Mohon tunggu...
Frieda HelennaNareswari
Frieda HelennaNareswari Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret

Hobi membaca dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pendampingan Pembelajaran Interaktif melalui Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD Negeri Pasarkliwon

16 Juni 2024   15:17 Diperbarui: 16 Juni 2024   15:55 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : Dokumentasi Kegiatan Implementasi Program MBKM di SD Negeri Pasarkliwon

PROFIL PROGRAM KAMPUS MENGAJAR 7

Kampus Mengajar merupakan sebuah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dimana program ini merekrut seluruh mahasiswa perguruan tinggi di seluruh Indonesia. 

Kampus mengajar merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah dasar dan menengah yang membutuhkan dukungan tambahan, khususnya dalam bidang literasi dan numerasi melalui inovasi dalam mengembangkan strategi dan model pembelajaran yang kreatif dan interaktif dengan fokus pada peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah-sekolah penugasan, salah satunya di SD Negeri Pasarkliwon.

PROFIL SD NEGERI PASARKLIWON 

Sekolah penempatan Kampus Mengajar angkatan 7 yang saya ikuti ini berlokasikan di SD Negeri Pasarkliwon yang beralamat di Jl. Kapten Mulyadi No. 137, Kelurahan Kedung Lumbu, Kecamatan Pasarkliwon, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah

Pendampingan Pembelajaran Interaktif melalui Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi di SD Negeri Pasarkliwon

Sumber : Diambil oleh Mahasiswa Kampus Mengajar 7 di SDN Pasarkliwon
Sumber : Diambil oleh Mahasiswa Kampus Mengajar 7 di SDN Pasarkliwon

Pelaksanaan Program Kampus Mengajar di SD Negeri Pasarkliwon bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa melalui dukungan terhadap proses belajar mengajar yang kreatif dan inovatif. Mahasiswa yang terlibat dalam program ini berperan sebagai agen perubahan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di SD Negeri Pasarkliwon. 

Kegiatan pendampingan pembelajaran Interaktif melalui Media Pembelajaran Wordwall selain memiliki tujuan utama yakni meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, namun juga meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa melalui media pembelajaran yang interaktif sehingga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan kepada siswa.  

Pada saat pelaksanaan pendampingan, mahasiswa Kampus Mengajar melakukan pendahuluan yakni dengan memulai pembelajaran, menjelaskan tujuan pembelajaran dan pengenalan terlebih dahulu kepada siswa mengenai media pembelajaran Wordwall yang akan kami terapkan dalam pembelajaran supaya siswa memahami tujuan pembelajaran yang akan dilakukan dengan memanfaatkan media pembelajaran Wordwall yang sama sekali belum mereka ketahui dan mereka pahami. 

Pada saat implementasi media pembelajaran Wordwall, para mahasiswa menjadi fasilitator, dimana kami memantau keberjalanan media pembelajaran dan memberi bantuan kepada siswa dalam memahami pertanyaan apabila terdapat siswa yang merasa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran.

Adanya penerapan media pembelajaran yang memanfaatkan digitalisasi ini, siswa-siswi SD Negeri Pasarkliwon menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan media Wordwall. Siswa mendapatkan pengalaman belajar baru yakni karena media pembelajaran Wordwall ini kami memanfaatkan LCD dan proyektor, sehingga siswa dapat bermain seperti layar sentuh. Setelah adanya pelaksanaan pendampingan pembelajaran melalui media Wordwall, terdapat peningkatan pada kemampuan literasi dan numerasi siswa. 

Peningkatan ini kami ukur dengan menggunakan Post-Test AKM Kelas yang kami ujikan kepada siswa sehingga diperoleh yaitu persentase tingkat kemampuan literasi adalah 81% sedangkan persentase tingkat kemampuan numerasi siswa adalah 60%. 

Berdasarkan hasil tersebut, maka ditunjukkan adanya peningkatan setelah diberikannya pendampingan pembelajaran interaktif melalui website Wordwall dan media pembelajaran tersebut berhasil menjadi solusi bagi sekolah dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa.

Pendampingan pembelajaran ini menciptakan proses pembelajaran yang memberikan pengalaman belajar menyenangkan kepada siswa. Setelah dilaksanakannya pendampingan pembelajaran, diperoleh adanya peningkatan kemampuan literasi dan numerasi siswa setelah diberikannya pendampingan pembelajaran interaktif melalui website Wordwall.  Hal inilah yang menunjukkan keberhasilan program yang kami terapkan dalam mencapai tujuannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun