Mohon tunggu...
frenti kharisma sari
frenti kharisma sari Mohon Tunggu... Guru - Guru

Pendidikan Anak Usia Dini

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star

10 Desember 2022   23:03 Diperbarui: 10 Desember 2022   23:15 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Cerita Praktik Baik (Best Practice ) Menggunakan Metode Star

Disusun Untuk Memenuhi Tugas PPG Dajab Kategori II 

 Oleh

Nama              : Frenti Kharisma sari,S.Pd

No UKG         : 202000470704

Kelas              : PPG_Kategori II_B1_PAUD 2022

LK 3.1 Menyusun Best Practices

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

Ppl siklus 1

Lokasi

TK ALMUBAROK

Lingkup Pendidikan

PAUD usia 4-5 tahun

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan kemampuan membuat huruf vokal a melalui permainan  bola huruf

Penulis

FRENTI KHARISMA SARI

Tanggal

14 Oktober 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

  • Latar belakang masalah

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan teman sejawat di TK Almubarok terkait kemampuan literasi yaitu diperoleh data:

Adanya 5  dari 10 anak yang kurang mampu dalam mengenal huruf vokal a , yang disebabkan karena media pembelajaran yang kurang bervariasi, metode pembelajaran yang monoton, dan guru tidak memanfaatkan media yang ada di sekolah.

untuk mengimplemenasikan bantuan kesulitan pada anak TK kelompok A dapat menerapkan beberapa kegiatan  yang menyenangkan, bervariatif bagi anak. Misalnya dengan melalui permainan bola huruf .

Menurut Andriana (2020) dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bola huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak dan dapat mengembangkan inovasi strategi pembelajaran terutama dalam hal mengembangkan keaksaraan anak. Oleh karena iu permainan bola huruf adalah solusi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah literasi anak dalam mengenal huruf vokal a

  • Pentingnya praktik ini untuk dilakukan
  • Dengan pembelajaran menggunakan permainan bola huruf ini dapat menarik perhatian anak untuk belajar mengenal huruf vokal a
  • Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan perencanaan guru
  • Peran dan tanggung jawab guru sebagai fasilitator 
  • Dengan adanya masalah anak yang kurang mampu mengenal huruf vokal a, guru berinisiatif memberikan media yang lebih menarik yaitu permainan (bola huruf)
  • Permainan bola huruf merupakan salah satu kegiatan yang dapat dijadikan alternatif untuk memberi stimulus kepada anak agar pembelajaran bisa bermakna dan mudah dilakukan anak
  • Guru bertanggung jawab memberikan stimulus kepada anak untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal  yaitu dengan permainan bola huruf

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Tantangan :

  • Dalam permainan bola huruf membutuhkan biaya lebih untuk mempersiapkan bahan-bahan.
  • Membutuhkan ruang kelas yang luas dalam permainan bola huruf
  • Media harus sesuai dengan tema pembelajaran

Orang yang terlibat :

  • Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran
  • Kepala sekolah sebagai pemberi izin pelaksanaan PPL di sekolah
  • Rekan guru sebagai fasilitator

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah dan strategi dalam aksi praktik baik PPL Siklus 1 yaitu:

  • Membuat media dari bahan yang ada di lingkungan sekitar
  • Melaksanakan permainan bola huruf di luar kelas
  • Menggunakan media benda kongkrit dan video pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran

Sumber Daya :

  • Kemampuan guru dalam mengoperasikan alat-alat pendukung pembelajaran yaitu laptop dan speaker
  • Dukungan dari kepala sekolah, guru dan teman-teman sesama mahasiswa.
  • Alat dan bahan membuat media

Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari aksi yang telah dilakukan diatas :

Dari hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa anak-anak merasa senang dan antusias terhadap pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru. Berbagai macam variasi pembelajaran yang di siapkan menarik minat anak dalam melakukan aktivitas bermain sambil belajar.

Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan permainan bola huruf 

di TK ALMUBAROK dimana presentase keberhasilan yang di dapatkan yaitu 100%  berkembang sesuai harapan  dalam kemampuan mengenal huruf vokal a

Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif ? 

Dengan menggunakan permainan bola huruf hasilnya efektif dan lebih meningkat kemampuan mengenal huruf vokal a dari pembelajaran sebelumnya, namun belum maksimal karena anak- anak baru pertama kali di video dalam pembelajaran oleh sebab itu masih perlu adanya pengulangan pembelajaran yang bisa diterapkan pada pembelajaran lain, sehingga terlihat dari indikator  anak naik dari sebelumnya

.

Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan : 

  • Respon anak terlihat sangat antusias dan keaktifannya dengan pembelajaran mrnggunakan pendekatan TPACK  dan pendekatan STEAM
  • Respon teman sejawat termotivasi untuk mengaplikasikan pembelajaran ini dikelasnya.
  • Respon kepala sekolah sangat senang melihat anak sangat antusias dengan pembelajaran ini
  • Respon orang tua senang melihat adanya peningkatan anaknya dalam pembelajaran mengenal huruf vokal a

Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan :

Pembelajaran ini tidak lepas dari kerjasama dengan teman sejawat, kepala sekolah, tekhnisi, dan peserta didik

Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah :

Dari kegiatan pembelajaran keseluruhan diatas anak terlihat lebih meningkat kemampuan mengenal huruf vokal a

RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas Kelompok A)

 

Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.

Nama                  : FRENTI KHARISMA SARI

Instansi               : TK AL MUBAROK

Prodi                    : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Menyusun

RPP

Senin, 19  September 2022

Ruang

Guru

Guru, Guru Sejawat

dan Kepala Sekolah

Pukul 08.00

Membuat Bahan Ajar

Selasa, 20

September 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Membuat Media

Rabu, 21 September 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Membuat LKPD

Kamis, 22 September 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Membuat Instrumen

Penilaian

Jum'at, 23 Sepember 2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)

 

Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.

Nama             : Frenti Kharisma Sari

Instansi         : TK AL Mubarok

 Prodi             : PAUD

Rencana

Kegiatan

Waktu

Tempat

Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Pembuatan skenario video

RPP 1

Rabu, 12 Oktober

2022

Ruang Kelas A2

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Latihan buat

video

Kamis, 13 Oktober

2022

Ruang Kelas A2

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.00

Rekaman

video

Jumat, 14 Oktober

2022

Ruang Kelas A2

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 09.00

Editing video

Sabtu, 15 Oktober

2022

Dirumah

Guru

Menyesuaikan

Finalisasi

video

Selasa, 1  November

2022

Dirumah

Guru

Menyesuaikan

RTL-3 (Menyusun Best Practise)

 

Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan

Tempat  kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.

Nama             : Frenti Kharisma Sari

Instansi         : TK AL Mubarok

 Prodi             : PAUD

Rencana Kegiatan

Waktu

Tempat Kegiatan

Pihak Yang Terkait

Keterangan

Koordinasi

persiapan Best Practise

Selasa 6 Desember

2022

Ruang Kelas A2

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.00

Pelaksanaan Best Practise

Rabu, 7 Desember

2022

Ruang Kelas A2

Guru dan Teman

Sejawat

Pukul 07.00

Analisis Data

Jumat, 9 Desember

2022

Ruang Kelas A2

Guru

Pukul 10.00

Pembuatan laporan Best

Practise

Sabtu, 10 Desember

2022

Ruang Guru

Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah

Pukul 10.30

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
  11. 11
  12. 12
  13. 13
  14. 14
  15. 15
  16. 16
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun