Mohon tunggu...
Fitrianingsih
Fitrianingsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar mahasiswa

saya memiliki kepribadian yang ramah, dan suka menolong orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Teori ley vygotsky dan piaget tentang perkembangan sosial dan kognitif

18 Januari 2025   11:17 Diperbarui: 18 Januari 2025   11:17 17
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

1.Teori Lev Vygotsky

Perkembangan Sosial dan Kognitif

Zona Perkembangan Proksimal (ZPD)

Vygotsky percaya bahwa anak belajar paling efektif dalam Zona Perkembangan Proksimal. ZPD adalah jarak antara kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas sendiri (tanpa bantuan) dan kemampuan mereka saat mendapatkan bantuan dari orang lain yang lebih ahli (guru, teman sebaya, atau orang tua).

Peran Interaksi Sosial

Vygotsky menekankan bahwa interaksi sosial adalah inti dari perkembangan kognitif. Anak memperoleh keterampilan dan pemahaman baru melalui kolaborasi dengan orang lain, terutama dalam konteks budaya dan sosialnya.

Bahasa sebagai Alat Utama

Bahasa adalah alat utama dalam perkembangan kognitif. Melalui dialog dengan orang lain, anak belajar berpikir, memecahkan masalah, dan menginternalisasi pengetahuan.

Scaffolding

Proses bimbingan yang diberikan oleh orang dewasa atau teman sebaya disebut scaffolding. Bimbingan ini secara bertahap dikurangi seiring dengan meningkatnya kemampuan anak untuk menyelesaikan tugas secara mandiri.

Intinya:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun