Mohon tunggu...
Gabriel Jaden E.S
Gabriel Jaden E.S Mohon Tunggu... Atlet - pelajar

pelajar

Selanjutnya

Tutup

Halo Lokal

Jakarta Dalam Cengkeraman Macet: Solusi Revolusioner Untuk Mengubah Nasib Kota

24 November 2024   20:59 Diperbarui: 24 November 2024   21:19 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://foto.kontan.co.id/

Jakarta, ibu kota Indonesia, menghadapi tantangan luar biasa dalam mengelola lalu lintasnya. Dengan luas hanya 661,5 km², kota ini dihuni lebih dari 11 juta jiwa (data BPS 2023), dan melonjak hingga 20 juta saat siang hari karena arus komuter dari daerah penyangga seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang. Data Dinas Perhubungan menunjukkan bahwa lebih dari 21 juta kendaraan—mayoritas kendaraan pribadi—beroperasi di jalan-jalan Jakarta setiap harinya.

Kemacetan tidak hanya terjadi di jalan utama seperti Jalan Sudirman, Thamrin, atau Gatot Subroto, tetapi juga menyebar ke jalan kecil. Berdasarkan laporan TomTom Traffic Index 2023, Jakarta masuk dalam peringkat kota-kota dengan tingkat kemacetan tinggi, dengan rata-rata waktu perjalanan meningkat hingga 50% lebih lama pada jam sibuk. Kondisi ini menyebabkan warga menghabiskan hingga 10 tahun hidup mereka di jalan akibat macet.

Kerugian ekonomi akibat kemacetan juga signifikan. Menurut laporan Bank Dunia, Jakarta kehilangan lebih dari Rp 65 triliun setiap tahun karena waktu yang hilang, peningkatan biaya transportasi, dan polusi udara. Ini menjadi salah satu tantangan terbesar bagi Jakarta sebagai kota metropolitan.

Kebijakan yang Pernah Diterapkan

Kemacetan di Jakarta sebenarnya bukan hal baru. Pemerintah sudah menerapkan berbagai kebijakan, mulai dari Three-in-One yang mengatur jumlah minimal penumpang kendaraan, hingga kebijakan ganjil-genap yang mengatur kendaraan berdasarkan nomor polisi mereka. Namun, kebijakan-kebijakan ini hanya efektif sementara. Banyak masyarakat menemukan celah, seperti menggunakan jasa jockey saat Three-in-One diberlakukan atau membeli kendaraan kedua dengan nomor polisi berbeda untuk mengakali aturan ganjil-genap.

Selain itu, pemerintah telah membangun transportasi massal seperti MRT, LRT, dan memperluas jaringan TransJakarta serta Commuter Line. Namun, tantangan utama tetap ada: kapasitas transportasi umum tidak sebanding dengan jumlah penumpang. Stasiun kereta api, halte bus, dan gerbong kereta sering penuh sesak pada jam-jam sibuk. Bagi sebagian masyarakat, kenyamanan dan waktu perjalanan tetap menjadi alasan utama untuk tetap menggunakan kendaraan pribadi.

Mengurai Akar Masalah Kemacetan

  1. Kepadatan Penduduk
    Dengan kepadatan 16.000 jiwa per km² (BPS 2023), Jakarta menjadi salah satu kota paling padat di dunia. Pergerakan aktivitas warga yang terpusat di pusat kota memperparah beban lalu lintas.

  2. Ketergantungan pada Kendaraan Pribadi
    Menurut riset ITDP (Institute for Transportation and Development Policy), 75% perjalanan harian di Jakarta masih menggunakan kendaraan pribadi, meskipun banyak opsi transportasi umum tersedia.

  3. Pertumbuhan Infrastruktur Jalan yang Lambat
    Data Dinas Bina Marga Jakarta menunjukkan bahwa pertumbuhan jalan hanya meningkat 0,01% setiap tahun, jauh lebih rendah dibandingkan pertumbuhan kendaraan, yang mencapai 10% per tahun.

  4. HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Halo Lokal Selengkapnya
    Lihat Halo Lokal Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun