SEM dan SEO merupakan teknik yang dapat digunakan suatu website untuk mencapai posisi teratas dari hasil percarian. Website yang berada pada urutan teratas dapat menarik banyak audiens.Â
Untuk beberapa penulis digital yang sudah lama menjadi seorang penulis mungkin sudah tidak asing dengan SEO dan SEM, namun juga tidak menutup kemungkinan masih ada yang belum tahu apa itu SEO dan SEM.
SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO adalah teknik untuk mengoptimalkan halaman website berbentuk peringkat dalam laman mesin pencarian informasi seperi google dan lain-lain.Â
SEO dapat membantu penulis agar halaman website mereka dapat tampil diurutan teratas, namun harus berdasarkan kecocokan kata kunci yang dimunculkan dalam halaman website tersebut.
Tujuan dari SEO untuk membuat situs berada dalam urutan teratas dan juga membantu pengguna atau membaca untuk menemukan konten yang ingin dicari.
Ada jenis optimalisasi SEO, yaitu SEO On Page dan SEO Off PageÂ
SEO On Page
SEO On Page merupakan rangkaian cara optimasi yang dilakukan dari dalam agar halaman website memenuhi kriteria SEO yang baik. SEO On Page dapat dilakukan dengan dengan menentukan kata kunci yang relevan seperti:
1. Judul ArtikelÂ
Judul artikel yang berada dalam halaman website perlu diperhatikan dengan jeli, karena judul yang pertama kali muncul pada hasil pencarian situs.
2. Meta Deskripsi
Meta deskripsi berguna saat mesin pencari tidak mendapatkan pilihat teks yang sesuai untuk ditampilkan.
3. Isi Artikel atau Teks
Isi artikel dibuat menarik dan unik serta relevan dengan kondisi masa kini. Dengan begitu, pembaca akan lebih tertarik untuk membaca.
4. Link Internal
Link dalam artikel merupakan hal yang penting dalam algoritma mesin pencarian. Link dalam artikel biasanya berisi informasi yang berhubungan dengan isi artikel.
5. URL atau permalink
URL atau permalink merupakan tautan yang ada di internet. URL atau permalink memiliki peran penting dalam SEO karena jika dalam tautan tersebut memiliki kata kunci dari domain utama maka posisi website bisa berada di halaman utama pencarian.
6. Heading
Dalam judul artikel, penulis perlu memperhatikan dan mempertimbangkan kata kunci yang sesuai dengan judul.
7. Image dan Atribut ALT
Atribut ALT merupakan deksripsi teks suatu gambar dalam website. Ketika gambar tidak dapat ditampilkan, maka atribut ALT dapat menjadi jalan alternatif.
8. Pagespeed
Pagespeed merupakan durasi yang diperlukan untuk memuat halaman teks.
SEO Off Page
SEO Off Page merupakan optimasi yang dilakukan dari luar situs. SEO Off Page dapat diartikan sebagai cara mempromosikan website dengan melakukan backlink, link building, dan lain sebagainya.Â
Dalam SEO Off Page lebih banyak membahas backlink atau tautan balik. Backlink merupakan link yang berada dalam website lain dan akan mengarahkan atau menuju pada website kita.
SEM merupakan singkatan dari Search Engine Marketing. SEM adalah aksi memasarkan website untuk bisa tampil pada posisi teratas dari hasil mesin perncarian. SEM memiliki peran yang sama dengan SEO hanya saja memerlukan biaya.Â
SEM direalisasikan melalui iklan, dengan kata lain penerapan SEM dibutuhkan strategi mengiklankan website secara tepat. Salah satu strategi yang bisa dilakukan dengan metode pay per click (PPC). PPC merupakan iklan berbayar yang mana pemasang iklan melakukan pembayaran terhadap penyedia jasa iklan untuk setiap klik.
Berdasarkan penjelasan diatas, SEO dan SEM memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Keduanya sama-sama dapat berjalan efektif tergantung kebutuhan penulis atau perusahaan.
Terima kasih sudah membaca!
Have a nice day and goodluck.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H