Mohon tunggu...
FitriU Naibaho
FitriU Naibaho Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Multimedia = Media "Zaman Now"?

29 Januari 2018   23:58 Diperbarui: 10 Februari 2018   12:00 1262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik


Perkembangan teknologi yang pesat telah memudahkan segala aspek dalam kehidupan manusia. Tak terlepas ranah jurnalistik, keberlangsungan hidup para pegiat media juga bergantung pada teknologi. Perkembangan teknologi informasi membuat cara memproduksi informasi bertambah secara drastis dan beragam. Bagaimana dengan Multimedia? Jika dikaitkan dengan Era Generasi Z ini?

>Berasal dari kata "Multi" dan "Media"

-Multi ; banyak

-Media ; alat yang digunakan untuk merepresentasikan sesuatu atau melakukan hal-hal tertentu, media pengiriman, bentuk dari komunikasi massa seperti koran, majalah hingga televisi. Juga sebagai alat distribusi dan presentasi informasi seperti teks, grafik, audio, foto, musik dan lainnya.

>Definisi Multimedia

Multimedia adalah kombinasi dari teks, grafik, suara, animasi dan video yang dikirimkan secara interaktif kepada pengguna melalui elektronik atau dimanipulasi.

>Elemen Multimedia

 1. Teks

Teks merupakan hal mendasar pada multimedia. Teks secara luas mengandung kata-kata yang mengekspresikan atau menjelaskan sesuatu. Dengan pemilihan kata yang bagus dapat membantu menyampaikan pesan yang dimaksud ke pengguna (keywords) menjadi mudah. Digunakan dalam isi, menu, tombol navigasi.

2. Grafik

Grafik merupakan hasil dari dua figure dimensi atau ilustrasi. Dapat pula diproduksi secara manual (dengan menggambar, melukis, mengukir, dan lainnya) atau dengan teknologi grafis komputer. Selain itu, juga digunakan untuk menunjukkan secara lebih jelas dengan serinci mungkin mengenai segala informasi yang ada (seperti diagram, gambar).

3. Audio                              

Diproduksi melalui vibrasi, seperti yang dirasakan oleh indera pendengaran. Pada multimedia, audio dapat berbentuk dari pidato, efek suara dan juga skor musik.

4. Animasi

Animasi merupakan ilusi gerak yang diciptakan oleh tampilan gambar elemen statis yang berurutan. Dalam multimedia, animasi digunakan untuk lebih meningkatkan atau memperkaya pengalaman pengguna untuk lebih memahami informasi yang disampaikan kepada mereka.

5. Video

Merupakan teknologi menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan, dan merekonstruksi gambar bergerak. Video lebih mengarah pada gambar asli photo atau rekaman asli dibandingkan dengan animasi. Video juga membutuhkan banyak ruang penyimpanan. Sehingga sebaiknya pengguna diharapkan untuk merencanakan dengan seksama sebelum menggunakannya.

>Applications of Multimedia

Multimedia dapat ditemukan pada berbagai variasi aplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Seperti iklan, seni, Pendidikan, teknisi, kesehatan, matematika, bisnis, penelitian sains dan aplikasi duniawi.

Beberapa aplikasi pada multimedia di bawah ini :

  • Industri Kreatif. Industri Kreatif menggunakan Multimedia dengan tujuan yang bervariasi mulai dari seni rupa, hiburan, seni komersial, jurnalisme, media dan perangkat lunak yang disediakan.
  • Komersial. Komersial memanfaatkan media elektronik baik lama maupun baru dengan megkombinasikannya dengan multimedia. Iklan merupakan unsur penting dalam sebuah perusahaan, maka dalam pelaku industri kreatif menggunakan kesempatan emasnya yaitu sebuah peresentasi yang menarik.  Komunikasi industri, bisnis ke bisnis, dan antar kantor sering dikembangkan oleh perusahaan jasa kreatif untuk presentasi multimedia tingkat lanjut. Pengembangan multimedia komersial dapat disewa untuk merancang layanan pemerintah dan aplikasi layanan nirlaba sebagaimana mestinya.
  • Entertainment and Fine Arts. Multimedia banyak digunakan pada industri hiburan, terutama untuk mengembangkan efek spesial pada film dan animasi. Permainan multimedia adalah hobi yang populer dan merupakan program perangkat lunak yang tersedia baik sebagai CD-ROM atau online. Beberapa video game juga menggunakan fitur multimedia. Aplikasi multimedia yang memungkinkan pengguna untuk berpartisipasi secara aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi disebut Multimedia Interaktif.  
  • Education. Dalam bidang Pendidikan, multimedia digunakan untuk menghasilkan kursus pelatihan berbasis komputer (atau yang sering disebut CBT) dan buku referensi seperti ensiklopedi dan almanak. CBT memungkinkan pengguna membaca serangkaian presentasi, teks tentang topik tertentu, dan ilustrasi terkait dalam berbagai format informasi. Edutainment adalah istilah informal yang digunakan untuk menggambarkan penggabungan pendidikan dengan hiburan, terutama hiburan multimedia.
  • Engineering. Insinyur perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam Simulasi Komputer untuk segala hal mulai dari hiburan hingga pelatihan seperti pelatihan militer atau industri. Multimedia untuk antarmuka perangkat lunak sering dilakukan sebagai kolaborasi antara profesional kreatif dan insinyur perangkat lunak.
  • Industry. Pada sektor Industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk membantu menyajikan informasi kepada para pemegang saham, atasan dan rekan kerja. Multimedia juga sangat membantu untuk menyediakan pelatihan, periklanan dan penjualan produk di seluruh dunia melalui teknologi berbasis web yang tak terbatas.
  • Mathematical and Scientific Research. Dalam Riset Matematika dan Ilmiah, multimedia terutama digunakan untuk pemodelan dan simulasi Misalnya, ilmuwan bisa melihat model molekuler dari zat tertentu dan memanipulasinya untuk sampai pada substansi baru. Penelitian representatif dapat ditemukan di jurnal seperti Journal of Multimedia.
  • Medicine. Bidang Kedokteran, dokter bisa dilatih dengan melihat operasi maya atau mereka. Bisa disimulasikan bagaimana tubuh manusia terkena penyakit yang menyebar oleh virus dan bakteri kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.
  • Multimedia in Public Places. Dewasa ini, multimedia mulai menjamur dan mudah ditemukan. Di hotel, stasiun kereta api, pusat perbelanjaan, museum, dan toko kelontong, multimedia bahkan tersedia di terminal atau kios yang berdiri sendiri. Hal tersebut membuat medium penyampaian informasi tradisional kini mulai ditinggalkan. Kini semua telah tersedia pada layar smartphone kita. Daftar kios hotel di dekat restoran, peta-peta kota, jadwal penerbangan pesawat, hingga fitur check in dan check out mandiri.

    -Sempatkan untuk menyimak video ini ya!-

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun