Mohon tunggu...
Firmansyah
Firmansyah Mohon Tunggu... Guru - #TeacherBlogger

I'm a proud #TeacherBlogger who loves Writing, Traveling, and Taking Pictures. Currently teaching English, Arabic and several Arabic-related lessons at one of Islamic Boarding Schools in Tangerang, Banten. Visit my blog at www.bangfirman.com

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Menjawab Kebutuhan Era Digital Bersama Bank Ganesha, Serunya #HidupDenganBANGGA

27 Mei 2018   07:07 Diperbarui: 27 Mei 2018   12:22 1173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: www.bankganesha.co.id. Didesain ulang oleh Penulis.

Berbicara tentang era digital, mau dipungkiri atau tidak, kenyataannya budaya digital memang sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan kita pada era milenium ini. 

Banyak kegiatan yang awalnya kita lakukan secara tradisional atau konvensional, kini beralih kepada sistem online yang tentunya menawarkan banyak kemudahan, kenyamanan, keamanan, fleksibilitas serta efisiensi, seperti sistem administrasi kepemerintahan, administrasi perkuliahan dan sekolah, kelas pembelajaran, sampai urusan hiburan dan juga kebutuhan belanja. Sekarang, semuanya serba online. Termasuk juga untuk urusan transaksi perbankan, apalagi akhir-akhir ini juga muncul istilah 'Fintech' atau Financial Techonology yang tentunya menambah panjang daftar istilah baru dalam bidang keuangan dan perbankan pada era digital ini. 

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Dengan jumlah populasi yang sangat besar, Indonesia sudah pasti menyimpan potensi ekonomi digital yang besar di masa yang akan datang seiring berkembangnya teknologi dan media sosial di era digital. Berdasarkan data survei Kepios pada September 2017, jumlah populasi di Indonesia mencapai 264 juta yang merupakan terbesar di kawasan Asia Tenggara. 

Survei Kepios, 2017. Sumber: databoks.katadata.co.id
Survei Kepios, 2017. Sumber: databoks.katadata.co.id
Dari jumlah tersebut, 55 persen merupakan kaum urban yang tinggal di daerah perkotaan. Adapun penetrasi pengguna internet Indonesia mencapai 133 jiwa atau sekitar 50 persen dari total populasi. Sementara pengguna aktif media sosial mencapai 115 juta atau sekitar 44 persen dari total populasi. Sementara pengguna telepon seluler (ponsel) mencapai 371 juta atau 141 persen dari total populasi. Artinya bahwa setiap orang menggunakan 1,4 (lebih dari satu) ponsel. Sedangkan pengguna media sosial aktif dengan menggunakan ponsel mencapai 106 juta atau 40 persen dari ponsel terdaftar.

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Meningkatnya penestrasi internet dan telepon pintar atau ponsel semakin membuka peluang transaksi digital di tanah air. Selain itu, semakin banyaknya generasi Z yang lahir di era digital, dari 250 juta jiwa populasi di Indonesia tentu akan mendukung pertumbuhan fintech (finansial teknologi) domestik. 

Survei Statista, 2017. Sumber: databoks.katadata.co.id
Survei Statista, 2017. Sumber: databoks.katadata.co.id
Berdasarkan data survei Statista, pangsa pasar fintech Indonesia diperkirakan mencapai US$ 18,65 miliar pada 2017 dan akan meningkat menjadi US$ 37,15 miliar pada 2021. Dari jumlah tersebut, lebih dari 99 persen merupakan transaksi pembayaran digital. Sisanya merupakan bisnis keuangan dan keuangan personal. Adapun pembayaran digital 2017 terdiri atas, digital commerce (pembayaran perdagangan digital) senilai US$ 18,55 miliar, mobile payment (pembayaran mobile) US$ 9 miliar, dan Peer to Peer Money Transfer senilai US$ 48 miliar.

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Bank Ganesha. Sumber gambar: www.bankganesha.co.id
Bank Ganesha. Sumber gambar: www.bankganesha.co.id
Sebagai salah satu bentuk usaha dalam merespon perkembangan teknologi yang sangat pesat serta banyaknya survei dan prediksi di atas, PT. Bank Ganesha Tbk, bank yang sudah mulai beroperasi sejak 30 April 1992 dan berkantor pusat di Jl. Hayam Wuruk No. 8 Jakarta Pusat ini, baru-baru ini meluncurkan aplikasi mobile banking bertajuk Bangga

Aplikasi ini merupakan bentuk upaya bank untuk memudahkan nasabah mengakses layanan perbankan dan meningkatkan produk digital perusahaan. Bank Ganesha merasa perlu beradaptasi agar dapat memberikan layanan yang memadai sebagai respon terhadap perkembangan teknologi yang kian pesat, apalagi ditambah dengan munculnya berbagai perusahaan fintech serta perubahan perilaku konsumen di sektor perbankan. 

Sumber gambar: www.bankganesha.co.id
Sumber gambar: www.bankganesha.co.id
Seperti yang dikutip dari swa.co.id, Presiden Direktur Bank Ganesha, Surjawaty Tatang, menjelaskan, "Perkembangan teknologi sangat pesat. Perubahan perilaku nasabah, membuat kami harus beradaptasi dan menyesesuaikan supaya tetap bisa memberikan layanan maksimal. Teknologi mengubah perilaku dan persepsi nasabah. Kami juga harus menghadapi dengan bijak," tukasnya saat acara peluncuran aplikasi mobile Bangga.

“Aplikasi mobile banking Bangga merupakan solusi dari Bank Ganesha bagi nasabah untuk melakukan transaksi finansial maupun non-finansial tanpa batasan ruang dan waktu. Melalui aplikasi ini, nasabah juga dapat menikmati berbagai fitur unggulan Bangga dan mendapatkan berbagai informasi mengenai produk dan layanan yang dimiliki Bank Ganesha,” ujar Surjawaty Tatang.

Selain itu, beliau pun mengatakan bahwa manajemennya harus melakukan perubahan untuk penyesuaian. Misalnya, mengubah situs website supaya lebih efisien, adanya fitur-fitur unik pada BANGGA seperti login menggunakan finger print dan juga fitur promosi serta melakukan kerjasama dengan mitra usaha. 

Peluncuran aplikasi Bangga. Sumber foto: www.swa.co.id
Peluncuran aplikasi Bangga. Sumber foto: www.swa.co.id
Menyasar kepada generasi millenial, aplikasi ini  juga menghadirkan menu permainan dan feed di dalamnya. Menu feed  tersebut dapat memberikan info menarik bagi pengguna.  Aplikasi tersebut juga menawarkan promosi dari para mitra merchant yang berkecimpung di sektor food and beverage dan fashion dalam bentuk e-voucher

Hal tersebut sesuai dengan tujuan lifestyle banking Bank Ganesha. Selain itu, pengguna Bangga juga dapat melakukan donasi pada aplikasi lewat link langsung dengan platform e-money. Kemudian, melalui G-Online, pengguna juga dapat mengetahui saldo, membayar pembayaran tagihan, serta melakukan transfer secara cepat.

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Setelah sekilas mengetahui penjelasan tentang BANGGA di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa BANGGA adalah aplikasi mobile untuk mengelola kehidupan keuangan berkualitas dengan menyediakan berita finansial dan gaya hidup, promosi, games, akses untuk donasi dan online banking Bank Ganesha (G-online). 

Nah, berikut adalah ulasan dari Penulis tentang serunya #hidupdenganBANGGA, dengan menggunakan aplikasi mobile  BANGGA.

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Fitur-fitur unggulan aplikasi BANGGA
  1. BERITA - Update informasi kamu dengan membaca news, lifestyle, financial advise dan berita menarik lainnya.
  2. PROMOSI - Cek promosi dan redeem voucher promo kamu dari merchant yang bergabung dengan BANGGA.
  3. DONASI - Bantu yang lain dengan menyisihkan sedikit uang kamu dengan berdonasi.
  4. EVERYDAY BANKING (G-ONLINE) - Permudah transaksi perbankan kamu dengan memilih fitur yang sesuai dengan kebiasaan kamu.
  5. FAST BALANCE - Cek saldo tidak perlu ribet, cukup tap sekali dan tanpa perlu login lagi.
  6. FINGERPRINT LOGIN - Cukup tap fingerprint kamu untuk dapat login dan bertransaksi finansial.

Tampilan menu aplikasi BANGGA

1. Tampilan halaman pembuka atau selamat datang yang ramah

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Pada awal membuka aplikasi BANGGA, kita akan disambut hangat dengan halaman pembuka dan ucapan selamat datang yang terdiri dari 3 slide, pertama adalah ucapan selamat datang dari BANGGA dan Bank Ganesha, lalu di-swipe untuk slide kedua adalah ajakan untuk memiliki rekening Bank Ganesha dan agar dapat mengakses rekening tanpa ribet dengan menggunakan BANGGA, terakhir di slide ketiga adalah himbauan untuk registrasi dan aktivasi agar dapat menikmati fitur lengkap BANGGA. 

