Filsafat Pendidikan Realisme dan pemikiran Tokoh-Tokoh Filsafat Pendidikan
A. Pengertian Filsafat pendidikan
Kata realisme berasal dari bahasa latin realis yang berarti ada, nyata, atau benar. Realisme menggambarkan tentang kejadian atau peristiwa-peristiwa yang dialami manusia secara nyata yang berupa objek fisik. Filsafat realisme berpandangan bahwa hakikat realitas adalah hal fisik atau rohani, yang keduanya saling berhubungan dan tidak dapat dipisahkan. aliran ini tidak mementingkan pikiran atau ide manusia karena pikiran manusia itu asalnya kosong dan dalam teori aliran filsafat realisme ini disebut dengan tabularasa sehingga kekosongan pikiran manusia ini dapat diisi dengan pengetahuan yang berasal dari luar. realitas utama dalam aliran filsafat realisme ini adalah dunia yang berupa objek fisik, tidak berupa objek abstrak seperti aliran idealisme. dalam pendidikan aliran filsafat realisme ini mempunyai fokus melatih kemampuan siswa melalui pengamatan secara langsung terhadap objek atau hal fisik. tujuan pendidikan menurut aliran filsafat realisme ini adalah pengembengan kemampuan intelektual yang pengembangannya untuk mencari kebenaran melalui pengamatan secara langsung terhadap dunia fisik
B. Pemikiran Tokoh-Tokoh Filsafat Pendidikan                                                                                                          Â
1. Aristoteles
alah satu murid dari plato yang memiliki pemikiran yang realistis dalam artian pemikirannya lebih modern daripada plato. pemikiran-pemikiran dari aristoteles ini juga dijadikan sebagai dasar ilmu pengetahuan. Aristoteles mengatakan bahwa pengalaman itu bukanlah suatu pengetahuan. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
2. Johan Amos ComeniusÂ
Johan Amos Comenius merupakan pemikir filsafat pendidikan realisme religius, ia mengemukakan bahwa setiap manusia harus berusha mencapai suatu tujuan. Dalam dunia pendidikan ia juga berpendapapat bahwa pendidikan itu harus bersifat universal. Pendidkan sangat penting dan harus dimiliki oleh setiap manusia untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
3. William Mc Gucken
William Mc Gucken adalah pengikut aristoteles yang berakar pada metafisika dan epistemologi, ia juga berbicara tentang natural dan supranatural. Ia mengemukakan bahwa tujuan hidup adalah tujuan pendidikan. tujuan pendidikan yaitu untuk mempersiapkan diri agar berhasil di kehidupan dunia dan untuk mencapai tujuan akhir yang abadi. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
4. Francis Baco
Francis Bacon mengemukakan bahwa pengetahuan yang sebenarnya adalah pengetahuan yang diterima oleh manusia melalui panca indra. pengetahuan yang diterima oleh panca indra akan diproses oleh akal fikiran. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
5. John Locke
enurut John Locke seluruh pengetahuan itu didapat dari pengalaman, menurutnya manusia itu awalnya seperti kertas putih kosong atau belum memiliki pengetahuan sama sekali. kertas itu akan terisi atau pengetahuan akan didapatkan melalui pengalaman yang pernah manusia itu dapatkan. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
6. Galile
Galileo berpendapat bahwa segala apa yang diucapkan manusia itu harus ada buktinya. Ia lebih menkankan pada penelitian dan berbagai macam percobaan. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
7. David Hume
David hume mengemukakan bahwa ia percaya ilmu tentang manusia adalah satu-satunya dasar yang paling kokoh karena setiap pengetahuan didapat dari pengalaman. karena menurutnya pengalaman itu sangat dekat dengan kebenaran. Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
8. John Stuart Mil
John Stuart Mill berpendapat bahwa setiap individu bebas mengemukakan pendapat dalam berpolitik karena menurutnya manusia adalah makhluk sosial.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI