Mohon tunggu...
Frederica Nancy
Frederica Nancy Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Hi! Salam kenal dari saya yang tengah belajar dan menari dalam dunia komunikasi massa-digital!

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Perluas Jangkauan Pengunjung Konten Digitalmu Lewat SEO!

28 September 2020   15:37 Diperbarui: 28 September 2020   17:25 203
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://www.hostpapa.be/

Sebagai kreator konten digital, tentu kamu ingin hasil karyamu dilirik massa bukan?

Pasalnya konten kamu buat sendiri, cari bahan berhari-hari, tapi gak jarang waktu diunggah yang baca sedikit sekali. Kalau begini, gundah di hati pasti bergejolak tapi gak usah khawatir, mari belajar supaya konten kita punya pembaca yang lebih luas dengan mengenal Search Engine Optimization (SEO).

Definisi dan Pentingnya SEO

Untuk memahami SEO, bayangkan kamu hendak menjual rukomu di sebuah komplek yang bersaing dengan banyak penjual dan SEO menjadi 'makelarnya'. Saat semua telah diseleksi dan rukomu menjadi tawaran paling awal bagi pembeli, itulah hasil kerja si makelar (SEO).

Dalam konteks digital, 

"When someone types a keyword into the search box, there are only two possible outcomes: they will find you or they will find your competitor."--- Arnie Kuenn and Michael Schwartz (2010).

Ketika kontenmu berhasil muncul di bagian atas, peluang pengguna mesin pencari mengklik karyamu dapat mencapai 43%.

Namun perlu diingat bahwa makelar bernama SEO, gratis dan ia bekerja secara natural (organik) sesuai dengan desain 'rukomu' (konten).

Sementara itu, saudara SEO bernama Search Engine Marketing (SEM) menganut sistem Pay Per Clik (PPC). Konsep SEM yang berbayar ke mesin pencari membuatnya serupa dengan sistem kontrak. Habis kontrak, kontenmu bisa-bisa berada di rekomendasi paling bawah deh.

Kalau kata dosen saya, SEM butuh dana, SEO butuh effort. Lantas usaha seperti apa yang kita butuhkan?

Cara Kerja SEO

Sebelum memahami trik optimalisasi kinerja SEO, kamu perlu tahu dulu cara 'makelar digital' ini bekerja. 

SEO akan mengoptimalkan presentasi konten situs web dan membantu pengguna untuk menemukan konten yang tersedia di mesin pencari (Ebner, 2019). SEO menggunakan bot atau spider dengan menjadi web crawler bagi milliaran website yang tersedia.

Pertama, akan dilakukan total penghitungan file situs website yang dikirimkan pemilik konten. Crawler akan memasuki masing-masing halaman web dan mengikuti tautan halaman yang relevan terkait konten tersebut.

Selanjutnya, software SEO akan menyeleksi konten dengan melihat beberapa poin ini:

  • Page view and unique visitors
  • Time spent on side (lamanya durasi pengunjung berada di kontenmu)
  • Bounce rate (rating yang menunjukkan apakah pengunjung juga melihat beberapa halaman ke belakang atau konten lain)
  • Traffic source (asal pengunjung mengakses konten situsmu)
  • Search terms (kata kunci tertentu yang memungkinkan kontenmu diakses).

https://avengering.com/
https://avengering.com/
Meskipun ada banyak kriteria, ingatlah bahwa

"You are not writing for machines."-Paul Bradshaw (2010).

Tujuan utama kamu menghasilkan konten adalah agar pengunjung tertarik, nyaman, dan memahami kontenmu. Oleh sebab itu, buatlah algoritma mesin pencari SEO yang bekerja untuk kontenmu agar berada di peringkat atas.

Tips dan Trick

Ada beberapa tips yang dapat kamu pelajari dan terapkan untuk menaikkan peringkat kontenmu di mesin pencari lewat konsep piramida SEO.

https://i.pinimg.com/
https://i.pinimg.com/
Pertama, pertimbangkan media sosial apa yang akan kamu gunakan untuk menyebarkan kontenmu. Di Indonesia, Facebook dan Twitter menjadi media sosial yang paling berpengaruh saat hendak membagikan kontenmu karena aspek penggunanya yang luas.

 Kedua, Link building (hyperlink)

Saat membuat konten pertimbangkan pemilik tautan pada karyamu terpercaya dan punya kemungkinan dapat memberikan linkback (follback). Penggunaan tautan dapat terbagi dua, yakni link internal yang terarah ke kontenmu terdahulu dan eksternal ke luar konten milikmu.

Ketiga, keyword research and targeting.

Pertimbangkan judul dan sub judul kontenmu. Pastikan judulmu menggambarkan isi, tidak sekadar clickbait namun tetap menarik bagi pengunjung. Sebaiknya menggunakan jenis judul yang berbeda antara versi cetak (semakin pendek semakin baik) dan sebaliknya bagi konten digital.

Masukkan kata kunci yang populer pada judul dan kontenmu. Kamu dapat menggunakan Google Adwords Keyword Tool untuk mengetahui apa yang sedang menjadi topik pencarian populer bagi pengunjung.

Gunakan juga pengetahuan dan intuisimu untuk membayangkan topik apa yang sedang hangat dibahas. Tujuannya supaya kata kunci yang kamu gunakan memperbesar peluang optimalisasi kinerja SEO.

Penggunaan kata kunci juga akan membantu meta tags--yang tampil sebagai deskripsi singkat saat pengunjung menemukan rekomendasi kontenmu di mesin pencari.

Dilansir dari Tirto.id, kamu perlu menghindari kebiasaan pengulangan kata kunci supaya tidak merusak profil situs. Alasannya karena perpindahan kunjungan (bounce rate) yang tinggi berpotensi membuat pembaca gak betah di kontenmu.

Keempat, accessible site, quality content, seperti URL, user hits and comments.

Pastikan kontenmu unik, orisinil, informatif, menghibur, dan interaktif. Sebuah konten sebaiknya diawali intro yang berkaitan agar pembaca lebih memahami konten secara komprehensif.

https://i4d9k9u7.rocketcdn.me/
https://i4d9k9u7.rocketcdn.me/
Perhatikan pula aspek teknis, seperti page title, struktur URL (munculkan kata kunci), tagar, dan kategori kontenmu agar saling mendukung dan memudahkan pencarian. Pastikan pula setiap gambar yang kamu munculkan menggunakan  tags sebab mesin pencari memerlukan teks untuk mengidentifikasi kode gambar.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya! Anyway, let me know if those tips work for you!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun