Mohon tunggu...
Frisky Twinzasih Nurjanah
Frisky Twinzasih Nurjanah Mohon Tunggu... Lainnya - Aktif

Twin

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Filsafat Pendidikan Realisme dan Pemikiran Tokoh-Tokoh Filsafat pendidikan Realisme

8 April 2020   22:30 Diperbarui: 8 April 2020   22:34 144
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Filsafat Pendidikan Realisme dan pemikiran Tokoh-Tokoh Filsafat Pendidikan

A. Pengertian Filsafat pendidikan

Kata realisme berasal dari bahasa latin realis yang berarti ada, nyata, atau benar. Realisme menggambarkan tentang kejadian atau peristiwa-peristiwa yang dialami manusia secara nyata yang berupa objek fisik. Filsafat realisme berpandangan bahwa hakikat realitas adalah hal fisik atau rohani, yang keduanya saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. aliran ini tidak mementingkan pikiran atau ide manusia karena pikiran manusia itu asalnya kosong dan dalam teori aliran filsafat realisme ini disebut dengan tabularasa sehingga kekosongan pikiran manusia ini dapat diisi dengan pengetahuan yang berasal dari luar. realitas utama dalam aliran filsafat realisme ini adalah dunia yang berupa objek fisik, tidak berupa objek abstrak seperti aliran idealisme. dalam pendidikan aliran filsafat realisme ini mempunyai fokus melatih kemampuan siswa melalui pengamatan secara langsung terhadap objek atau hal fisik. tujuan pendidikan menurut aliran filsafat realisme ini adalah pengembengan kemampuan intelektual yang pengembangannya untuk mencari kebenaran melalui pengamatan secara langsung terhadap dunia fisik

B. Pemikiran Tokoh-Tokoh Filsafat Pendidikan                                                                                                                                                                                                                    

1. Aristoteles

alah satu murid dari plato yang memiliki pemikiran yang realistis dalam artian pemikirannya lebih modern daripada plato. pemikiran-pemikiran dari aristoteles ini juga dijadikan sebagai dasar ilmu pengetahuan. Aristoteles mengatakan bahwa pengalaman itu bukanlah suatu pengetahuan.                                                                                                            

2. Johan Amos Comenius 

Johan Amos Comenius merupakan pemikir filsafat pendidikan realisme religius, ia mengemukakan bahwa setiap manusia harus berusha mencapai suatu tujuan. Dalam dunia pendidikan ia juga berpendapapat bahwa pendidikan itu harus bersifat universal. Pendidkan sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap manusia untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.                                                                                                                                                                      

3. William Mc Gucken

William Mc Gucken adalah pengikut aristoteles yang berakar pada metafisika dan epistemologi, ia juga berbicara tentang natural dan supranatural. Ia mengemukakan bahwa tujuan hidup adalah tujuan pendidikan. tujuan pendidikan yaitu untuk mempersiapkan diri agar berhasil di kehidupan dunia dan untuk mencapai tujuan akhir yang abadi.                                      

4. Francis Baco

Francis Bacon mengemukakan bahwa pengetahuan yang sebenarnya adalah pengetahuan yang diterima oleh manusia melalui panca indra. pengetahuan yang diterima oleh panca indra akan diproses oleh akal fikiran.                                     

5. John Locke

enurut John Locke seluruh pengetahuan itu didapat dari pengalaman, menurutnya manusia itu awalnya seperti kertas putih kosong atau belum memiliki pengetahuan sama sekali. kertas itu akan terisi atau pengetahuan akan didapatkan melalui pengalaman yang pernah manusia itu dapatkan.                                                                                                                            

6. Galile

Galileo berpendapat bahwa segala apa yang diucapkan manusia itu harus ada buktinya. Ia lebih menkankan pada penelitian dan berbagai macam percobaan.                                                                                                                                

7. David Hume

David hume mengemukakan bahwa ia percaya ilmu tentang manusia adalah satu-satunya dasar yang paling kokoh karena setiap pengetahuan didapat dari pengalaman. karena menurutnya pengalaman itu sangat dekat dengan kebenaran.                                                                                                                                                                                               

8. John Stuart Mil

John Stuart Mill berpendapat bahwa setiap individu bebas mengemukakan pendapat dalam berpolitik karena menurutnya manusia adalah makhluk sosial.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun