kontes ini, yangg terpenting bukanlah memberikan pengetahuan positif yag bersifat taken for granted kepada peserta didik, melaikan bagaimana mengajrkan kepada perserta didi agar memiliki kekuatas bernalar, berpartisipatif dalam menjalankan kegiatannya sebagai peserta didik. 

Salah satu upaya yang dapat dilakuka adalah dengan memberikan kemerdekaan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam progress pembelajaran dan transfer keilmuan

Kesimpulan adalah aliran progresivisme yang dipelopori oleh John Deweu merupakan aliran filsafat pendidikan yang menghendaki adanya perubahan praktik pendidika ke arah yang lebih maju, berkualitas dan modern secara cepat serta memberikan manfaat yang nyata bagi peserta didik dalam menghadapi persoaln kehidupan di masa yang akan datang sesuai perkembangan zaman. 

Progresivisme menghendaki adanya kemerdekaan dan keluluasaan lembaga pendidikan untuk mengeploasi kecerdesaan dan kemampuan peserta didik secara demokratis, fleksibel dan meyenangkan, sehingga antara konsep "merdeka belajar" yang dicetuskan oleh Mendikbud Nadiem Anwar Makarim memiliki kesejajarana dengan konsep pendidikan progresivisme John Dewey, beliau sama sama menekankan adanya kemerdekaa dan kelelusaan lembaga pendidika dalam mengekplorasi secara maksimal kemampuan, kecerdasan dan potensi peserta didik dengan cara yang fleksibel, natural, luwes, menyenangkan dan demokrasi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun