Mohon tunggu...
Frans Liu
Frans Liu Mohon Tunggu... freelancer -

Writer who love to express my mind through my words, I write anything which i thought it is supposed to.

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Long Delay Lion Air

20 Februari 2015   23:23 Diperbarui: 17 Juni 2015   10:48 130
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kamis,19 Februari 2015. terjadi Long delay dari Maskapai Lion Air. Para Penumpang diembarkasi keberangkatan Menumpuk di terminal 1C maupun 1A.

Saya yang tadinya mau menggunakan Maskapai tersebut tujuan CGK-PNK akhirnya mengurungkan niat karena libur yang sangat singkat dari perusahaan. Saya berpikir, moment nya sangat kebetulan saya tidak jadi berangkat, terjadi Long delay dari maskapai tersebut.

Beberapa komentar pun masuk ke Inbox saya ( Unnamed). ada 10 Pesawat yang grounded karena tidak ada spare. Jadwal yang begitu padat di dunia penerbangan. Beberapa Kutipan yang bisa saya tunjukan.

" we together face a difficult situation regarding with our Line operation has so many problems because of Aircraft availability, Slot/approval, traffic congested, weather condition etc."

Yang artinya kurang lebih seperti ini " baru-baru ini kita menghadapi situasi yang sukar dengan jalur operasi yang banyak mengalamai kendala, ketersediaan pesawat, Slot/ persetujuan, padatnya lalulintas udara, cuaca dsb"

Dengan pernyataan tersebut, bisa dilihat massa ( Penumpang ) sekarang menumpuk, bagaimana penanganan dan bukankah sudah harus adanya antisipasi ?

Sekarang siapa menjadi Korban, Crew dan penumpang, siapa yang di rugikan? Semua pihak. Segi penumpang dan crew.

Massa juga terlalu cepat emosian alhasil para crew yang tidak tau apa-apa jadi Korban amukkan.

Karena setahu saya, Crew yang bertugas mempunyai schedule yang diatur oleh pihak perusahaan. Sebagai petugas mereka melaksanakan jadwal yang ada. Jika massa membabi buta seperti ini, membuat penerbangan semakin tersendat dan crew yang kena imbasnya disamping menjalankan tugas secara professional disisi lain, harus menanggung akibat yang bukan mereka lakukan.

E.g : Pilot bekerja sesuai jadwal dan Menyupir sesuai jadwal yang diberikan oleh pihak Perusahaan.

Pihak Pasasi juga sama hal nya. Itu semua ada penjadwalan masing-masing. Jika terjadi Imbas seperti ini ( Long Delay ) harus mempertanyakan dari segi management dari maskpai tersebut karena penumpukkan ini terlewat parah.

Pertanyaan saya, Simple Penjadwalan dari Pihak Lion seperti apa? Untuk sisi corrective and effisiensi nya?

2. Bagaimana Crew cabin nya dikasi Jadwal.

3. Management dengan penerbangan yang bisa dikatakan intensitas sangat tinggi, bagaimana mengatur Flow para penerbang.

Pihak Lion Air seharusnya memberi penjelasan akan hal ini kepada penumpang dan lebih bijak mengatur Flow para penerbang ( Cabin Crew ) dan Persuasif mendekati para penumpang agar tidak terjadi kebringasan yang saat ini berlangsung.

Pak Menteri Perhubungan, Semoga bisa Mengatasi ini. Mari berdialektika dengan para Ahli Penerbangan, Audit management Maskpai yang ada... Ini Hak Penumpang harus dipenuhi sembari penumpang telah melakukan kewajibannya membayar untuk suatu perjalanan.

Saya hanyalah orang awam yang cinta pada dunia dirgantara kita. Saya belajar dari orang -orang di suatu Wadah PK- HLP. Mari kita benahi dunia kedirgantaraan ini menjadi lebih baik dan wajah Indonesia di mata dunia agar lebih baik.

Mari Para Penumpang, Jangan menggunakan emosi, Manfaatkan Dialektika kepada pihak-pihak bersangkutan dan jangan jadikan crew sebagai bulan-bulanan. Agar tercipta win win solution dan win win condition mari dialetika dan komunikasikan itu semua.

Dan Media mari berikan porsi yang netral dan informasi yang terpercaya, agar penuhi Element Jurnalistik. Jangan mainstream pemberitaan sehingga sangat lebay. Unsur Verifikasi didahulukan jangan mengkarbitkan sebuah berita dan memojokan jadi tak berimbang seperti Pesawat QZ 8501 sehingga Memojokkan pihak Perusahaan. Sekarang tunjukan taring Jurnalistik tentang Long Delay ini.

Doa saya for all crew di Lion air tetap tabah dan dunia penerbangan semakin membaik kedepannya.

Mohon Maaf jika terdapat kekeliruan dalam menulis dan terima Kasih.

Frans Liu (penulis awam)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun