Halo, parents. Masih ingat tidak dengan cerita perjuangan pahlawan Indonesia? Kira-kira cerita apa yang masih membekas di ingatan parents?
Eitss, cerita kepahlawanan jangan hanya diingat aja ya, parents. Parents dapat menjadikan cerita perjuangan pahlawan sebagai media untuk tumbuh kembang si kecil, loh. Hal ini bukan tanpa dasar ya parents.
Menurut hasil penelitian Haber, Kumar, dan Corriveau (2022), membacakan cerita dengan tema perjuangan seorang ilmuwan memiliki dampak pada kegigihan anak, yang ditunjukkan dari hasil eksperimen.Â
Anak yang dibacakan cerita tema perjuangan ilmuwan ternyata lebih gigih dalam mengerjakan suatu tugas, jika dibandingkan dengan anak yang dibacakan cerita kesuksesan seseorang. Kira-kira mengapa ya cerita perjuangan berdampak pada kegigihan anak?
Penelitian ini membuktikan bahwa mendengarkan cerita seorang ilmuwan yang berjuang mencapai kesuksesan membantu anak untuk lebih terhubung dengan tokoh utama cerita tersebut, daripada hanya mendengarkan kisah kesuksesan seseorang.Â
Cerita perjuangan dalam meraih kesuksesan menyiratkan makna bahwa kegagalan adalah bagian dari mencapai suatu kesuksesan. Ketika anak kesulitan dalam memecahkan suatu masalah, anak belajar bahwa kesulitan yang sedang dihadapi adalah bagian dari proses memecahkan masalah tersebut.Â
Hal ini dapat menjadi sarana untuk mengajarkan anak agar tidak mudah putus asa ketika menghadapi kesulitan saat mengerjakan sesuatu.Â
Selain dapat menumbuhkan sikap gigih, tentunya membacakan buku kepada anak memiliki banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya, parents. Manfaat membacakan buku kepada anak saya rangkum dalam tiga poin di bawah ini:
1. Membaca dan perkembangan bahasa
Menurut penelitian Strouse, Nyhout, dan Ganea (2018), buku yang berisi gambar dan kata dapat menambah kekayaan bahasa untuk si kecil. Biasanya gambar yang ada pada buku sangat beragam, sehingga dapat menjadi sarana pembelajaran kosa kata baru bagi anak.Â
Semakin sering membacakan buku bergambar kepada anak, maka gudang kosa kata anak akan semakin banyak. Hal ini tentunya bermanfaat bagi perkembangan bahasa dan kemampuan literasi anak.Â
2. Membaca dan kemampuan literasi
Membacakan buku kepada anak ternyata berkaitan dengan kemampuan literasi anak, parents. Menurut penelitian Niklas, Cohrssen, dan Tayler (2016), semakin cepat orangtua mengenalkan anak dengan kegiatan membaca buku, maka semakin baik untuk perkembangannya. Â
Selain itu, semakin anak mengenal dengan buku maka semakin cepat keinginannya untuk membaca dan akan berdampak pula pada kemampuan numerikalnya.Â
3. Membaca dan kelekatan
Membacakan buku cerita kepada anak bukan berarti hanya membaca tanpa interaksi loh, parents. Menurut situs raisingchildren, membaca buku bersama anak juga dapat membangun kelekatan orangtua dengan anak. Tentunya kegiatan ini harus dilakukan dengan penuh perhatian.Â
Membaca buku tidak hanya melihat buku bersama-sama dengan anak, namun orangtua dapat melakukannya dengan menambahkan gerakan tubuh dan intonasi suara yang menarik, sehingga anak termotivasi untuk memperhatikan orangtua. Dengan demikian, membaca buku menjadi kegiatan yang lebih menyenangkan bersama anak.
Manfaat di atas dapat menjadi penguat bahwa kegiatan membacakan buku kepada anak sangat bermanfaat. Cerita perjuangan pahlawan Indonesia dapat dimasukkan dalam list buku yang akan dibacakan kepada anak.Â
Banyak sekali cerita kepahlawanan yang memiliki nilai moral kegigihan. Sebut saja cerita R.A Kartini, Bung Tomo, Sultan Hasanuddin, hingga cerita Soekarno.
Eeiits, pilih waktu yang santai untuk kegiatan membaca ini ya, parents. Jangan lupa, ceritakan dengan gerakan menarik, intonasi yang tepat, dan bahasa yang sederhana, agar kegiatan membaca berjalan maksimal.Â
Gimana parents, apakah tertarik mencoba?
Sekian dulu artikel kali ini. Semoga informasi di atas menambah wawasan kita sebagai orangtua ya. See you on next article, bye.
Sumber:
Haber, A.S., Kumar, S.C., & Corriveau, K.H. (2022) Boosting children's persistence through scientific storybook reading, Journal of Cognition and Development, 23:2, 161-172, DOI: 10.1080/15248372.2021.1998063
Niklas, F., Cohrssen, C., Tayler, C. (2016). The sooner, the better: Early reading to children. SAGE Open. doi:10.1177/2158244016672715Â
Strouse, G. A., Nyhout, A., & Ganea, P. A. (2018). The role of book features in young children's transfer of information from picture books to real-world contexts. Frontiers in Psychology, 9, Article 50. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2018.00050 Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H