Semakin berkembangnya dan meluasnya dunia bisnis, maka akan semakin besar juga persaingan yang harus dihadapi oleh para pebisnis.
Mereka banyak berlomba lomba melakukan berbagai macam cara dan strategi marketing untuk mendapatkan perhatian dari konsumen.
Dari menggunakan berbagai macam platform social media untuk pengiklanan dan membayar seseorang untuk promosi, ada juga yang menggunakan buyer persona untuk menjalankan strategi marketingnya. Taukah kalian apa itu buyer persona? Yuk kita simak pemabahasannya!
Apa Itu Buyer Persona?
Buyer Persona merupakan suatu representasi yang di ciptakan dengan karakteristik tertentu sebagai target konsumen.
Dengan dibuatnya buyer persona kita dapat mengetahui beberapa informasi seperti data demografis, berapa usianya, bagaimana ia dapat mengambil keputusan, apa kegemarannya, dan lain sebagainya.
Informasi yang telah didapatkan dari buyer persona tersebut dapat mempermudakan aktivitas marketing dalam memahami calon konsumen.
Dengan pemahaman tersebut, sebuah bisnis dapat melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mendapatkan dan melayani pelanggan mereka.
Manfaat Menggunakan Buyer Persona
1. Mengetahui kebutuhan dan keinginan minat konsumen
Dengan adanya buyer persona dapat membuat kita membayangkan kebutuhan dan keinginan minat pelangga dengan mudah. Hal ini termasuk yang mereka sukai, hal hal yang mereka minati, dan hal yang mereka tidak sukai.
2. Penyesuaian produk yang kita jualÂ
Dengan mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen, hal ini memudahkan kita dalam melakukan penyesuaikan produk sesuai dengan ekspektasi konsumen.
3. Mengetahui kebiasaan konsumen
Selanjutnya yaitu kita dapat mengetahui kebiasaan dari konsumen kita. Latar belakang dari setiap persona konsumen yang kita miliki, dapat membantu kita mengetahui kebiasaan dari mereka.
Contohnya dimana mereka menghabiskan waktu mereka, kemana merek pergi untuk mendapatkan informasi, dan platform social media apa yang biasanya mereka gunakan untuk terhubung dengan keluarga, teman, himgga rekan kerja.
4. Membantu dalam pengembangan produk yang lebih baik
Setelah kita mengetahui tentang konsumen, kita nantinya dapat memberikan berbagai pengembangan produk yang lebih baik.
Hal ini tentunya dapat dilakukan ketika kita sudah memahami apa yang sebenarnnya mereka butuhkan.
5. Lebih mudah dalam mengidentifikasi Negative Persona
Buyer persona juga membantu kita untuk mengetahui siapa persona negative dari pelanggan. Negative Persona merupakan persona dari pelanggan yang tidak kita targetkan. Hal ini sangat penting, dikarenakan dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas penjualan yang intinya kita tidak akan menghabiskan waktu dan sumber daya untuk mengejar konsumen yang salah.
Fungsi Buyer PersonaÂ
Berikut merupakan beberapa keuntungan yag dapat kita rasakan jika kita memiliki buyer persona untuk bisnis kita.
- Dapat memudahkan kita dalam proses mengidentifikasi kebutuhan serta keinginan konsumen terhadap produk yang kita jual.
- Mengerti bagaimana cara konsumen dalam mengambil keputusan pembelian sehingga strategi pemasaran dan penjualan dapat dioptimalkan.
- Membuat produk baru ataupun mengembangkan produk yang sudah ada untuk menyesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan konsumen sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.
- Membuat kita agar dapat mengambil strategi yang paling efektif sehingga dapat meningkatkan kepuasan konsumen.
Nah, setelah kita mengetahui apa itu buyer persona kita dapat mengetahui mengapa buyer persona itu sangat penting dalam menjalankan bisnis yaitu dengan adanya buyer persona dapat membantu kita untuk emastikan bahwa semua aktivitas untuk memperoleh dan melayani pelanggan bisa disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
Dengan adanya buyer persona, kita juga dapat mengetahui bagaimana kebiaaan tingkah laku mereka dalam membeli sebuah produk. Hal ini juga termasuk apa yang mereka beli, dimana, hingga beberapa hal yang mereka tidak sukai.
Oleh karena itu, buyer persona tidak dapat dibuat secara sembarangan. Harus ada riset dan perhitungan yang dilakukan dengan tepat. Karena hal tersebut juga dapat mempengaruhi proses promosi hingga pendekatan dengan pelanggan itu sendiri.
Lalu Bagaimana Cara Menggunakan Buyer Persona Untuk Strategi Marketing?
Sudah sangat jelas, buyer persona merupakan strategi yang sangat membantu bisnis dalam melakukan pendekatan yang lebih kuat dengan konsumen atau calon konsumen. Terutama pada implementasi marketing untuk membantu menciptakan strategi yang ideal.
Misalnya, Niagahoster melakukan strategi marketing yang berbeda untuk persona antara seorang blogger dengan pelaku bisnis digital. Untuk blogger, mungkin menggunakan taktik pendekatan yang pas yaitu melalui platform social media.
Beda halnya dengan pelaku bisnis digital yang kemungkinan besar membutuhkan fasilitas tingkat lanjut untuk mengembangkan bisnisnya, seperti melakukan pendekatan melalui e-mail.
Bagaimana? Apakah sudah mengetahui pentingkan buyer persona dalam menjalankan bisnis? Â Dan apakah sudah siap membuat buyer persona sendiri untuk bisnis kalian?
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H