Salam kenal Lik! Saya mau ambil E34 530i manual. Posisi mesin sih idup. Cuman kalo jalan agak brebet-brebet ilang tenaga. Kira-kira benerin mesin nya susah enggak Lik?
Kemudian spareparts mahal enggak?
Kebetulan saya udah dua tahun pegang E36 320i manual. Kalo sparepart menurut saya termasuk murah enggak semenakutkan kata orang tentang mobil Eropa.
Saya tinggal di Lampung. Mekanik jago susah.
Mohon saran dan masukan paklik. Pilihan sih klo enggak Crown 96 3.0 inline atau E34 530i manual. Terima kasih.
Saya sama sekali enggak paham kalo Crown, Lik.
Untuk E34 V8, yang jelas emang maintenisnya lebih mahal ketimbang l6. Karena HVA-nya jauh lebih buanyakkk. Harga packing-nya juga dua kali lipat ketimbang yang I6.
Knalpotnya itu juga ada dua biji bergandengan sebenarnya, bukan satu biji. Jadi bayangkan mobil ini tuh intinya punya dua knalpot, dari depan sampe belakang. Ini kalo ngrebuild ulang knalpotnya, jaminan duitnya dobel.
Itu mahalnya. Kalo susahnya, kayaknya enggak. Semua suku cadang tersedia lengkap koq di penjual (di kota) besar. Dan dia enggak pakai VANOS, malah enggak perlu special tool buat mbetulin mesin.
***
Siapin celengan kerbau dulu sampai penuh: tembak unit yang ditarget; restorasi di Jakarta; bawa pulang ke kampung eh Lampung. Jadi Anda tinggal isi bensin dan ganti oli aja di kampung eh Lampung ntar.
Dua bengkel yang saya rekomendasikan di Jakarta adalah bengkel kebon di Depok dan Mandiri Auto di BSD Autoparts dengan Pakdhe Purwa Prayitna. Saya jamin tenang kalo mereka yang pegang.
Itu kalo saran saya. BTW, Anda ini koq enggak bosen tho sama BMW? Mana E34 lagi pilihannya...
Untuk ngobrol beemwe lebih seru, monggo ke sini saja Bimmerfan Mataraman
- Freema Bapakne Rahman.
11 Februari 2020
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H