Mohon tunggu...
FKIP PCU
FKIP PCU Mohon Tunggu... Guru - Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan - Petra Christian University

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UK Petra menempa calon-calon guru Kristen sebagai ujung tombak dunia pendidikan, memperlengkapi setiap individu dengan kemampuan pedagogik untuk membimbing dan mengajar generasi era digital.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengaruh Teknologi dalam Menciptakan Lingkungan Belajar yang Produktif terhadap Siswa Sekolah Dasar di Indonesia

11 Maret 2024   14:28 Diperbarui: 11 Maret 2024   14:33 286
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Di era sekarang ini, teknologi sangat bergaul erat dengan kehidupan sehari-hari. Salah satu  bidang yang tidak terlepas dari penggunaan teknologi adalah pendidikan. Saat ini, hampir  sebagian besar jenjang pendidikan menggunakan teknologi dalam keberlangsungan proses  pembelajaran. Tidak hanya tingkatan SMP, SMA atau perkuliahan yang mempergunakan  teknologi tetapi anak sekolah dasar juga sudah mempergunakan teknologi dalam proses  pembelajaran.(Maritsa et al., 2021) mendefinisikan teknologi sebagai sarana yang  dipergunakan oleh setiap orang dalam dunia pekerjaan atau pendidikan. Teknologi ini  bertujuan untuk membantu meringankan pekerjaan atau aktivitas yang dilakukan oleh manusia.  

Penggunaan teknologi di Indonesia bahkan di seluruh dunia semakin mengalami peningkatan  karena dipengaruhi oleh salah satu faktor yaitu wabah COVID-19. Akibat COVID-19, seluruh  pelajar harus belajar di rumah secara online untuk mencegah peningkatan penyebaran COVID 19. Di masa ini, para pelajar hanya dapat mengandalkan platform digital untuk mengikuti  proses pembelajaran. (Salsabila et al., 2020); (Astini, 2020) menyatakan bahwa beberapa  platform digital yang dipergunakan oleh para pelajar yaitu Google Classroom, E-Learning,  YouTube, WAG, Edmodo, Zoom, Google Meet yang membantu para pelajar untuk mengikuti  proses pembelajaran selama masa pandemi COVID-19. 

Di tahun 2023 ini, wabah COVID-19 sudah mulai mereda. Meski demikian, penggunaan  teknologi masih tetap berjalan bahkan semakin penting dalam proses pendidikan. Sekarang ini  Indonesia juga sedang mengalami perkembangan teknologi dan hal ini dipengaruhi oleh  peningkatan ilmu pengetahuan yang terjadi di dunia pendidikan (Lestari, 2018). Namun,  meskipun masih dalam tahap perkembangan, teknologi sudah bisa memberikan kontribusi  untuk meningkatkan pengalaman belajar terhadap seluruh pelajar di Indonesia. 

Artikel ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa teknologi mempunyai pengaruh yang spesifik  dalam keproduktifan proses pembelajaran anak sekolah dasar. Seperti yang sudah dijelaskan  sebelumnya, bahwa teknologi digunakan dalam semua jenjang pendidikan. Sekarang ini anak  sekolah dasar sudah mempergunakan teknologi seperti Komputer, Handphone, Smartphone 

dalam proses pembelajaran. Penggunaan teknologi ini, memberikan pengaruh yang sangat baik  dalam proses pembelajaran anak sekolah dasar, seperti memberikan pemahaman yang lebih  sederhana dari materi yang disampaikan oleh guru dan dapat meningkatkan kreativitas  anak melalui penggunaan video, audio, gambar ataupun game. Sehingga proses pembelajaran  anak semakin interaktif dan menumbuhkan rasa nyaman bagi anak dalam mengikuti proses  pembelajaran. 

Menurut (Widyatama, 2013) terdapat 6 pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan yaitu  meliputi keterampilan (skill) dan kompetensi, sebagai infrastruktur pendidikan, sumber bahan 

ajar, alat bantu, fasilitas pendidikan dan manajemen pendidikan. Secara khusus untuk  pendidikan anak sekolah dasar, teknologi dapat mempermudah mereka untuk memahami  materi yang disampaikan oleh guru, mendorong anak untuk memiliki kreativitas serta  memperoleh peningkatan prestasi dibandingkan masa manual (Simanjuntak at al., 2020).  

Selain itu, perkembangan teknologi dalam lingkungan anak sekolah dasar juga melatih siswa  untuk mencari tahu informasi dan ilmu pengetahuan secara mandiri sejak dini. Menurut  (Mar'ah et al., 2020) di era perkembangan teknologi sekarang ini, anak tidak hanya  memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan melalui sosok figur seorang guru saja, tetapi juga  bisa melalui akses yang disediakan oleh teknologi. Hal ini juga memungkinkan murid untuk  mengeksplorasi topik atau pembelajaran yang diminati dan memberikan peluang bagi mereka  untuk belajar sesuai dengan kecepatan masing-masing. 

Dari fakta dan argumen di atas, terdapat lima alasan utama yang ingin saya tekankan mengenai  pengaruh teknologi dalam menciptakan lingkungan yang produktif bagi anak sekolah dasar.  Pertama, kehadiran teknologi dalam dunia pendidikan anak sekolah dasar mempersiapkan  mereka untuk memiliki keterampilan dalam mengoperasikan teknologi sejak usia dini, yang  secara khusus relevan dengan tujuan pendidikan mereka. diharapkan bahwa ini akan  meningkatkan kesiapan mereka dalam menghadapi kemajuan teknologi yang semakin pesat di  tingkat SMP, SMA, dan perguruan tinggi. 

Kedua, pengenalan tentang teknologi sejak sekolah dasar dapat meningkatkan rasa percaya diri anak terhadap pengetahuan mengenai teknologi (Kembuan at al., Jan 2019. Ketiga, dengan  mengetahui teknologi sejak dini, anak-anak dapat mengetahui dampak positif dan negatif  penggunaan teknologi dalam pendidikan. Sehingga anak-anak dapat menjadi pengguna  teknologi yang bijak di masa sekarang dan masa depan. keempat dapat meningkatkan ilmu  pengetahuan dan kreativitas anak dan kelima, dengan pemanfaatan teknologi membuat hidup  anak lebih instan dan efisien (Alia, 2018). 

Namun, meskipun pengaruh teknologi dalam lingkungan sekolah dasar sangat besar, penting  untuk diketahui bahwa penggunaan teknologi pada anak sekolah dasar sangat memerlukan  pengawasan dan pengontrolan dari orang dewasa seperti orang tua atau guru. Hal ini  dikarenakan karena teknologi tidak hanya memperoleh dampak positif tetapi memperoleh  dampak negatif seperti Perubahan perilaku, etika, norma, aturan, atau moral kehidupan (Jamun,  2018). Oleh karena itu, sangat disarankan agar orang tua dan guru dapat mengawasi anak dalam  menggunakan teknologi melalui pembuatan jadwal penggunaan teknologi yang jelas, tidak  memberikan perangkat teknologi pribadi kepada anak sekolah dasar dan lain-lain. Tujuannya  adalah agar tidak terjadi penyalahgunaan teknologi bagi anak.

DAFTAR PUSTAKA 

Alia, (2018). Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi  Digital. Retrieved from https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/639 

Astini, (2020). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar  pada Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from https://e-journal.stkip amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194/125 

Jamun, (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Retrieved from  https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jpkm/article/view/54/40 

Kembuan, E, M. & Irwansyah, (2019). Peran Teknologi Audio-Visual Dalam Perkembangan  Pembelajaran Anak di Sekolah Dasar Karya Anak Bangsa Di Manado. Retrieved from  https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/1311 

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi.  https://www.ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia/article/view/459 

Mar'ah, N, L. Rusilowati, A. Sumarni, W. (2020). Perubahan Proses Pembelajaran Daring Pada  Siswa Sekolah Dasar di Tengah Pandemi Covid-19. Retrieved from  https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/660 

Maritsa, A. Salsabila, U, H. Wafiq, M. Anindya, P, R. Ma'shum, M, A. (2021). Pengaruh  Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Retrieved from  https://media.neliti.com/media/publications/363413-none-deca3688.pdf 

Salsabila,U, H. Lestari, W, L. Habibah, R. Andaresta, O. Yulianingsih, D. (2020). Pemanfaatan  Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. Retrieved from  https://www.academia.edu/download/71949975/pdf.pdf 

Simanjuntak, H. Endaryono, B, T. Balyan (2020). Bakti Peran Teknologi Informasi dalam  Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Retrieved from  https://repository.uhn.ac.id/bitstream/handle/123456789/5080/Bakti%20Peran%20Te knologi%20Informasi%20dalam%20Proses%20Kegiatan%20Belajar%20Mengajar% 20di%20Sekolah%20Dasar.pdf?sequence=1&isAllowed=y 

Widyatama, L. (2013). Peranan dan Dampak Teknologi Informasi dalam Dunia Pendidikan di  Indonesia. Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/268282

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun