Mohon tunggu...
Frida AristiIndriani
Frida AristiIndriani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Frida Aristi

Suka menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kurangnya Pemahaman Siswa terhadap Materi yang Disampaikan Selama Pembelajaran Daring dan Cara Mengatasinya

14 November 2021   10:58 Diperbarui: 14 November 2021   11:15 5676
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Tak terasa sudah satu tahun lebih kita semua menghadapi pandemi covid-19 ini. Selama pandemi tentu kita semua harus terbiasa menghadapi berbagai perubahan, terutama dalam hal pendidikan. Ya, selama pandemi pemerintah menganjurkan agar sekolah melakukan pembelajaran jarak jauh atau yang biasa kita sebut secara daring. Tentu hal itu merupakan tantangan besar bagi para guru dan siswa.

Selama pembelajaran daring tentu banyak sekali keluhan dari para siswa, atau bahkan dari para wali murid. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan betapa sulitnya melakukan pembelajaran daring ini karena banyak sekali siswa yang masih belum paham atau mengerti tentang materi yang diberikan, belum lagi ditambah banyaknya tugas diberikan kepada siswa.

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan juga memiliki banyak faktor yaitu :

1. Tidak Fokus

Tidak fokus terhadap pelajaran tentu hal yang sering kita jumpai. Seringkali saat melakukan pembelajaran ada saja siswa yang pikirannya teralihkan. Nah, pada saat pembelajaran daring ini peran orang tua sangatlah penting, sebab hanya orang tua yang bisa menuntun dan mengajari anak selama pembelajaran daring ini.

2. Merasa Bosan

Rasa bosan pasti ada saat pembelajaran sedang berlangsung. Rasa bosan saat pembelajaran daring ini pun juga memiliki banyak faktor, salah satunya yaitu penjelasan materi yang terlalu rumit dan berbelit-belit, dan masih banyak lagi.

3. Materi Yang Disampaikan Kurang Menarik

Kurang menariknya materi yang disampaikan ini pun bisa menjadi faktor kurangnya pemahaman terhadap materi dari para siswa. Tidak sedikit dari siswa yang menganggap materi yang disampaikan kurang menarik, dan kebanyakan dari mereka yang menganggap kurang menariknya materi yang disampaikan ini akan merasa bosan atau jenuh sehingga timbul lah rasa malas atau tidak ingin memperhatikan pelajaran yang sedang diberikan.

Nah itu tadi faktor-faktor yang mempengaruhi mengapa para siswa merasa kurangnya pemahaman terhadap materi yang disampaikan selama pembelajaran daring ini. Untuk itu penting sekali bagi kita agar bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya.

Jika tadi kita berbicara mengenai faktor-faktor kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan selama pembelajaran daring. Sekarang kita beralih bagaimana cara mengatasi agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan selama pembelajaran daring.

Nah jika ada faktor-faktor yang mempengaruhi, tentu ada pula bagaimana cara mengatasinya. Berikut adalah cara mengatasi kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan selama pembelajaran daring, yaitu :

1. Usahakan Untuk fokus

Jika kita sedang tidak fokus atau tiba-tiba pikiran kita teralihkan kepada sesuatu akan lebih baik kita berusaha untuk lebih fokus lagi terhadap materi yang sedang disampaikan, dan apabila masih tetap tidak bisa fokus coba pejamkan mata anda selama 5 detik lalu minumlah air putih secukupnya agar pikiran kita lebih fokus.

2. Menggunakan Metode Dalam Pembelajaran

Yang kedua yaitu menggunakan metode dalam pembelajaran. Yang dimaksud dari menggunakan metode ini yaitu mencoba untuk mengubah sedikit cara belajar atau mengajar kita sebagai seorang guru. Nah disini tentu peran guru lah yang sangat dibutuhkan, sebab kurang atau tidaknya pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan juga tergantung dari metode pembelajarannya. 

Contoh metode-metode yang bisa digunakan dalam pembelajaran yaitu, misalnya sebelum memulai pembelajaran akan lebih baiknya kita sebagai guru mengajak para siswa untuk melakukan pemanasan otak seperti permainan kecil, yang kedua yaitu guru bisa melakukan kuis atau tebak-tebakan disela-sela pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh dan bosan. Metode ini bukan hanya dilakukan saat tatap muka saja, tetapi juga bisa dilakukan saat pembelajaran daring yaitu ketika kita sedang melakukan pertemuan via zoom.

3. Menggunakan Media Animasi atau Berupa Video

Nah yang ketiga ini yaitu dengan menggunakan media animasi atau berupa video. Seringkali siswa merasa jenuh dan bosan saat guru menerangkan pelajaran, untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan media animasi dalam penyampaian materi agar siswa bisa sedikit terhibur dan tidak terlalu bosan. Dan dengan menggunakan media animasi ini maka materi yang tadinya terlihat kurang menarik jadi lebih menarik karena disajikan dengan sedikit berbeda.

Nah itu tadi cara mengatasi agar siswa mudah memahami materi yang disampaikan selama pembelajaran daring. Sesungguhnya pembelajaran daring ini tidak akan sempurna apabila tidak ada kontribusi antara guru, siswa, dan wali murid, sebab pada saat pembelajaran daring ini peran orang tua lah yang sangat penting untuk menuntun dan mengajari anak mereka selama pembelajaran daring.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun