Guru dan orang tua mempunyai visi sama dalam menuntun anak mencapai tujuan yang diharapkan membawa keselamatan dan kebahagiaan. Dalam perjalanan mengarungi kehidupan di rumah dan sekolah ada beberapa ketidak cocokan antara harapan guru dan orang tua dengan perilaku yang ditunjukkan anak yang dibuktikan dengan adanya pelanggaran keyakinan bersama yang telah dibuat sebelumnya. Hingga menimbulkan kata pertanyaan dan pernyataan awal di awal pertemuan.
Berikut adalah kata-kata yang sering dilontarkan di awal pertemuan. Tapi sebelum lanjut membaca artikel ini dipersilahkan para pembaca budiman untuk menulis komentar di kolom komentar dengan memilih salah satu dari 5 kata-kata berikut manakah yang sering dilontarkan oleh guru dan orang tua kepada anak?
- "Patuhi aturan saya, awas!"
- "Gimana coba, kalau orang tua kamu tahu kamu berbuat salah begini?"
- "Ya sudah kali ini tidak apa-apa. Nanti Bapak bantu bereskan".
- "Sanksi atau konsekuensinya apa?"
- "Apa rencana kamu untuk memperbaiki hal ini?"
Nah, ketika pembaca sudah menulis komentar nanti akan diketahui dimana posisi kontrol pembaca.
Diane Gossen dalam bukunya Restitution-Restructuring School Discipline (1998) mengemukakan bahwa guru perlu meninjau kembali penerapan disiplin di dalam ruang-ruang kelas mereka selama ini. Apakah telah efektif, apakah berpusat, memerdekakan, dan memandirikan murid, bagaimana dan mengapa? Melalui serangkaian riset dan berdasarkan pada teori Kontrol Dr. William Glasser, Gossen berkesimpulan ada 5 posisi kontrol yang diterapkan seorang guru, orang tua ataupun atasan dalam melakukan kontrol.
Kelima posisi kontrol tersebut adalah (1) Penghukum, (2) Pembuat Rasa Bersalah, (3) Teman, (4) Pemantau dan (5) Manajer.
Pertama, posisi kontrol penghukum. Seorang penghukum bisa menggunakan hukuman fisik maupun verbal. Orang-orang yang menjalankan posisi penghukum, senantiasa mengatakan bahwa sekolah memerlukan sistem atau alat yang dapat lebih menekan murid-murid lebih dalam lagi. Guru-guru yang menerapkan posisi penghukum akan berkata:
"Patuhi aturan saya, atau awas!"
"Kamu selalu saja salah!"
"Selalu, pasti selalu yang terakhir selesai"
Guru seperti ini senantiasa percaya hanya ada satu cara agar pembelajaran bisa berhasil, yaitu cara dia.
Ciri khas penghukum adalah nada suara tinggi, bahasa tubuh: mata melotot, dan jari menunjuk-nunjuk menghardik, misalnya :
"Terlambat lagi, pasti terlambat lagi, selalu datang terlambat, kapan bisa datang tepat waktu?"
Konsekuensi logis dari akibat penerapan peran kontrol penghukum adalah kemungkinan murid marah dan mendendam atau bersifat agresif. Bisa jadi sesudah kembali duduk, murid tersebut akan mencoret-coret bukunya atau meja tulisnya. Bahkan yang lebih parah lagi.
Kedua, posisi kontrol pembuat merasa bersalah. Pada posisi ini biasanya guru atau orang tua  akan bersuara lebih lembut. Pembuat rasa bersalah akan menggunakan keheningan yang membuat orang lain merasa tidak nyaman, bersalah, atau rendah diri. Kata-kata yang keluar dengan lembut akan seperti:
"Bapak sangat kecewa sekali dengan kamu"
"Berapa kali Bapak harus memberitahu kamu ya?"
"Gimana coba, kalau orang tua kamu tahu kamu berbuat salah begini?"
Di posisi ini murid akan memiliki penilaian diri yang buruk tentang diri mereka, murid merasa tidak berharga, dan telah mengecewakan orang-orang disayanginya.
Ciri khas pembuat merasa bersalah adalah nada suara memelas/halus/sedih, bahasa tubuh: merapat pada anak, lesu, misalnya :
"Nak, kamu ini bagaimana ya? Kamu sudah berjanji dengan Bapak tidak akan terlambat lagi. Kamu kenapa ya senang sekali mengecewakan Bapak. Bapak benar-benar kecewa sekali."
Konsekuensi logis dari akibat penerapan peran kontrol pembuat rasa bersalah adalah murid akan merasa bersalah. Bersalah telah mengecewakan ibu atau bapak gurunya. Murid akan merasa menjadi orang yang gagal dan tidak sanggup membahagiakan orang lain. Kadangkala sikap seperti ini lebih berbahaya dari sikap penghukum, karena emosi akan tertanam rapat di dalam, murid menahan perasaan. Tidak seperti murid dalam dengan guru penghukum, di mana murid bisa menumpahkan amarahnya walaupun dengan cara negatif. Murid tertekan seperti inilah yang tiba-tiba bisa meletus amarahnya, dan bisa menyakiti diri sendiri atau orang lain.
Ketiga, posisi kontrol teman. Guru pada posisi ini tidak akan menyakiti murid, namun akan tetap berupaya mengontrol murid melalui pendekatan persuasif. Posisi teman pada guru bisa berdampak negatif atau berdampak positif. Berdampak positif di sini berupa hubungan baik yang terjalin antara guru dan murid. Guru di posisi teman menggunakan hubungan baik dan humor untuk mempengaruhi seseorang. Mereka akan berkata:
"Ayo bantulah, demi bapak ya?"
"Ayo ingat tidak bantuan Bapak selama ini?"
"Ya sudah kali ini tidak apa-apa. Nanti Bapak bantu bereskan".
Berdampak negatif dari posisi konrol teman adalah bila suatu saat guru tersebut tidak membantu maka murid akan kecewa dan berkata, "Saya pikir bapak adalah teman saya". Murid merasa dikecewakan, dan tidak mau lagi berusaha. Hal lain yang mungkin timbul adalah murid hanya akan bertindak untuk guru tertentu, dan tidak untuk guru lainnya. Murid akan tergantung pada guru tersebut.
Ciri khas posisi kontrol teman adalah nada suara: ramah, akrab, dan bercanda, bahasa tubuh: merapat pada murid, mata dan senyum jenaka, misalnya :
"Nak, ayolah, bagaimana sih kamu. Kemarin kamu sudah janji ke Bapak bukan, kenapa terlambat lagi? (sambil tertawa ringan). Ya, sudah tidak apa-apa, duduk dulu sana. Nanti Bapak bantu. Kamu ini." (sambil senyum-senyum).
Konsekuensi logis dari penerapan posisi kontrol teman adalah murid akan merasa senang dan akrab dengan guru. Ini termasuk dampak yang positif, hanya saja di sisi negatif murid menjadi tergantung pada guru tersebut. Bila ada masalah, dia merasa bisa mengandalkan guru tersebut untuk membantunya. Akibat lain dari posisi teman, Adi hanya akan berbuat sesuatu bila yang menyuruh adalah guru tersebut, dan belum tentu berlaku yang sama dengan guru atau orang lain.
Keempat, Posisi kontrol pemantau. Memantau berarti mengawasi. Pada saat kita mengawasi, kita bertanggung jawab atas perilaku orang-orang yang kita awasi. Posisi pemantau berdasarkan pada peraturan-peraturan dan konsekuensi. Dengan menggunakan sanksi/konsekuensi, kita dapat memisahkan hubungan pribadi kita dengan murid, sebagai seseorang yang menjalankan posisi pemantau. Pertanyaan yang diajukan seorang pemantau:
"Peraturannya apa?"
"Apa yang telah kamu lakukan?"
"Sanksi atau konsekuensinya apa?"
Seorang pemantau sangat mengandalkan penghitungan, catatan, data yang dapat digunakan sebagai bukti atas perilaku seseorang. Posisi ini akan menggunakan stiker, slip catatan, daftar cek. Posisi pemantau sendiri berawal dari teori stimulus-respon, yang menunjukkan tanggung jawab guru dalam mengontrol murid.
Ciri khas Pemantau adalah dengan nada suara datar, bahasa tubuh yang formal, misalnya :
Guru: "Adi, tahukah kamu jam berapa kita memulai?"
Adi: "Tahu Pak!"
Guru: "Kamu terlambat 15 menit, apakah kamu sudah mengerti konsekuensi yang harus dilakukan bila terlambat?"
Adi: "Paham Pak, saya harus tinggal kelas pada jam istirahat nanti dan mengerjakan tugas ketertinggalan saya."
Guru: "Ya, benar, nanti pada saat jam istirahat kamu harus tinggal di kelas untuk menyelesaikan tugas yang tertinggal tadi. Saya tunggu"
Konsekuensi logis dari penerapan posisi kontrol pemantau adalah murid memahami konsekuensi yang harus dijalankan karena telah melanggar salah satu peraturan sekolah. Guru tidak menunjukkan suatu emosi yang berlebihan, menjadi marah atau membuat merasa berbuat salah. Murid tetap dibuat tidak nyaman yaitu dengan harus tinggal kelas pada waktu jam istirahat dan mengerjakan tugas. Guru tetap harus memantau murid pada saat mengerjakan tugas di jam istirahat karena murid tidak bisa ditinggal seorang diri.
Kelima, Posisi kontrol manajer. Posisi kontrol terakhir adalah manajer yaitu posisi di mana guru berbuat sesuatu bersama dengan murid, mempersilahkan murid mempertanggungjawabkan perilakunya, mendukung murid agar dapat menemukan solusi atas permasalahannya sendiri. Seorang manajer telah memiliki keterampilan di posisi teman maupun pemantau, dan dengan demikian, bisa jadi di waktu-waktu tertentu kembali kepada kedua posisi tersebut bila diperlukan. Namun bila kita menginginkan murid-murid kita menjadi manusia yang merdeka, mandiri dan bertanggung jawab, maka kita perlu mengacu kepada restitusi yang dapat menjadikan murid kita seorang manajer bagi dirinya sendiri. Di manajer, murid diajak untuk menganalisis kebutuhan dirinya, maupun kebutuhan orang lain. Disini penekanan bukan pada kemampuan membuat konsekuensi, namun dapat berkolaborasi dengan murid bagaimana memperbaiki kesalahan yang ada. Seorang manajer akan berkata
"Apa yang kita yakini?"
"Apakah kamu meyakininya?"
"Jika kamu meyakininya, apakah kamu bersedia memperbaikinya?"
"Jika kamu memperbaiki ini, hal ini menunjukkan apa tentang dirimu?"
"Apa rencana kamu untuk memperbaiki hal ini?"
Tugas seorang manajer bukan untuk mengatur perilaku seseorang tapi membimbing murid untuk dapat mengatur dirinya. Seorang manajer bukannya memisahkan murid dari kelompoknya, tapi mengembalikan murid tersebut ke kelompoknya dengan lebih baik dan kuat.
Bisa jadi dalam praktik penerapan disiplin sehari-hari, kita akan kembali ke posisi Teman atau Pemantau, karena murid yang ditangani belum siap diajak berdiskusi atau diundang melakukan restitusi. Namun perlu disadari tujuan akhir dari 5 posisi kontrol seorang guru adalah pencapaian posisi Manajer, di mana di posisi inilah murid dapat menjadi pribadi yang mandiri, merdeka, dan bertanggung jawab atas segala perilaku dan sikapnya, yang pada akhirnya dapat menciptakan lingkungan yang positif, nyaman, dan aman.
Ciri khas posisi kontrol manajer adalah nada suara tulus, bahasa tubuh tidak kaku, mendekat ke murid, misalnya :
Guru: "Nak, apakah kamu mengetahui jam berapa sekolah dimulai?"
Adi: "Tahu Pak, jam 7:00!"
Guru: "Ya, jadi kamu terlambat, kira-kira bagaimana kamu akan memperbaiki masalah ini?"
Adi: "Saya bisa menanyakan teman saya Pak, untuk mengejar tugas yang tertinggal."
Guru: "Baik, itu bisa dilakukan. Apakah besok akan ada masalah untuk kamu agar bisa hadir tepat waktu ke sekolah?"
Adi: "Tidak Pak, saya bisa hadir tepat waktu."
Guru: "Baik. Saya hargai usahamu untuk memperbaiki diri"
Pada posisi manajer, suara guru atau orang tua sebaiknya tulus. Tidak perlu marah, tidak perlu meninggikan suara, apalagi menunjuk-nunjuk jari ke murid, berkacak pinggang, atau bersikap seolah-olah menyesal, tampak sedih sekali akan perbuatan murid ataupun bersenda gurau menempatkan diri sebagai teman murid.
Fokus ada pada murid, bukan untuk membahagiakan guru atau orang tua. Murid sudah mengetahui adanya suatu masalah, dan sesuatu perlu terjadi. Bila guru mengambil posisi Pemantau, guru akan melihat apa konsekuensinya apa peraturannya? Namun pada posisi Manajer, guru akan mengembalikan tanggung jawab pada murid untuk mencari jalan keluar permasalahannya, tentu dengan bimbingan guru.
Nah, para pembaca budiman bisa menjawab dalam hati di posisi kontrol manakah para pembaca sering berada?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H