2. Tampilan halaman cover utama sebelum login

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Pada halaman selanjutnya, kita akan melihat halaman cover utama sebelum melakukan login ataupun sebelum mengakses menu-menu lainnya yang terdapat pada aplikasi BANGGA. Foto covernya terlihat seru dan fresh ya. :)

3. Tampilan menu Feed dengan 3 fitur layanan yang menarik dan bermanfaat

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Ketika kita memasuki menu feed, kita akan disuguhi dengan tiga fitur layanan yang menjadi salah satu keunggulan di aplikasi BANGGA ini. Tiga fitur tersebut antara lain: Berita, Promo dan Donasi. Pada menu Berita, kita bisa update informasi dengan membaca news, lifestyle, financial advise dan berita menarik lainnya. 

Pada menu Promosi, kita bisa cek promosi dan redeem voucher promo yang kita miliki dari merchant yang bergabung dengan BANGGA. Sedangkan pada menu Donasi, kita bisa membantu sesama dengan menyisihkan sedikit uang yang kita miliki dengan berdonasi.

4. Tampilan menu Games yang menghibur dan menambah wawasan

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Aplikasi BANGGA juga menyediakan menu Games atau permainan yang dapat kita mainkan di waktu senggang. Fitur permainan yang tersedia saat ini hanya satu yakni yang bertajuk Tebak Langsung, namun aplikasi BANGGA sepertinya akan menambah beberapa fitur permainan yang lainnya dalam waktu dekat. Nah, lumayan kan untuk sarana hiburan dan menambah wawasan kita. :)

5. Tampilan login menu G-Online yang memiliki visi Everyday Bank

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Pada menu G-Online yang memiliki visi sebagai Everyday Banking, semua urusan transaksi perbankan kita akan dipermudah dengan memilih fitur-fitur layanan yang sesuai dengan kebiasaan kamu. Dengan mengakses menu G-Online, kita dapat melakukan cek saldo dengan singkat, mutasi rekening, transfer dana, transaksi pembelian, transaksi pembayaran, top up G-money dan Pesan atau Message

6. Tampilan menu Contact us (hubungi kami) yang informatif

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Ada juga menu Contact us atau hubungi kami, yang memberikan fitur layanan Call Bank Ganesha, infromasi lokasi ATM dan juga informasi lokasi cabang bank. Ini tentu sangat membantu kita ketika sedang membutuhkan informasi terkait Bank Ganesha dan aplikasi BANGGA.

7. Tampilan menu Info yang lengkap, simple, informatif dan representatif

Didesain oleh Penulis
Didesain oleh Penulis
Dan terakhir, pada menu Info kita dapat mengetahui segala informasi seputar Bank Ganesha, produk-produk Bank Ganesha, Kurs mata uang dan juga ada fitur tanya jawab atau FAQ (Frequently Asked Questions) yang sangat lengkap, simple, informatif dan sangat representatif bagi para pengguna aplikasi BANGGA. 


Bank Ganesha yang memiliki visi menjadi "Everyday Bank" di tahun 2020 kini sudah melayani nasabah dengan produk inovatif seperti tabungan, deposito, giro, serta menyalurkan kredit pada segmen consumer, komersial, SME dan Korporasi. 

Bank Ganesha memiliki kartu ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Bersama dan sudah berlogo GPN. Bank Ganesha terus berupaya mengoptimalkan jaringan kantor yang ada. 

Sampai dengan tahun 2018 ini, Bank Ganesha telah memiliki jaringan kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, dan Kantor Kas yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Surabaya dan Medan. Kemudian, dalam menjawab kebutuhan di era digital, Bank Ganesha pun telah meluncurkan layanan online banking yang ada di dalam aplikasi mobile "BANGGA" (tersedia di Playstore/Appstore).

Mari bersama menjawab kebutuhan dan tantangan di era digital dengan mempersiapkan segalanya dengan sebaik-baiknya, termasuk dalam hal kepemilikan alat atau aplikasi yang mampu mengelola kehidupan keuangan berkualitas serta menyediakan fitur-fitur tambahannya yang lengkap, menarik, kreatif, inovatif, dan sangat bermanfaat. 

Dengan BANGGA persembahan dari Bank Ganesha, kita berharap mampu menjawab kebutuhan tersebut. Yuk! Rasakan serunya #hidupdenganBANGGA, aplikasi yang mampu mengubah hidup kamu! 

Unduh aplikasi BANGGA untuk Android klik di sini

Unduh aplikasi BANGGA untuk iOS klik di sini

Sumber Referensi:

1234567 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun