Mohon tunggu...
Fitria Siti Nurhamidah
Fitria Siti Nurhamidah Mohon Tunggu... Lainnya - Universitas Bina Insani

Tugas Komunikasi Bisnis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pemahaman Konsep Pesan Persuasi

26 Agustus 2021   05:05 Diperbarui: 26 Agustus 2021   05:09 285
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tugas Kelompok 3 Komunikasi Bisnis 

Nama Kelompok : 

Fikrotun Hannisa Fauzia  2020130015

Fitria Siti Nurhamidah 2020130025

Intan Yepana  2020130009

Iqbal Soni Sapuetro 2020120012

Dosen: Dr. Reimond Hasangapan Mikkael Napitupulu, M.M

Hallo semua disini kelompok 3 akan berbagi ilmu mengenai konsep pesan persuasi tanpa basa - basi yuk kita bahas........

Komunikasi sangatlah berperan penting bagi kita. loh ko kenapa sangat berperan penting ya? jelaslah sangat berperan penting karena dapat memudahkan kita untuk berinterikasi dengan sesama komunikasi juga yang dapat membuat kita mencapai berbagai tujuan.  

Dalam berkomunikasi kita harus memiliki strategi untuk dapat menyampaikan pesan  yang membuat orang lain terpengaruh atau kata lainnya tertarik dan yakin dengan apa yang kita sampaikan yang di sebut dengan Persuasi. 

Proses penyampaian pesan persuasi pada komunikasi bisnis diantaranya merencanakan, menyusun serta melengkapi pesan persuasi yang ditujukan. Teknik dalam menyampaikan pesan persuasi sangatlah menarik.

Pertama, kalian harus menarik perhatian audiens agar tertarik dengan pesan yang disampaikan dengan penggunaan gambar, warna yang eye-catching, penampilan headline dan keseluruhan layout teks jika berupa iklan atau presentasi. 

Sedangkan, jika pesan persuasinya dilakukan secara  langsung maka kita harus menarik perhatian audiens melalui intonasi suara, bahasa tubuh dan sikap yang meyakinkan.

Kedua, setelah mendapatkan perhatian audiens kita harus melihat karakteristik apa yang audiens inginkan atau butuhkan dengan memberikan pilihan dan membantu audiens untuk menerima pesan dengan menjelaskan manfaat yang audiens dapatkan secara profesional sehingga dapat menentukan tindakan sesuai yang di inginkan dengan pendekatan logis secara rasional.

Ketiga, menggunakan daya tarik emosional dengan bahasa yang menyentuh emosi audiens dan menunjukkan kredibilitas pesan yang kita sampaikan.

Keempat, mencegah keluhan audiens seperti menyampaikan pesan secara transparan kelebihan dan kekurangan dengan berbagai macam pilihan yang audiens akan tentukan.

Pesan persuasi memiliki manfaat  yaitu kita dapat mengasah kemampuan berkomunikasi dengan memberikan kpntribusi yang baik untuk orang lain, mengasah selling skill yang kita miliki sehingga kita dapat menyampaikan pesan secara benar dan terpercaya dengan fakta yang akurat sehingga orang lain tertarik atau berubah pikiran dalam pengambilan keputusan audiens.

Sedangkan kegunaan pesan persuasi dalam komunikasi bisnis adalah dapat mempengaruhi pendapat orang lain menggunakan bagian dari kepercayaan melalui pendekatan, validasi, dan kemampuan komunikator

Referensi (1)

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun