Sebagai bagian dari anak-anak generasi awal era 90-an, dahulu saya berpikiran bahwa es krim adalah salah satu jajanan yang 'mewah' dan masih jarang atau sulit ditemukan.Â
Bagaimana tidak? Pada saat itu, saya pribadi termasuk kategori anak-anak yang sangat jarang menikmati lezat dan segarnya lumeran es krim di mulut.Â
Selain karena adanya larangan dan batasan dari orang tua, harga jualnya pun kala itu masih terbilang cukup tinggi alias agak mahal, apalagi untuk ukuran jajan harian anak-anak di kampung.Â
Momentum Hari Raya Idulfitri bisa dibilang sebagai salah satu momen "merdeka" bagi saya untuk bisa sedikit memuaskan hasrat dan keinginan untuk jajan dan mencicipi segarnya es krim.Â
Kenapa? Karena pada Hari Raya Lebaranlah saya akhirnya bisa punya uang sendiri, hasil pemberian atau angpao Lebaran dari sanak saudara, tetangga, dan yang lainnya. Sehingga saya bisa gunakan untuk jajan es krim atau apa pun yang diinginkan. Hehe ...
Eitss, tapi itu dulu. Kini, es krim bukan lagi jajanan yang harus 'merogoh saku dalam-dalam' dan sulit untuk ditemukan kok. Apalagi, sekarang kita bisa jumpai berbagai merek atau brand es krim di pasaran yang menawarkan beragam pilihan rasa yang semakin unik dan menarik untuk dicoba. Tak hanya itu, harga jualnya pun sekarang semakin terjangkau dan ramah 'dompet'.Â
Salah satu brand es krim yang beberapa tahun belakangan ini sudah mencuri perhatian dan hingga kini masih menjadi salah satu merek es krim favorit saya adalah AICE. Ya betul, es krim Aice yang baru-baru ini juga sudah sah didapuk sebagai es krim resmi Piala Dunia Qatar 2022. Keren banget, kan?
Memori Asian Games 2018, Perkenalan Pertama Saya dengan Es Krim Aice
For your information, Aice adalah perusahaan lisensi dari Singapura dan memiliki tim yang berpengalaman 20 tahun di industri es krim. Aice datang ke Indonesia pada tahun 2015 dengan mendirikan pabrik es krim pertamanya, PT Alpen Food Industri, yang menerima sertifikasi tingkat tertinggi A-Level Halal.Â
Menariknya, tidak butuh waktu yang lama bagi Aice untuk menarik hati para peminatnya di Indonesia. Pasalnya, Aice menjadi satu-satunya merek dari industri es krim yang terpilih sebagai "10 makanan paling viral 2016 di Indonesia".Â
Ya. Anda tidak salah baca. Tahun 2016. Berarti, dalam kurun waktu setahun saja (2015 -2016) mereka sudah bisa mencuri hati para penikmat es krim di Indonesia hingga menjadi viral. Kini, setelah 7 tahun berada di Indonesia, Aice menjadi merek es krim populer dan memiliki jutaan penggemar di Indonesia.
Kalau boleh jujur, pertama kalinya saya mencoba es krim Aice ini justru di sebuah event besar pada tahun 2018, apa lagi kalau bukan Asian Games 2018Â dimana Indonesia saat itu berperan sebagai Tuan Rumah. Saat itu, saya terpilih sebagai blogger yang mewakili provinsi Banten dalam event Writingthon Asian Games 2018 yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).Â
Salah satu hadiah dan privelege yang diterima oleh para blogger terpilih dalam event Writingthon tersebut adalah mendapatkan kesempatan untuk menonton Opening Ceremony Asian Games 2018 di stadion Gelora Bung Karno secara langsung dan gratis.Â
Sebagai satu-satunya sponsor es krim resmi Asian Games 2018, saat itu Aice membagikan es krim secara gratis dan cuma-cuma kepada para pengunjung yang menonton rentetan acara Asian Games 2018 di sekitar stadion Gelora Bung Karno. Tanpa ragu saya pun memanfaatkan kesempatan tersebut dan akhirnya mencoba es krim Aice untuk pertama kalinya!Â
Kala itu, saya memilih es krim Aice Obor yang merupakan es krim Aice edisi khusus Asian Games 2018. Aice Obor adalah es krim rasa kopi lezat yang dibalut lapisan cokelat renyah dan waffle cone yang lembut. Bentuknya yang menggambarkan obor pun menambah sensasi semangat yang membara!
Serunya Ngabuburit dan Berburu Dessert Es Krim Aice Mochi
Seperti yang kita ketahui bersama, salah satu kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan selama bulan Ramadan adalah Ngabuburit. Istilah ini berasal dari bahasa Sunda yang memiliki arti kegiatan menunggu azan Magrib menjelang berbuka puasa.Â
Kegiatan ngabuburit dapat berupa banyak hal, seperti jalan-jalan, bermain, bercengkerama, mendatangi pasar kuliner, mencari dan membeli takjil, dan lain sebagainya.
Nah, pada Ramadan kali ini, saya ingin merasakan sensasi yang baru dan sedikit berbeda untuk ngabuburit. Ketika saya mengadakan acara Bukber alias Buka Puasa Bersama untuk keluarga besar beberapa waktu lalu, saya sengaja mengajak beberapa keponakan saya ngabuburit sambil berburu takjil untuk dibawa ke lokasi acara Bukber.Â
Menu takjil yang saya cari bersama mereka pun saya sesuaikan dengan selera yang cocok untuk mereka (anak-anak) dan juga orang dewasa. Maka, pilihan kami pun jatuh pada Aice Mochi Dessert yang manis dan menyegarkan serta punya kulit mochi paling kenyal. Es Aice Mochi Dessert ini sangat cocok dijadikan kudapan penutup atau Dessert saat berbuka puasa.Â
Karena saya memang sudah yakin bahwa Aice es krim berkualitas, ditambah dengan visi dan misi lewat jargon utama mereka, yaitu inovasi pertama selalu dari Aice, maka saya tidak pernah ragu untuk mencoba berbagai varian es krim baru yang mereka ciptakan, seperti varian es krim Aice Mochi yang menurut saya bukan hanya sangat unik dan menarik, tetapi juga lezat dan inovatif sesuai dengan jargon yang mereka gaungkan.
Tidak tanggung-tanggung, saat ngabuburit dan berburu dessert es krim Aice Mochi bersama keponakan, saya membeli semua varian rasa es krim Aice Mochi yang ada, yaitu Chocolate, Vanilla, Strawberry, Durian, serta yang paling terbaru dan spesial yaitu Aice Mochi Klepon #InovasiWarisanIndonesia.
Jujur, di antara beragam pilihan rasa pada varian es krim Aice Mochi, saya pribadi sangat menyukai Aice Mochi Klepon yang baru ini. Selain karena ide dan inovasinya yang mengangkat warisan kuliner Indonesia, rasa kulit mochi sangat pas kenyalnya. Selain itu, perpaduan aroma pandan, taburan kelapa, serta lelehan gula arennya cukup memuaskan lidah saya. Benar-benar rasa Klepon!Â
Saya akui dan saya perlu acungkan jempol untuk Aice atas inovasi-inovasinya dalam membuat varian-varian es krim yang hampir sebagian besar idenya anti-mainstream dan sangat inovatif. Great job!
Alhamdulillah. Semua anggota keluarga, khususnya keponakan-keponakan suka dengan es krim Aice Mochi. Jadi, tidak sia-sia berburu Aice Mochi Dessert untuk takjil saat Bukber Keluarga besar kemarin. Semua suka dan bahagia. :)
Bukber Makin AICEsyik Bareng Aice Mochi
Percaya atau tidak, saking ketagihan dan sukanya saya dengan varian Aice Mochi Dessert ini, saya juga jadikan es krim dengan kulit mochi paling kenyal ini sebagai pilihan kudapan penutup bukan hanya saat Bukber Keluarga saja, tapi juga saat Bukber bersama kawan dan kerabat kerja.Â
Ukuran dan bentuknya yang sederhana juga menjadikannya pas sebagai menu tambahan saat berbuka puasa, menemani menu-menu utama lainnya. Rasanya yang manis dan menyegarkan cocok untuk menutup kegiatan berbuka puasa.Â
Sekadar informasi, dalam satu kemasan es krim Aice Mochi mengandung Air, sirup maltosa, tepung ketan, gula, minyak nabati, susu bubuk full cream, maltodekstrin, penstabil nabati, pengemulsi nabati, garam, perisa artifisial (vanilla), pewarna tartrazin Cl 19140, serta mengandung pengawet sulfit.Â
Dengan demikian, es krim Aice Mochi pastinya juga memiliki kandungan yang baik untuk tubuh, serta praktis untuk disantap. Cocok banget untuk acara Bukber bersama keluarga dan teman kerja, bukan?
Begitulah cerita dan pengalaman saya bersama Aice Mochi Dessert. Bagaimana pengalamanmu? Yuk sharing!
Sumber Referensi:
1. Pengalaman Pribadi
2. Situs dan Media Sosial Resmi Aice Indonesia
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H