Mohon tunggu...
Gregorius Nyaming
Gregorius Nyaming Mohon Tunggu... Pemuka Agama - Hanya seorang anak peladang

Seorang Pastor Katolik yang mengabdikan hidupnya untuk Keuskupan Sintang. Sedang menempuh studi di Universitas Katolik St. Yohanes Paulus II Lublin, Polandia.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Membawa Kembali Pulang Pakaian Adat Dayak ke Tujuan dan Makna Kodratinya

25 Mei 2022   18:06 Diperbarui: 25 Mei 2022   18:12 1926
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pakaian adat Dayak digunakan oleh para penari saat Pekan Gawai Dayak 2018 di Rumah Radakng Pontianak. Sumber: kompas.com

Jujur, saya agak sedikit ragu untuk mengangkat topik ini. Saya ragu apakah topik ini merupakan sebuah perkara serius hingga harus diketengahkan. Belum adanya satu pun artikel yang mengangkatnya seakan menunjukkan kalau fenomena ini bukan menjadi sebuah perkara yang meresahkan dan menggelisahkan.

Saya juga ragu apakah topik ini harus menjadi wilayah kajian dan refleksi saya sebagai seorang pemuka atau tokoh agama. Saya hanya berpikir bahwa apa yang menjadi kegelisahan saya ini merupakan ranah tuan-tuan dan puan-puan yang ada di lembaga-lembaga adat Dayak untuk memikirkannya.

Akan tetapi, tulisan dari Masri Sareb Putra telah memberanikan saya untuk menuliskan apa yang menjadi kegelisahan saya. Beliau adalah seorang Dayak asli dan seorang penggiat literasi. Bersama dengan beberapa rekannya, beliau sudah mengkreasi beberapa portal media yang melaluinya masyarakat Dayak, masing-masing dengan keahlian dan ilmunya, memberikan kontribusi lewat literasi demi hilang lenyapnya segala hal yang merendahkan dan memarginalkan suku Dayak.

Dan lewat literasi pula, sejarah Dayak dan nasib orang Dayak ditulis dan ditentukan oleh orang Dayak sendiri.

Gnthi Seauton. Itulah judul dari artikel yang beliau tulis. Itu merupakan kata yang tertera di depan pintu gerbang kuil Apollo di Delhi dan memiliki arti "Kenalilah dirimu!"

Berangkat dari istilah yang sarat dengan makna filosofis itu, Masri ingin mengajak orang Dayak khususnya, agar bisa mengenal dirinya dengan lebih baik. Beliau menulis, "Mengenal diri sendiri adalah mengenal asal usul. Terutama menyangkut silsilah, klan, etnik, bahasa, dan budaya. Karena itu, seseorang yang tidak mengenal asal usul, terutama menyangkut silsilah, klan, etnik, bahasa, dan budaya menjadi luntur kualitas etnisitasnya" (ytprayeh.com, 12/5/2022).

Topik ini saya angkat juga dalam rangka pengenalan diri sebagai orang Dayak. Saya tentu tidak hendak mengklaim kalau sudah mengenal budaya Dayak dengan lengkap dan sempurna. Di sini saya hanya hendak menghayati hidup, seperti digagas oleh Michel Foucault, sebagai estetika eksistenti. Yang artinya hidup manusia dilihat sebagai sebuah karya seni, yaitu suatu usaha membangun diri secara terus-menerus dan tidak pernah mengenal titik istirahat.

Hal yang sama kiranya juga berlaku bagi kita orang Dayak. Bahwa eksistensi kita sebagai manusia Dayak itu merupakan sebuah proses menjadi dan tidak pernah mengenal titik berhenti.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun