Cerita Praktik Baik (Best Practice ) Menggunakan Metode Star
Disusun Untuk Memenuhi Tugas PPG Dajab Kategori IIÂ
 Oleh
Nama        : Frenti Kharisma sari,S.Pd
No UKG Â Â Â Â : 202000470704
Kelas        : PPG_Kategori II_B1_PAUD 2022
LK 3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Ppl siklus 1
Lokasi
TK ALMUBAROK
Lingkup Pendidikan
PAUD usia 4-5 tahun
Tujuan yang ingin dicapai
Meningkatkan kemampuan membuat huruf vokal a melalui permainan  bola huruf
Penulis
FRENTI KHARISMA SARI
Tanggal
14 Oktober 2022
Situasi:Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
- Latar belakang masalah
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan teman sejawat di TK Almubarok terkait kemampuan literasi yaitu diperoleh data:
Adanya 5 Â dari 10 anak yang kurang mampu dalam mengenal huruf vokal a , yang disebabkan karena media pembelajaran yang kurang bervariasi, metode pembelajaran yang monoton, dan guru tidak memanfaatkan media yang ada di sekolah.
untuk mengimplemenasikan bantuan kesulitan pada anak TK kelompok A dapat menerapkan beberapa kegiatan  yang menyenangkan, bervariatif bagi anak. Misalnya dengan melalui permainan bola huruf .
Menurut Andriana (2020) dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media bola huruf dapat meningkatkan kemampuan keaksaraan anak dan dapat mengembangkan inovasi strategi pembelajaran terutama dalam hal mengembangkan keaksaraan anak. Oleh karena iu permainan bola huruf adalah solusi yang digunakan untuk menyelesaikan masalah literasi anak dalam mengenal huruf vokal a
- Pentingnya praktik ini untuk dilakukan
- Dengan pembelajaran menggunakan permainan bola huruf ini dapat menarik perhatian anak untuk belajar mengenal huruf vokal a
- Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan perencanaan guru
- Peran dan tanggung jawab guru sebagai fasilitatorÂ
- Dengan adanya masalah anak yang kurang mampu mengenal huruf vokal a, guru berinisiatif memberikan media yang lebih menarik yaitu permainan (bola huruf)
- Permainan bola huruf merupakan salah satu kegiatan yang dapat dijadikan alternatif untuk memberi stimulus kepada anak agar pembelajaran bisa bermakna dan mudah dilakukan anak
- Guru bertanggung jawab memberikan stimulus kepada anak untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal  yaitu dengan permainan bola huruf
Tantangan :Â
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?
Tantangan :
- Dalam permainan bola huruf membutuhkan biaya lebih untuk mempersiapkan bahan-bahan.
- Membutuhkan ruang kelas yang luas dalam permainan bola huruf
- Media harus sesuai dengan tema pembelajaran
Orang yang terlibat :
- Peserta didik sebagai sentral dalam proses pembelajaran
- Kepala sekolah sebagai pemberi izin pelaksanaan PPL di sekolah
- Rekan guru sebagai fasilitator
Aksi :Â
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini
Langkah-langkah dan strategi dalam aksi praktik baik PPL Siklus 1 yaitu:
- Membuat media dari bahan yang ada di lingkungan sekitar
- Melaksanakan permainan bola huruf di luar kelas
- Menggunakan media benda kongkrit dan video pembelajaran dalam menyampaikan materi pembelajaran
Sumber Daya :
- Kemampuan guru dalam mengoperasikan alat-alat pendukung pembelajaran yaitu laptop dan speaker
- Dukungan dari kepala sekolah, guru dan teman-teman sesama mahasiswa.
- Alat dan bahan membuat media
Refleksi Hasil dan dampakÂ
Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Â Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut
Dampak dari aksi yang telah dilakukan diatas :
Dari hasil refleksi pembelajaran yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa anak-anak merasa senang dan antusias terhadap pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru. Berbagai macam variasi pembelajaran yang di siapkan menarik minat anak dalam melakukan aktivitas bermain sambil belajar.
Berdasarkan dari hasil penilaian pembelajaran yang diperoleh, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan permainan bola hurufÂ
di TK ALMUBAROK dimana presentase keberhasilan yang di dapatkan yaitu 100%  berkembang sesuai harapan  dalam kemampuan mengenal huruf vokal a
Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif ?Â
Dengan menggunakan permainan bola huruf hasilnya efektif dan lebih meningkat kemampuan mengenal huruf vokal a dari pembelajaran sebelumnya, namun belum maksimal karena anak- anak baru pertama kali di video dalam pembelajaran oleh sebab itu masih perlu adanya pengulangan pembelajaran yang bisa diterapkan pada pembelajaran lain, sehingga terlihat dari indikator  anak naik dari sebelumnya
.
Respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan :Â
- Respon anak terlihat sangat antusias dan keaktifannya dengan pembelajaran mrnggunakan pendekatan TPACK Â dan pendekatan STEAM
- Respon teman sejawat termotivasi untuk mengaplikasikan pembelajaran ini dikelasnya.
- Respon kepala sekolah sangat senang melihat anak sangat antusias dengan pembelajaran ini
- Respon orang tua senang melihat adanya peningkatan anaknya dalam pembelajaran mengenal huruf vokal a
Faktor keberhasilan dari strategi yang dilakukan :
Pembelajaran ini tidak lepas dari kerjasama dengan teman sejawat, kepala sekolah, tekhnisi, dan peserta didik
Pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut adalah :
Dari kegiatan pembelajaran keseluruhan diatas anak terlihat lebih meningkat kemampuan mengenal huruf vokal a
RTL 1 (Perangkat Pembelajaran Kurtilas Kelompok A)
Â
Dalam rangka Diseminasi pengembangan perangkat pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait menggunakan format berikut.
Nama          : FRENTI KHARISMA SARI
Instansi        : TK AL MUBAROK
Prodi           : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Menyusun
RPP
Senin, 19 Â September 2022
Ruang
Guru
Guru, Guru Sejawat
dan Kepala Sekolah
Pukul 08.00
Membuat Bahan Ajar
Selasa, 20
September 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Membuat Media
Rabu, 21 September 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Membuat LKPD
Kamis, 22 September 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Membuat Instrumen
Penilaian
Jum'at, 23 Sepember 2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
RTL-2 (Membuat video dalam pembelajaran)
Â
Dalam rangka Diseminasi pembutan dan edit video praktik pembelajaran, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan Tempat kegiatan, serta Pihak yang Terkait. menggunakan format berikut.
Nama       : Frenti Kharisma Sari
Instansi     : TK AL Mubarok
 Prodi       : PAUD
Rencana
Kegiatan
Waktu
Tempat
Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Pembuatan skenario video
RPP 1
Rabu, 12 Oktober
2022
Ruang Kelas A2
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Latihan buat
video
Kamis, 13 Oktober
2022
Ruang Kelas A2
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 07.00
Rekaman
video
Jumat, 14 Oktober
2022
Ruang Kelas A2
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 09.00
Editing video
Sabtu, 15 Oktober
2022
Dirumah
Guru
Menyesuaikan
Finalisasi
video
Selasa, 1 Â November
2022
Dirumah
Guru
Menyesuaikan
RTL-3 (Menyusun Best Practise)
Â
Dalam rangka Diseminasi penyusunan best practice pembelajaran dengan pendekatan STAR, tentukan urutan Rencana Kegiatan, Waktu dan
Tempat  kegiatan, serta Pihak yang Terkait dengan menggunakan format berikut.
Nama       : Frenti Kharisma Sari
Instansi     : TK AL Mubarok
 Prodi       : PAUD
Rencana Kegiatan
Waktu
Tempat Kegiatan
Pihak Yang Terkait
Keterangan
Koordinasi
persiapan Best Practise
Selasa 6 Desember
2022
Ruang Kelas A2
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.00
Pelaksanaan Best Practise
Rabu, 7 Desember
2022
Ruang Kelas A2
Guru dan Teman
Sejawat
Pukul 07.00
Analisis Data
Jumat, 9 Desember
2022
Ruang Kelas A2
Guru
Pukul 10.00
Pembuatan laporan Best
Practise
Sabtu, 10 Desember
2022
Ruang Guru
Guru, Guru Sejawat dan Kepala Sekolah
Pukul 10.30
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H