bersama Vario 150 eSP sempurna yang jadi idaman (dokpri)
Satu jam saja kutelah bisa cintai kamu; kamu; kamu di hatiku
Namun bagiku melupakanmu butuh waktuku seumur hidup
Satu jam saja kutelah bisa sayangi kamu... di hatiku
Itu sih senandungnya Charlie ST 12. Bagi saya perlu waktu lebih lama mengenal idaman tersebut tapi dampaknya sama saja, susah melupakannya. Hal itu bisa saya rasakan setelah seharian menjajal Vario 150 eSP ini. Dampaknya susah melupakannya. Banyak sekali keunggulan yang ditawarkan Honda pada motor ini. Sehingga layak menjadi motor impian.
Saat saya menerima kunci Vario 150 eSP, saya tertarik dengan kuncinya yang mirip dengan kunci mobil Ada tombolnya. Ternyata tombol itu adalah teknologi Answer Back System. Semacam tombol untuk mengetahui letak motor kalau lagi lupa meletakannya. Nah pas banget nih. Saya kan ndak tahu motor yang mana yang dipinjamkan ke saya. Saya pijit tombol itu, dan motor teman saya memberi responnya dan lampu sein menyala memanggil-manggil. Keren ya.
Sebelum naik saya pandangi dulu motor keren ini. Dari semua model Vario, model Vario eSP 150 inilah yang paling menarik buat saya. Inilah desain Vario yang paling keren. Mengandalkan garis dan lekukan bodi dan meminimalisir polet-polet yang terlalu ramai. Hal ini membuat tampilan Vario eSP menjadi sangat simpel, elegan dan sporty. Apalagi dengan balutan warna abu-abu dov membuat motor yang desainnya –konon terilhami NSX Acura, tampil sangat mewah.
Gen acura muncul dengan tegas pada desain lampu depan yang mengusung konsep Dual Keen Eyes Headlight. Dengan garis tajam dan sudut-sudut tipis membuatnya terlihat gagah dan responsip. Sayang saya tak bisa mencoba lampu motor yang menggunakan lampu LED. Penggunaan lampu LED jelas akan menghemat listrik dan memiliki masa pakai yang lebih lama. Lampu LED juga memiliki pencahayaan yang lebih baik dan terang. Sangat aman untuk penggunaan malam hari atau saat gelap.
Saya duduk di jok Vario 159 eSP ini. Empuk dan nyaman sekali. Untuk saya yang sering melakukan perjalanan cukup jauh kenyamanan duduk sangat penting. Saya pandangi speedometer motor gagah ini. Sama seperti bodynya, speedometer ini juga didominasi garis-garis lurus dan tajam. Kesannya sangat sporty dan fururistik. Tata letaknya sangat cantik dan mudah untuk membaca berbagai informasi yang disediakan. Speedometer ini menjadi petunjuk dan indikator kecepatan, indikator bahan bakar, indikator trip meter, indikator mesin dan indikator lampu serta.
Teknologi Yang Fungsional
Bagian kunci juga dibuat dengan sangat pintar, mudah dan aman. Sistem penguncian bermagnet membuat sistem penguncian lebih aman untuk mencegah pencurian. Yang saya suka dari bagian ini adalah kunci pembuka jok belakang yang memudahkan. Tinggal tekan tombol seat maka jok belakang untuk bagasi dan bahan bakar akan terbuka. Saya akan lebih suka lagi kalau pengisian bahan bakar tak perlu membuka bagasi. Semoga saja honda memikirkan hal ini.
Motor saya hidupkan dan suara menggeram lembut keluar dari motor ini. Tak ada suara aneh dan tak terlalu ribut untuk motor dengan cc 150. Mungkin lembutnya suara starter Vario 150 Esp ini berkat dari aplikasi Teknologi ACG Starter (Alternating Current Generator) ini adalah salah satu fitur canggih yang diperkenalkan Honda untuk motor motor terbarunya. Fitur ACG Starter ini biasa dibilang sebagai fitur yang menghilangkan suara “Bletakkk” pada saat starter.
Tak perlu menarik gas terlalu dalam, motor sudah bergerak. Betul-betul responsif Pijakan kaki dashboard bagian bawah terbilang luas sehingga dapat memberikan kenyamanan. Hal ini sangat membantu saya yang suka bulak balik ke Ciburial – Cijapati. Menembus kemacetan dan jarak yang jauh. Paling tidak dengan motor matik ini saya tak keletihan menginjak pedal gigi dan rem. Kaki saya bisa istirahat.
Motor saya pakai untuk menjajal medan di sekitar rumah tinggal saya yang berbukit dengan kondisi jalan yang tak begitu bagus. Motor ini bisa menaklukan tanjakan di celah sempit menuju Taman hutan Raya. Biasanya di celah sempit itu, motor Supra x 125 saya sedikit kedodoran. Apalagi bila tambah boncengan. Namun Vario 150 eSP ini naik tanpa mengalami kedodoran sedikitpun. Di Tanjakan putus asa, motor bermesin 150 cc ini mampu menunjukan tenaganya.
Setelah puas menjajal di tanjakan, motor saya arahkan ke kota. Jalanan lebih mulus tapi kemacetan merajalela. Saya hidupkan mode Idling Stop System (ISS). Mode ini memungkinkan mesin motor mati saat gas tidak ditarik. Tujuan dari teknologi ini adalah penghematan bahan bakar sehingga lebih ramah lingkungan. Awalnya saya kebingunan bagaimana mode ini bekerja. Namun setelah mencobanya, saya harus acungkan dua jempol atas teknologi ini. Betul-betul bermanfaat. Soalnya banyak teknologi yang dibuat tapi tak begitu bermanfaat.
Dengan ISS, daya tak perlu mematikan mesih saat terhadang oleh lampu merah dengan durasi hingga lebih dari 100 detik. Bayangkan saja jika semua motor menggunakan teknologi seperti ini, berapa banyak penghematan yang bisa dilakukan.
Saat mencoba di perbukitan dan di jalan raya, rek mampu bekerja dengan baik. Penggunaan teknologi Combi Brake System (CBS) membuat saya nyaman. Teknologi CBS ini melakukan pengereman secara optimal pada rem depan dan rem belakang secara bersamaan dan proporsional. Buat saya ini sangat penting. Soalnya seringkali kita berhadapan dengan kondisi yang tiba-tiba sehingga memerlukan sistem pengereman yang cepat dan juga aman.
Berbicara tentang keamanan, standar samping otomatis (Side Stand Switch) yang membuat mesin mati saat distandarkan ternyata sangat bermanfaat lho. Saya pernah mengalami, kecelakaan saat mengambil barang yang terjadi dan motor masih menyala. Saat mengambil barang yang jatuh tak sadar tangan saya ikut memutar gas dan motorpun meloncat. Sekarang kalau ada barang jatuh dari motor saya biasa mematikan motor dulu. Dengan adanya teknologi side stand swicth keamanan saya lebih terjamin. Motor akan mati saat standar dipakai. Teknologi honda memang sangat fungsional.
Teknologi Eco Friendly Honda
Selain sisi fungsional dari teknologi Vario 150 eSP, Honda juga terlihat sangat komitmen dengan teknologi Eco Friendly. Lihat saja teknologi ISS, ACG dan juga Side stand switch yang kesemuanya diarahkan untuk penggunaan bahan bakar yang hemat sert efisiensi mesin.
Teknologi eSP yang disematkan di belakang nama Vario 150 adalah salah satu bentuk dari komitmen itu. eSP adalah yang merupakan generasi terbaru mesin matik Honda yang dirancang sempurna untuk menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar lebih baik dan ramah lingkungan.
Enhanced Smart Power (eSP) memiliki fungsi menambah efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Dengan teknologi ini maka motor matik Honda akan menghasilkan efisiensi bahan bakar dan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.
Ternyata eSP ini adalah rangkaian teknologi yang saling bersambung satu dengan lainnya. Keramahan teknologi eSP ini didukung oleh teknolog ISS, ECG Starter, PGM-FI hingga penggunaan rem CBS. Dengan disematkan teknologi yang ramah lingkungan ini, tak diragukan lagi bahwa Vario 150 eSP adalah motor impian yang paling ramah lingkungan. Cocok betul dengan misi yang saya kembangkan di Pesantren EcoSpiritual Al Musthafa.
Makin Gahar dengan Aksesories
Sebetulnya Vario 150 eSP ini sudah sangat cantik dan sangat cocok untuk penggunaan harian. Namun namanya manusia yang ingin tampil lebih gagah dan sempurna, motor ini pun bisa didandani dengan berbagai macam aksesoris menarik. Dengan menggunakan aksesoris ini tak perlu takut melanggar peraturan lalu lintas yang melarang modifikasi motor. Karena aksesoris ini hanya bersifat memperindah tampilan tanpa mengubah spek dari motor.
Aksesoris untuk mempercantik Vario 150 eSP ini tersedia berbagai macam jenis. Mulai dari headlight garnis yang membuat Vario 150 eSP ini semakin gahar dan menonjol hingga air cleaner garnis yang mewah. Pokonya dengan aksesoris ini tampilan Vario 150 eSP ini semakin mewah dan berkarakter.
Tak perlu khawatir dengan pelayanan purna belinya. Jaringan servisnya sudah tersebar di mana-mana. Menjangkau hingga tempat terjauh. Dengan jaringa servis yang tersebar itu, motor kita akan selalu terawat dengan baik. Apalagi suku cadangnya juga selalu siap sedia.
Kesimpulan
Setelah seharian menggeber Vario 150 eSP ini, saya betul betul tertarik. Ketertarikan saya ini karena beberapa hal.
- Motor ini sudah dibekali dengan berbagai macam teknologi yang ramah lingkungan.
- Teknologi yang disematkan bukanlah teknologi yang asal pasang atau sekedar face lift, namun merupakan teknologi yang fungsional, aman dan nyaman.
- Layanan purna jual yang tersebar dan kelengkapan suku cadang.
Akhir dari kesimpulan ini, saya hendak mengatakan bahwa Vario 150 eSP sempurna sebagai motor gaya dan motor harian.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H