Era digital saat ini telah membuka banyak peluang bagi tiap orang untuk mendapatkan pundi-pundi penghasilan melalui berbagai platform.
Salah satunya dengan berjualan secara online melalui sosial media, e-commerce, atau online shop.
Meningkatnya transaksi penjualan berbasis online, terutama sejak era pandemi COVID-19, tentu tidak akan terwujud tanpa didukung adanya layanan ekspedisi yang terpercaya dalam mengantarkan barang dari penjual ke pembeli.
Di antara persaingan antar perusahaan ekspedisi yang kompetitif, secara membanggakan JNE kembali dianugerahi penghargaan bergengsi, yaitu Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service yang diselenggarakan oleh Markplus Inc.
JNE Memenuhi Kriteria WOW Marketing Philip Kotler
Prof. Philip Kotler, Father of Modern Marketing, menjelaskan bahwa WOW Marketing adalah cara membuat pelanggan merasakan sensasi yang luar biasa terhadap produk atau layanan suatu brand sehingga mereka berujar "WOW!".
WOW Marketing juga merujuk tentang bagaimana sebuah brand mampu melakukan pemasaran yang berbeda untuk dapat terus menang dalam kompetisi di era teknologi.
Berdasarkan kriteria tersebut, MarkPlus Insight telah menyelenggarakan survei Indonesia WOW Brand 2023 terhadap 6.584 responden di beberapa kota besar di Indonesia.
Dari hasil survey tersebut JNE terpilih sebagai WOW Brand Festive Day 2023 untuk kategori courier service.
JNE telah berhasil menerapkan WOW Marketing dilihat dari skor rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi daripada merek lain di industri yang sama.
JNE dinilai berhasil menjadi juara karena menerapkan WOW Marketing berdasarkan skor Rasio advokasi merek dan tingkat awareness tertinggi dari merek – merek lain di Industri sejenis.
Artinya di era konektivitas saat ini, di mana proses pengambilan keputusan pelanggan sudah tidak hanya dipengaruhi diri sendiri, melainkan juga dipengaruhi secara sosial, JNE berada di top of mind masyarakat Indonesia.
Komitmen JNE Dalam Memberikan Manfaat
Penghargaan WOW Brand 2023 tersebut diberikan langsung oleh Jacky Mussry sebagai Chief Executive Officer MarkPlus, Inc. kepada Kurnia Nugraha, selaku Head of Media Relation JNE Express di Hotel The Westin, Jakarta, 11 Mei 2023.
Pada kesempatan tersebut Kurnia Nugraha, Head of Media Relation JNE mengungkapkan rasa syukur atas penghargaan istimewa tersebut.
“Mewakili seluruh karyawan dan manajemen JNE, kami mengucapkan terima kasih sebesar – besarnya kepada MarkPlus, Inc. dan MarkPlus Insight atas penghargaan Gold Champion Indonesia WOW Brand 2023 dalam kategori Courier Service”.
Perlu diketahui nih bahwa acara penghargaan Indonesia WOW Brand 2023 merupakan bagian dari rangkaian acara WOW Brand Festive Day, sebuah festival marketing terbesar bagi brand enthusiast di Indonesia.
Acara tersebut turut juga menghadirkan banyak pakar brand ternama untuk berbagi ilmu seputar brand dan marketing.
Adalah suatu kebanggaan JNE mampu memperoleh penghargaan bergengsi tersebut.
Selanjutnya, masih dalam acara penghargaan Indonesia WOW Brand 2023, Kurnia berekesempatan mengisi sharing session bertema “Boost Affinity by Brand Collaboration”.
Kurnia memaparkan strategi JNE dalam membangun kolaborasi dengan berbagai komunitas bisnis kreatif, bahkan sport, untuk membesarkan ekosistem bisnisnya.
Ia menambahkan bahwa JNE didirikan dengan tujuan utama agar membawa manfaat seluas-luasnya bagi sebanyak mungkin orang.
Hal tersebut sesuai dengan tagline JNE yaitu, connecting happiness.
“Oleh karena itu, penghargaan ini menjadi motivasi seluruh manajemen dan karyawan untuk terus menjalankan performa kerja yang prima, dan melanjutkan komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan bisnis. Kami berharap berbagai program dan langkah JNE, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas,” ujar Kurnia.
33 Tahun JNE Menghubungkan Kebahagiaan Masyarakat Indonesia
PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir atau yang kita kenal dengan JNE merupakan perusahaan yang berdiri pada tahun 1990 sebagai perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian.
Artinya sudah 33 tahun JNE menjalankan komitmetnnya dalam connecting happines, atau menghubungkan kebahagiaan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia dengan berbagai inovasi layanan ekspedisinya.
Seiring perkembangan dunia usaha dan gaya hidup masyarakat menjadikan JNE terus berimprovisasi dengan memperluas bidang usahanya hingga jasa pengiriman makanan khas daerah (PESONA), jasa kepabeanan, penjemputan di bandara, dan pengiriman uang/money remittance.
JNE juga memanfaatkan teknologi demi meningkatkan kualitas layanannya dengan cara terhubung dengan sistem komunikasi online, penggunaan website untuk memungkinkan pelanggan mengetahui status terkini pengiriman paket atau dokumen, hingga alat komunikasi satelit.
Sampai saat ini titik-titik layanan JNE telah mencapai di atas 86.000 lokasi dan masih terus bertambah, dengan jumlah karyawan lebih dari 50,000 orang.
Kehandalan dan komitmen JNE ini terbukti dengan diraihnya berbagai bentuk penghargaan serta sertifikasi ISO 9001:2008 atas sistem manajemen mutu.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H