Mohon tunggu...
Healthy

StatFit, Healthy at Your Office

1 Juni 2017   23:52 Diperbarui: 2 Juni 2017   00:48 213
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kehidupan sehari-hari orang dewasa di Indonesia sudah dipenuhi oleh rutinitas yang tak bisa diganggu-gugat. Sejak memasuki jenjang bekerja dalam hidup, banyak pekerja yang tidak memiliki waktu lain selain untuk bekerja. Dengan adanya kebiasaan untuk selalu bekerja, salah satu yang terlupakan oleh mereka adalah berolahraga. Sudah banyak kasus yang terjadi pada pekerja dimana mereka terlihat naik berat badan dan turunnya ketahanan tubuh mereka karena kurangnya olahraga.

Dengan adanya fenomena ini, saya berfikir bahwa ada sebuah solusi yang dapat dibuat sehingga memungkinkan orang bekerja sambil tetap berolahraga. Dengan membawa ide ini, StatFit dibangun untuk memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk tetap berolahraga cukup kapanpun mereka mau di tempat bekerja mereka.

Nama StatFit diambil dari kata ”static”dan “fit” yang berarti sehat walaupun dalam kondisi diam di tempat. Ide StatFit muncul dari ide penulis saat bekerja namun kaki tidak memiliki tumpuan yang nyaman. Lalu setelah berfikir seperti itu, penulis juga berfikir mengapa tumpuan tersebut tidak dijadikan sesuatu yang dapat diputar sehingga dapat juga menggerakkan kaki walau tetap diam di tempat. StatFit adalah sebuah roda dengan pedal dimasing-masing sisinya seperti sepeda, namun ia berdiri di posisi di bawah meja kerja sehingga tercapai oleh kaki. Dengan adanya StatFit, pekerja dapat tetap olahraga khususnya melatih kardiovaskular mereka dalam keseharian pekerjaan mereka.

StatFit menggabungkan konsep sepeda statis dengan sepeda satu roda (unicycle), yang memungkinkan kaki untuk berselonjor di bawah meja, sambil menggowes “sepeda” statis mereka. Dengan banyaknya pekerja di Indonesia, diharapkan StatFit dapat berguna bagi mereka untuk menjaga kesehatan mereka, terutama kesehatan jantung dengan olahraga kardiovaskular.

StatFit Business Model Canvas

  • Customer Segment

Target konsumen yang dituju dari StatFit adalah orang yang sudah bekerja, pria maupun wanita dengan rasio 5:5 yaitu 5 pria dan 5 wanita dalam setiap 10 unit yang terjual. Usia konsumen tujuan adalah 25-50, karena dalam usia tersebut apabila tidak disertai olahraga yang cukup, maka akan lebih banyak terjadi penyakit. Pekerja yang dituju adalah pekerja yang memiliki ruangan kerja atau meja kerja yang tetap karena StatFit bukanlah sesuatu untuk dibawa kemanapun karena dimensinya (yang walaupun relatif tidak terlalu besar) tidak memungkinkan untuk dibawa setiap hari.

  • Value Proposition

Beberapa nilai yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

  • Design: Desain dari produk ini adalah sesuatu yang unik dan jarang ditemukan karena belum adanya competitor yang membuat produk serupa. Keunikan produk ini adalah menggunakan cast wheel, bukan roda jari-jari seperti unicycle yang saya contohkan di atas.
  • Health: Nilai ini adalah nilai utama dari StatFit karena dapat memberikan penggunanya waktu dan kesempatan berolahraga dalam setiap saat apabila mereka sedang bekerja di kantor mereka masing-masing. StatFit tersedia dengan fitur adjustable yang dapat mengatur jarak dan tinggi pedal sehingga ergonomis untuk para konsumen.
  • Easy to Use: Penggunaan StatFit sangatlah mudah, hanya cukup menaruhnya di lantai dan langsung dapat digunakan untuk olahraga dalam kantor anda. Adjustabilityjuga termasuk adanya level penghambat sehingga dapat mengatur ringan-beratnya menggowes Statfit.
  • Channels

StatFit akan dipasarkan dan dijual pada awalnya dengan cara online. Cara online pertama dalah dengan meregistrasi perangkat ini pada website kickstarter, atau Indiegogo dan semacamanya. Crowdfunding seperti ini akan memudahkan pendaanaan dana juga publikasi karena website tersebut berisi dengan produk-produk yang mengutamakan inovasi. Untuk penjualan nondaring, StatFit belum memiliki toko fisik, namun penulis akan bersedia untuk menemui calon pembeli untuk memberikan demo bagaimana StatFit bekerja dan berfungsi. Pada akhirnya nanti apabila sudah cukup lama berdiri, StatFit akan memiliki toko fisik khusus, bersama dengan produk inovatif lainnya.

  • Customer Relationship

Hubungan antara konsumen dengan saya sebagai penjual, tidak terbatas hanya sampai penjualan saja. StatFit memberikan garansi selama 2 tahun kepada konsumen karena kami menjamin bahwa produk kami akan awet walau dengan pemakaian yang cukup lama asalkan dirawat dengan baik.

Perawatan produk juga kami siapkan bagi para konsumen yang tidak memiliki waktu untuk merawat produk mereka, sehingga dapat memperpanjang umur peralatan StatFit. Setiap konsumen yang membeli StatFit juga akan mendapatkan kesempatan eksklusif dari StatFit dalam acara-acara tertentu yang terkait dengan kemudahan berolahraga walau sambil bekerja.

  • Key Activities.

Aktivitas yang penting dalam pembuatan StatFit adalah sebagai berikut:

  • Desain. Untuk mendesain bagaimana produk ini nantinya, maka kami akan bekerjasama dengan desainer yang mengerti filosofi dan nilai dari produk kami. Desain ini akan diusahakan untuk dapat diterima oleh semua kalangan, terutama kalangan konsumen yang kami tuju. Pendesaianan juga relative mudah karena mengambil bentuk dari produk yang sebelumnya sudah ada (unicycle), namun diubah bentuknya
  • Mencari Produsen. Setelah selesai membuat desain dari produk, kami akan mencari produsen yang kompeten dalam membuat produk ini. Produsen ini dapat berupa produsen yang sudah memiliki pengalaman membuat alat-alat kesehatan seperti treadmill dan sepeda statis, atau dapat juga produsen sepeda karena memiliki cara bekerja produk yang kurang lebih sama.
  • Menentukan desain realistis dengan produsen. Karena kami belum dapat memproduksi barang ini sendiri, maka kami harus memiliki sebuah perjanjian dengan produsen bahwa mereka tidak boleh membuat produk ini kecuali untuk kami, karena ini adalah ide kami sehingga ekskulisf dibuat hanya untuk kami. Hal ini dilakukan untuk menghindari kompetisi yang ketat. Selain itu, kami juga menentukan desain apa yang tepat dan mungkin untuk dibuat oleh produsen, karena apabila disain kami tidak disanggupi, maka kami harus mencari produsen lain atau produk kamu menyesuaikan produsen.
  • Produksi. Proses produksi StatFit akan dilakukan oleh produsen yang sudah ditemukan, dengan tingkat produksi sebanyak 50 unit per bulan pada saat StatFit pertama kali didirikan. Kapasitas produksi akan terus bertambah apabila permintaan juga sudah mulai bertambah.
  • Pemasaran, Penjualan, dan Layanan Purnajual. Sesuai dengan janji kami sebelumnya, kami akan memiliki beberapa tenaga ahli untuk dapat memberikan layanan purna jual seperti layanan perawatan dan layanan garansi. Selain purnajual, kami juga akan menjalankan program pemasaran lewat channel yang sebelumnya sudah kami jelaskan juga. Penjualan kami harapkan memiliki jumlah 200 setiap semester pada semester awal penjualan.
  • Key Resources

Sumber daya kunci pada produksi dan penjualan StatFit adalah modal finansial dan rekan dalam bisnis. Modal finansial yang cukup adalah sebuah keharusan dalam berbisnis, sehingga kami memastikan bahwa kebutuhan keuangan bukanlah suatu halangan bagi kami untuk melakukan kegiatan produksi.

Selain keuangan, rekan dalam produksi juga menjadi sesuatu sumber daya yang penting karena produksi kami bergantung kepada mereka mulai dari kuantitas hingga kualitas. Apa saja rekan kami akan dilanjutkan pada poin selanjutnya.

  • Key Partner

Partener dalam berbisnis kami adalah yang pertama produsen. Produsen memungkinkan untuk mengadakana barang kami, sehingga barang kami bukanlah sesuatu yang hanya berupa konsep tanpa ada bentuk fisik. Dengan adanya produsen, kami akan menjaga hubungan baik dan khususnya membuat perjanjian hitam diatas putih bahwa produk kami ini eksklusif untuk mereka buatkan untuk kami, bukan untuk yang lain atau bahkan mereka sendiri.

Selain produsen, partner kami adalah jasa pengiriman karena pada saat mulai berdiri, kami belum meiliki toko fisik sehingga mengandalaknan jasa logistic untuk menyampaikan barang kami kepada konsumen dan memenuhi kewajiban kami apabila konsumen sudah membayarkan uang mereka kepada kami.

  • Cost Structure

Berdasarkan hitungan kasar kami, produksi StatFit tersetimasi adalah Rp 250.000 untuk satu unit produksi. Harga tersebut belum termasuk biaya transportasi untuk berhubungan dengan produsen, biaya pengiriman dari produsen kepada kami, biaya pemasaran, dan biaya untuk promosi. Setelah kami hitung, untuk satu batch produksi sebanyak 50 unit Statfit, kami membuthkan dana sekitar Rp 2.000.000. Selain biaya tersebut ada juga biaya yang jumlahnya tidak tentu, seperti pengeluaran untuk ikut pameran. Biaya fixed lain adalah untuk membayar pekerja layanan purna jual kami, untuk satu kali panggilan oleh konsumen kami akan membayar mereka sebanyak Rp 100.000 karena ini bukanlah kerja tetap, melainkan mereka akan sesekali kami panggil dan kami kirim kepada konsumen atas nama kami. Walau begitu, pekerja ini sudah kami latih dan kami pastikan dapat bekerja dengna baik.

  • Revenue Streams

Dengan target penjualan 200 unit dalam 6 bulan pertama berdiri dan dengan harga jual Rp 600.000 per unitnya, proyeksi omset kami adalah Rp 120.000.000 selama 6 bulan awal berdiri. Untuk pendapatan lainnya kami tidak mendapatkan proyeksi lain selain dari penjualan kami. Harga yang dicantumkan belum termasuk biaya pengiriman kepada konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun