“Cool” satu kata itu reflek saya ucapkan, kala kali pertama dihadapkan dengan varian Honda jenis Vario 150 ESP di parkiran tempat saya bekerja.
Saya bukan tipe perempuan yang suka memperhatikan motor. Sehingga kalau ada orang yang bilang hal-hal semacam ini,
“Si A itu yang motornya motor ‘X’ warna hitam, masa nggak tahu?”
Sudah bisa dipastikan saya akan garuk-garuk kepala mendengar penjelasan semacam itu. Karena saya memang tidak begitu perhatian dengan motor orang, kecuali motor itu benar-benar unik, dan memang lain dari yang lain.
Ketika saya melihat gambar iklan Vario 150 ESP sekilas di internet, saya masih besikap biasa saja. Saya yang dasarnya tidak begitu suka menggunakan motor matic, masih mengira Vario 150 ESP seperti motor matic kebanyakan. Saya menganggap, motor matic itu “nggak keren”
Sampai suatu hari, ketika saya pulang kerja. Di halaman parkiran, seorang kawan saya berujar,
“Ini lhoh motor Vario 150 ESP. Keren ya?”
Tubuh saya yang semula sudah bergerak menuju tempat motor saya diparkir langsung saya urungkan. Saya mendekat ke arah kawan saya yang sedang mengagumi Vario 150 ESP tersebut. Saya jadi ikut mengamati motor keluaran barunya Honda ini.
Saat melihat iklannya di internet, saya hanya melihatnya sekilas lalu. Saya tidak mengamatinya dengan detail. Kini, motor itu terpampang di hadapan saya. Anggapan saya yang tadinya berfikir bahwa motor matic ini “nggak keren”, luruh seketika.
Memandang Vario 150 ESP dari dekat, membuat saya tahu bahwa motor ini bukan motor biasa. Sebagai seorang yang awam soal motor, desain yang oke punya menjadi alasan pertama saya untuk terkagum
NUANSA SPORTY TERSIRAT DARI TIAP LEKUK TUBUHNYA
vario 150 esp (sumber: http://www.welovehonda.com/vario150/)
Body Vario 150 ESP bagi saya nampak begitu stylish dan sporty. Kesan sporty ini membuat vario 150 esp terlihat tangguh. Menggunakan motor matic bernuansa sporty, masalah gender tidak perlu lagi dipermasalahkan. Karena pastinya Vario 150 ESP jika digunakan perempuan, maka kesan “keren” pasti akan terlontar dari mulut banyak orang. Sementara, jika para laki-laki yang memakai, kesan “macho” pun tak akan jauh-jauh bakal melekat pada dirinya.
Pun teman saya.
Tertarik pada vario 150 ESP, menjadikan saya tiba-tiba saja peduli dengan motor orang. Sejak hari itu, mata saya jadi sensitive pada Vario 150 ESP. Baru saya tahu, rupanya cukup banyak juga karyawan-karyawan di tempat saya bekerja yang menggunakan Vario 150 ESP. Seorang karyawan yang kebetulan punya wajah lumayah ehemdi kantor, juga baru saya ketahui kalau ternyata juga menggunakan Vario 150 ESP sebagai kendaraan. Maka sudah tidak bisa terhindarkan lagi, kesan “keren plus macho” yang sejak semula ada pada dirinya menjadi berlipat ganda ketika saya melihatnya memacu motor Vario 150 ESP.
EMBLEM 3D, PESONA MEWAH NAN ELEGAN YANG TERPANCAR
Saat saya mengamati Vario 150 ESP, sinar mentari terlihat memantulkan cahayanya dari tulisan “Vario 150”. Saya coba raba, tulisan itu rupanya merupakan tulisan 3D. Pantulan sinar mentari yang menjadikan tulisan tersebut mengkilap, menambah sempurna saja penampakan Vario 150 ESP. Konsep penambahan emblem 3D dalam bodinya, memancarkan pesona mewah nan elegan tersendiri yang mampu menunjang kekerenan desain dari Vario 150 ESP.
FITUR ALARM MOTOR
“Wah, ini motor cocok buat kamu! Ada alarmnya!” komentar kawan saya.
Saya hanya bisa tersenyum lebar. Pasalnya, saya memang kerap kali lupa menaruh motor saat diparkiran. Dan hal semacam ini, cukup menyebalkan, lantaran harus kehilangan banyak waktu untuk mencari motor diantara sekian banyak motor yang terparkir.
Fitur Answer Back System memberikan kemudahan kepada pemilik motor yang pelupa seperti saya. Dengan hanya menekan tombol pada kunci, maka otomatis motor akan merespon dengan memberi suara dan nyala pada semua lampu seinnya. Jadi, letak motor pun akan dengan cepat terlacak.
KECANGGIHAN DALAM TEKNOLOGINYA
Vario 150 ESP ternyata benar bukanlah motor biasa. Saya mencoba mendatangi sebuah Dealer motor di kota Solo. Sang petugas kala itu langsung memamerkan beberapa kecanggihan dari Vario 150 ESP.
Enhanced Smart Power (ESP) yang merupakan teknologi irit bahan bakar. Teknologi inilah yang menyebabkan Honda bisa memiliki performa tinggi namun bisa tetap irit bahan bakar. ESP bekerja dengan cara mengefisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang. Sehingga motor ini termasuk kategori motor yang ramah lingkungan
Pengereman dengan teknologi Combi Brake System (CBS).Saya yang buta soal motor, tadinya tidak mengerti apa maksudnya. Tapi sang petugas menjelaskan dengan bahasa ringan kepada saya bahwa maksudnya, adalah rem tangan kanan tetap menjadi rem depan. Tetapi rem sebelah kiri bisa sekaligus mengerem bagian depan dan belakang secara bersamaan.
Saya hanya mengangguk-angguk kala dijelaskan. Tapi kemudian saya mencari tahu sendiri bagaimana CBS itu bekerja. Rupanya, itu terjadi karena ketika rem kiri ditekan maka secara bebarengan roda depan dan belakang mengerem secara berimbang. Kecepatan pun akan turun secara bertahap, sehingga tidak terjadi pengereman mendadak yang bisa membahayakan.
Dilengkapi Idling Stop System. Saya lagi-lagi tidak mengerti maksudnya. Tetapi kemudian sang petugas kembali mencoba menjelaskan dengan bahasa sesederhana mungkin. Bahwa fungsi dari teknologi ini mampu membuat kita makin hemat bahan bakar. Lantaran Vario ESP bisa mematikan mesin sendiri jika selama tiga detik motor tidak berjalan. Ini terjadi jika tombol Idling Stop System dinyalakan. Sebagai gambaran, ketika berhenti di lampu merah, maka secara otomatis mesin akan mati jika selama minimal 3 detik, kita berhenti berjalan untuk menunggu lampu hijau menyala. Sejalan dengan pemasangan ESP, maka jelas Idling Stop System menunjang penghematan bahan bakar pada Vario 150 ESP.
Motor Injeksi PGM-FI (Programmed Fuel Injection).Ini penunjang konsep “Hemat Bahan Bakar” selanjutnya. Penjelasan simpelnya, teknologi ini mengatur pasokan udara dan bahan bakar secara seimbang. Pembakaran terjadi dengan sempurna, sehingga menghasilkan tenaga yang optimal namun tetap efisien dan ramah lingkungan
MENJAJAL SENDIRI VARIO 150 ESP
“Empuk. Hemat bensin,” komentar seorang rekan kerja saya.
Senada dengannya, seorang kawan saya yang lain juga mengungkapkan hal yang sama.
“Hemat, nyaman, dan awet. Hampir setahun aku pakai tidak pernah terjadi keluhan apa-apa,”
Saya sendiri makin penasaran menjajal langsung Vario 150 ESP. Sekitar pukul 21.00, sehabis pulang kerja, saya langsung melobi kawan saya agar dijinkan mencoba Vario 150 ESPnya. Begitu saya memposisikan diri di atas motor kenyamanan langsung terasa. Jok yang empuk dan dimensi panjang, lebar dan tinggi motor yang sesuai menjadi salah satu penyebabnya. Buat saya, motor ini cukup proporsional.
Saat mesin dinyalakan, suara halus mesin motor langsung terdengar. Hal ini sesuai dengan spesifikasinya yang mana Vario 150 ESP menggunakan ACG Starter dalam komponen ESPnya. Sebuah teknologi yang menggabungkan generator dan starter yang mampu mengurangi gesekan sehingga suara mesin lebih halus.
Hari yang sudah gelap tak begitu berpengaruh untuk saya menajajal Vario 150 ESP. Lantaran motor ini mengusung konsep Dual Keen Eyes Headlight sehingga memberikan nyala putih yang jauh lebih terang. Desain lampu pun cukup keren. Tiap lekuknya seolah menggambarkan sorot mata yang tajam. Sehingga kesan coolpun makin bertambah.
“Ehh, kok mati?” Tanya saya ndeso, ketika selesai mencoba dan hendak memakai standart samping. Tiba-tiba saja mesin motor mati begitu standart samping saya turunkan.
Kawan saya hanya terkekeh. Sesudah itu, barulah saya tahu, ternyata Vario 150 ESP didukung fitur keselamatan berupa Side Stand Switch. Yang mana mesin akan mati sendiri ketika posisi turun, dan tidak bisa menyala jika standart belum dinaikkan.
Vario 150 ESP benar-benar serius memanjakan para penggunanya. 4 Hal penting diusung dalam produk Honda ini. Desain, Keamanan, Teknologi dan Keselamatan menjadi daya lebih kendaraan ini. Maka tak heran jika motor ini memiliki penjualan yang baik dan masuk dalam kategori motor terlaris pembuka 2016 versi otomotif.kompas.com
FAKTA LAIN VARIO 150 ESP
Ada beberapa fakta menarik yang menjadikan Vario 150 ESP Sempurna, makin mumpuni dan layak menjadi kendaranaan pilihan selain fitur-fitur yang tertera di atas:
- Honda Vario 150 ESP motor matic berkapasitas 150 cc pertama buatan PT. AHM Indonesia
- Jika sebelumnya telah ada PCX 150, tetapi sebenarnya motor tersebut masih impor. Vario 150 ESP menjadi menarik krena lahir di Indonesia sehingga Indonesia menjadi negara pertama yang mencoba.
- Dalam sebuah uji coba yang dilakukan AHM, jarak tempuh yang dicapai 0-200 meter adalah 11,9 detik. Sebuah waktu yang singkat.
- Kecepatan maksimal dari Vario 150 ESP adalah 102 km/jam
- Teknologi menjadikan bahan bakar irit yakni 52,9 km/liter, merupakan teririt di kelasnya.
- Ramah lingkungan dengan telah dibuktikan uji emisi EURO 3, menggunakan metode ECE R40.
- Bagasinya luas. Muat sampai 18 L. Pas untuk wadah helm.
- Disediakan aksesoris yang makin menambah kekerenan Vario 150 ESP. Seperti aksesoris untuk pijakan kaki, penutup pembersih udara, dan penutupknalpot.
- Memiliki dimensi yang lebih ramping dari versi vario sebelumnya. Beratnya pun lebih ringan yankni 109 kg.
- Ban menggunakan ban Tubeless
- Dilengkapi BRAKE LOCK, tuas pengunci rem sehingga jauh lebih aman saat ditanjakan
ANEKA MODEL VARIO 150 ESP
Vario 150 ESP menyediakan beragam pilihan model, menarik dan elegan.
Dengan nama besar Honda tentu tak perlu ragu lagi memilih Vario 150 ESP. Teknologi, kenyamanan, keamanan, dan desain yang oke, berpadu padan menghadirkan Vario 150 ESP sebagai kendaraan yang sempurna sebagai kawan berkendara. Sebuah kendaraan yang sungguh layak dijadikan pilihan.
Sumber:
http://www.welovehonda.com/vario150/
http://www.astra-honda.com/produk/kendaraan/vario-150-esp/#.VygR39QrLIU
http://motorcomcom.blogspot.co.id/