Mohon tunggu...
Fopi Nurfadilah
Fopi Nurfadilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya adalah seorang mahasiswa yang memiliki hobbi menulis dengan aneka cerita yang ada dikarangan saya. Selain itu, saya juga menyukai musik dan menonton film ataupun series sehingga saya mendapatkan inspirasi dari cerita tersebut.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Konsep Peningkatan Strategi Marketing pada Bisnis Anda! Silahkan Simak!!!

7 November 2023   21:28 Diperbarui: 7 November 2023   21:34 187
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Latar Belakang

Pada era modern ini, persaingan di berbagai sektor menjadi sangat ketat. Lingkungan dalam bisnis pun menjadi semakin cepat berubah. Dalam  hal ini menyebabkan setiap pengusaha harus mampu mengimplementasikan strategi marketing yang tepat, kompetitif, serta secara terus-menerus harus bisa menyesuaikan dengan lingkungan persaingan yang terus berubah. Fungsinya agar penjualan dapat dipertahankan atau ditingkatkan . 

Mari kita pahami terlebih dahulu apa itu strategi marketing menurut para ahli!

  • Strategi marketing menurut (Kotler and Armstrong, 2012:72) adalah logika pemasaran dimana perusahaan berharap dapat menciptakan nilai bagi customer dan dapat mencapai hubungan yang menguntungkan dengan pelanggan.

  • Strategi marketing menurut (Tull dan Kahle Tjiptono, 2009:6) menyatakan bahwa strategi marketing merupakan alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai tujuan perusahaan dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran tersebut.

Pembahasan

Nah sahabat entrepreneur, setelah kalian mengetahui apa itu strategi marketing, di pembahasan kali ini kita akan membahas bagaimana sih konsep dalam upaya meningkatkan strategi marketing?

Yuk simak penjelasan saya kali ini!!!

Dikutip dari buku Ajar Manajemen Pemasaran Bauran Pemasaran karya Tengku Firli Musafir, S.E., M.M, berikut merupakan elemen strategi marketing:

Elemen strategi marketing ini sangat berpengaruh pada peningkatan bisnis anda, kata yang familiar nya biasa dikenal dengan konsep 7P. Apa sih 7P itu?

  • Product (Produk)

Produk merupakan barang jadi yang telah diproduksi oleh pengusaha atau suatu perusahaan untuk memenuhi kebutuhan sekelompok orang tertentu. Produk ini bisa berupa barang atau jasa sesuai dengan kriteria bisnis apa yang sedang anda jalankan. Barang atau jasa tersebut juga harus bisa menyesuaikan dengan perkembangan zaman, anda harus bisa melakukan penelitian ekstensif mengenai siklus hidup yang produk yang diciptakan.

  • Price (Harga)

Harga merupakan suatu jumlah yang harus dibayar oleh pelanggan. Nah, dalam menentukan harga ini juga kita harus berhati-hati karena akan sangat berpengaruh pada penjualan. Cara menentukan harga yang kompetitif yaitu dengan kita sebagai pebisnis atau seorang pengusaha lagi dan lagi harus bisa melakukan penelitian terhadap persaingan pasar dan juga kita harus bisa menyesuaikan dengan harga pasar yang ada di lingkungan.

  • Place (Tempat)

Tempat merupakan bagian yang sangat penting karena  penentuan tempat juga sangat berpengaruh untuk penjualan produk maupun saat proses produksi. Penentuan tempat untuk penjualan produk, anda sebagai seorang pengusaha harus bisa memilih tempat yang strategis yang dimana dapat diakses oleh pembeli maupun targetnya.

  • Promotion (Promosi)

Promosi adalah elemen marketing yang bisa meningkatkan brand produk dan juga penjualan. Contoh promosi bisa berupa offline maupun online. Namun, pada zaman sekarang ini tempat promosi yang paling signifikan yaitu dengan promosi online. Anda bisa menggunakan media sosial sebagai tempat promosi dan transaksi penjualan.

  • People (Orang)

Orang yang dimaksud disini yaitu sebagai bagian dari orang yang berhubungan dengan bisnis yang anda jalankan. Dalam hal ini, orang tersebut sangat berpengaruh bagi usaha anda karena untuk mempekerjakan dan melatih orang yang tepat untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen atau pembeli.

  • Process (Proses)

Sistem atau proses ini merupakan suatu mekanisme yang dijalani oleh seorang pebisnis dari awal anda merintis usaha yang anda jalankan. Proses ini sangat mempengaruhi pelayanan pada usaha anda. Jadi, anda sebagai seorang pengusaha harus bisa memastikan bahwa setiap apapun yang dijalani oleh karyawan maupun usaha anda memiliki proses yang telah disesuaikan atau direncanakan sejak awal. Dalam hal ini sangat berpengaruh untuk meminimalisir biaya pengeluaran maupun pemasukan, atau biasa dikenal juga dengan istilah adanya laba rugi pada pendapatan usaha anda.

  • Physical Evidence (Bukti Fisik)

Pada konsep yang terakhir yaitu bukti fisik, yang dimana akan berkaitan dengan bagaimana bisnis dan produk anda itu dirasakan dalam pasar ini dan itu merupakan bentuk branding dari produk dan bisnis anda.

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan mengenai konsep peningkatan strategi marketing pada bisnis nih sahabat entrepreneur. Mudah dipahami bukan? 

Saya sebagai penulis mohon maaf apabila masih kurang wawasan mengenai peluang bisnis ataupun strategi marketing, bila ada kekurangan apapun silahkan masukkan kritik dan sarannya pada kolom komentar dibawah.

Penulisan ini tentunya terbentuk karena adanya inspirasi dari berbagai pihak penulis lain, saya harap ini tidak mengganggu kenyamanan karena saya pun sudah merevisi sesuai dengan pengetahuan yang saya miliki.

Sekian dan terima kasih.

Kesimpulan

Jadi, strategi marketing merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan pemasaran yang terjadi didalam bisnis. Namun, strategi marketing tidak hanya harus diancang-ancang saja, sebagai seorang pengusaha anda juga harus bisa mengimplementasikan konsep 7P diatas agar mencapai target penjualan dan pemasaran yang anda inginkan.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun