Mohon tunggu...
Freema H. Widiasena
Freema H. Widiasena Mohon Tunggu... Buruh - Cuman nulis ngasal ngawur abal-abal. Jangan pernah percaya tulisan saya.

Suka menyendiri dan suka bersama. Cuman nulis ngasal ngawur abal-abal. Jangan pernah percaya tulisan saya.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Bosen Nyetir, Kecuali...

23 Agustus 2019   08:46 Diperbarui: 23 Agustus 2019   09:05 50
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber: luxusbenz.com

Saya (pernah) menggunakan mobil pasaran dan mobil Eropa.

Kalo pakai mobil pasaran, itu rasanya fungsional banget.

Perawatannya gampang, suku cadang relatif murah dan mudah alias melimpah, dan mobil gak pakai fitur aneh-aneh yang itu kadang justru jadi bumerang jika bermasalah, sebut saja macam airmass, sensor ini-itu, dll.

Pakai mobil pasaran yang fungsional gitu, rasanya setiap hari selalu terjamin fungsionalitasnya. Ibarat kata, tinggal isi bensin dan ganti oli doang, mobil selalu ready to drive. Colok kontak, start, ngacir.

Kalo udah waktunya maintenis, maintenisnya pun enggak bikin pening. Ya itu tadi: harga suku cadang dan ketersediaannya (yang relatif murah dan murah/melimpah).

Kaki-kaki udah aus dan tua, tinggal masukkan ke bengkel kaki-kaki. Brak bruk prak pruk; kelar dan bayar. Selesai tanpa beban berat.

Adalah masalah dengan elektrikal apa-apa gitu, gampang, Biasanya gak jauh dri soket-soket aja atau fitting yang kotor.

Mesin juga nyaris itu-itu aja: ganti oli & filter-filter, bersih-bersih, udah.

Ganti-ganti suku cadang/parts apapun, biasanya kalo toh bengkel enggak nyetok, nyarinya juga mudah. Di toko parts biasanya pasti ada. Kecuali kalo parts-nya yang tipikal very-very slow moving.

Tapi slow moving ini juga saya kesulitan mendefinisikannya. Soale dari bumper hingga batok lampu sampe kokel/gardan dll. tuh toko parts gedhe biasanya pasti nyetok.

Ada temennya temen pernah kecelakaan sebuah Rushterios hingga sub-frame depannya mlesak. Eh, beli di toko parts lokalan sini aja ada! Coba kalo ini BMW. Boro-boro sub-frame, filter oli juga bisa dikata enggak ada yang nyetok di kampung halaman Kediri sini. Lik Bim Salam Syim ditemani Lik Sugik sampe puter-puter seantero Madiun juga enggak nemu filter oli E36 M43-nya.

Pokoknya mobil pasaran yang ada di Indonesia, apapun itu, sebenarnyalah yang sesungguh-sungguhnya mobil.

Tinggal pakai, beres.

Tapi mobil pasaran tuh enggak ada sensasi-sensasinya yang gimanaaa gitu. Yang nikungnya enaklah. Yang kickdown-nya asyiklah. Yang kalo di tol uantenggg nggleser-gleser-lah. Yang di jalan keriting masih empuklah. Dll.

Intinya sih ya itu tadi: fungsional. Starter, pakai. Gitu aja.

***

BEDA dengan mobil Eropa.

Kalo ada yang bilang mobil Eropa itu bikin pening, mobil Eropa itu menyenangkan, iya emang ... keduanya!

Mobil Eropa itu bikin pening, bohong kalo ada yang bilang enggak. Kecuali buat Anda yang masih punya garansi resmi all-in diganti. Mungkin demikian.

Lainnya itu, sepunya-punyanya duit, saya koq haqul yakin pasti miara mobil Eropa itu bikin pening.

Kalo ada problem, ngelarkannya enggak bisa cepet atau ditunggu dengan tanpa gelisah.

Ada duit buat beli parts pun, biasanya bengkel-bengkel juarang nyetok parts dalam jumlah besar sementara perbaikan-perbaikan "kecil" di mobil Eropa itu umumnya musti sepaket. Kecuali emang Anda lihai banget sehingga mbetulkan mobil Eropa bisa cuman satu item-satu item aja. Perbaikan lho ya, bukan sekedar mengencangkan soket lampu belakang yang kendor.

Alhasil, kalo udah ketemu rusaknya, biasanya bengkel bakal ngorder dulu parts yang mau buat pergantian/perbaikan. Dan ini mustinya takes time kan?

Belom lagi kalo udah elektrikalnya yang kena. Kalo enggak gantinya lumayan kerasa, lainnya itu waktu perbaikannya biasanya juga panjang.

Alhasil, berat sebenarnya menjadikan mobil Eropa sebagai kendaraan sehari-hari, kecuali Anda memang punya program khusus untuk waktu perawatan komprehensif sehingga selebihnya tinggal pakai.

Tapi memang, dengan harga yang dibayar, ada nuansa dan katakanlah sensai tersendiri yang itu benar-benar membuat nyetir kita jadi hidup plus menyenangkan: anteng di kecepatan tinggi, enak-enak aja nelibas jalan acakadut, dan semuanya.

Kita duduk diam pun rasanya enak di badan.

Nyetir berlama-lama tuh biasanya bikin bosen, kecuali nyetir mobil Eropa. Kita nyetir jauh tuh kalahnya biasanya sama ngantuk, bukan sama capek atau sama bosen.

Jadinya, kalo lama enggak nyetir mobil Eropa gitu, rasanya jadi kayak sakaw.

Dan sakaw nyetir mobil Eropa ini emang harganya enggak murah. Ya itu tadi: waktu dan biaya maintenisnya.

BEDA sama mobil pasaran. Kadang belom nyetir juga udah kerasa capeknya duluan. Makin jauh nyetir, rasanya makin bosan dan beneran capek.

Ini bukan masalah enggak bersyukur atau gimana.

Ini hanya sekedar deskripsi yang saya rasakan.

Jadi, buat yang belum terkena racun mobil Eropa, saya sarankan jangan sekali-sekali beli mobil Eropa. Mending takutlah duluan buat miara atau mbeli mobil Eropa. Dan cukupkan saja mindset Anda ke mobil pasaran.

Saya jamin, kalo terlanjur kecebur miara mobil Eropa, itu bakal ngeri banget. Ngeri kalo pas punya duit, bawaannya pingin dolaaan terus. Lebih ngeri lagi kalo pas gk punya duit, baik buat bensin apalagi buat maintenis, bawaannya sakaw.

Gak percaya?

- 27052019

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun