Mohon tunggu...
Gabrella Wirawan
Gabrella Wirawan Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa Desain Interior

Study at Petra Christian University

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Brand Identity: Tips Menentukan Warna pada Interior Perusahaan

21 November 2021   18:56 Diperbarui: 21 November 2021   19:10 504
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Brand adalah identitas, logo, nama dari sebuah perusahaan untuk membedakan mereka dengan produk yang lain. Sedangkan Branding adalah tindakan atau aktivitas menciptakan sebuah brand. Jadi sebenarnya apa sih Brand Identity itu? Brand Identity adalah segala elemen pendukung yang dimunculkan atau digunakan oleh suat perusahaan untuk menunjukkan citra perusahaan tersebut agar masyarakat dapat dengan mudah mengenali perusahaan itu. Jelaskan juga perbedaan brand dan branding agar pembaca memahami maksudnya. Penerapan Brand Identity biasanya dilakukan dengan cara menerapkan bentuk dan warna yang unik pada logo atau slogan, arsitek bangunan, interior, signage, sampai dengan detail – detail furniture, sehingga tidak jarang suatu perusahaan mendesain interior mereka dengan menerapkan unsur elemen yang terdapat pada brand identity mereka. Contoh salah satu elemen yang sering digunakan yaitu elemen warna. Menurut J. Linschoten dan Drs. Mansyur (Prang color wheel) warna-warna bukan hanya suatu gejala yang dapat diamati, warna dapat mempengaruhi kepribadian seseorang dan memegang peranan penting dalam penilaian estetis hingga turut menentukan suka tidaknya seseorang manusia terhadap bermacam-macam benda.

Warna interior ruang sangat mempengaruhi psikologis pengguna ruang. Adanya pemilihan warna yang tepat membuat interior ruangan terasa indah dan nyaman sehingga pengguna ruang bisa lebih relax, senang dan lebih bersemangat dalam bekerja. Tentunya ini sangat baik untuk meningkatkan kinerja pengguna ruang dalam bekerja sehingga perusahaan tersebut juga bisa lebih berkembang.

Berikut tiga tips menentukan warna interior perusahaan untuk mencerminkan brand identity perusahaan tersebut :

1. Pahami Arti Warna

Warna dapat dibedakan menjadi 2 bagian yaitu warna hangat dan dingin. Pembagian warna ini digunakan untuk memberikan emosi yang berbeda untuk pengguna ruang. Warna hangat ini menimbulkan nuansa energik dan memberi kesan semangat sehingga warna ini dapat menciptakan suasana yang akrab bagi pengguna ruang. Contoh warna hangat terdiri dari warna merah, jingga, kuning, dan coklat. Sedangkan warna dingin merupakan warna yang menimbulkan kesan lembut dan menyejukkan sehingga warna ini dapat menciptakan efek menenangkan bagi pengguna ruang. Contoh warna dingin terdiri dari warna biru, hijau, putih netral, abu dan silver

2. Membuat Alternatif Warna Interior

Untuk menciptakan desain yang unik, menarik dan eye-catching, Desainer harus mengolah desain dengan membuat beberapa alternatif serta menuliskan kelebihan dan kekurangan pada alternatif  tersebut. Pada setiap alternatif desainer dapat merancang interior ruangan dengan memainkan psikologi warna. Berikut beberapa pengaruh warna yang memengaruhi psikologi pengguna ruang:

  • Merah

Warna merah memiliki arti emosi yang semangat. Selain itu merah juga melambangkan romansa, kegembiraan, dominan, gairah dan keinginan.

  • Kuning

Warna kuning memiliki arti energik. Selain itu kuning juga melambangkan kecerahan dan kehangatan sehingga warna kuning kerap digunakan untuk menarik perhatian pengguna ruang

  • Hijau

Warna Hijau memiliki arti nature atau alam. Selain itu hijau juga melambangkan kesuburan, keamanan dan keberuntungan. Warna hijau juga memiliki efek menenangkan dan menghilangkan stress

  • Biru

Warna Biru memiliki arti kestabilan. Selain itu biru juga melambangkan rasa tenang, aman dan damai. Warna biru juga memiliki efek yang membuat pengguna lebih produktif

  • Putih

Warna Putih memiliki arti suci. Selain itu putih melambangkan kedamain dan kepolosan. Warna putih juga kerap digunakan pada ruangan yang sempit agar terkesan luas

  • Hitam

Warna Hitam memiliki arti misteri. Selain itu hitam juga melambangkan kegelapan dan kesedihan. Warna hitam kerap digunakan pada ruangan yang bernuansa elegan dan kuat

  • Ungu

Warna Ungu memiliki arti kebijaksanaan. Selain itu ungu juga melambangkan kekayaan dan imajinasi. Warna ungu kerap digunakan untuk membuat ruangan menjadi lebih mewah

  • Cokelat

Warna Cokelat memiliki arti alam. Selain itu cokelat juga melambangkan kekuatan dan ketahanan

  • Jingga

Warna Jingga memiliki arti antusiasme. Selain itu jingga juga melambangkan kebahagian dan kehangatan

  • Merah Muda

Warna Merah Muda memiliki arti feminim. Selain itu merah muda juga melambangkan keromantisan dan kasih sayang

3. Minta Pendapat Dari Orang Lain

Setelah membuat alternatif warna interior perusahaan, ada baiknya meminta pendapat orang lain untuk mempertimbangkan beberapa masukan sehingga dapat menemukan alternatif warna yang paling menarik dan sesuai dengan citra perusahaanmu. Metode yang efektif dalam meminta pendapat orang lain dengan membagikan kuisioner secara online menggunakan google form yang nanti akan dibagikan kepada pengguna ruang ataupun pengamat desain interior. Dari beberapa pendapat yang kamu dapatkan, cara menentukan alternatif terbaik yaitu harus memiliki makna dari brand identity perusahaanmu, harus mencerminkan citra perusahaan, serta bisa membangun nuansa yang membuat pengguna ruang merasa senang dan nyaman untuk beraktivitas dalam ruangan tersebut.

 Demikian tiga tips menentukan warna interior perusahaan untuk mencerminkan brand identity perusahaan, dan yang terpenting dalam mendesain yaitu memikirkan fungsi ruang. Semoga tiga tips ini bisa bermanfaat untuk kalian yang ingin menentukan warna pada interior. Terimakasih

Sumber Teaser : Gabrella Wirawan (@gabrellawirawan)

Teks oleh : Gabrella Wirawan (Mahasiswi Jurusan Desain Interior, Universitas Kristen Petra)


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun