Pembelajaran Berdiferensiasi adalah sebuah pendekatan pembelajaran yang mengakui bahwa setiap siswa memiliki gaya belajar, kecepatan belajar, dan minat yang berbeda-beda. Dalam pembelajaran ini, guru tidak lagi mengajar dengan cara yang sama untuk semua siswa, tetapi menyesuaikan pengajarannya agar sesuai dengan kebutuhan individu setiap siswa.Â
Tujuan Utama Pembelajaran Berdiferensiasi:
Memaksimalkan Potensi Setiap Siswa: Setiap siswa memiliki potensi yang unik. Pembelajaran berdiferensiasi membantu siswa untuk mencapai potensi maksimal mereka dengan memberikan tantangan yang sesuai dengan kemampuan masing-masing.
Meningkatkan Motivasi Belajar: Ketika siswa merasa bahwa pembelajaran dirancang khusus untuk mereka, motivasi belajar mereka akan meningkat. Mereka akan lebih terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Membuat Pembelajaran Lebih Menyenangkan: Dengan beragamnya aktivitas dan pilihan pembelajaran, proses belajar menjadi lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.
Aspek yang Dibedakan dalam Pembelajaran Berdiferensiasi:
Konten: Materi pelajaran dapat disesuaikan tingkat kesulitannya.
Proses: Cara penyampaian materi dapat bervariasi, misalnya melalui teks, gambar, video, atau simulasi.
Produk: Tugas akhir yang diberikan dapat disesuaikan dengan minat dan gaya belajar siswa.Â
Lingkungan Belajar: Tata letak kelas, kelompok belajar, dan penggunaan teknologi dapat diatur untuk memenuhi kebutuhan siswa yang berbeda.
Contoh Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi: