CRITICAL REVIEW
Judul
TERPAAN IKLAN MENDORONG GAYA HIDUP KONSUMTIF MASYARAKAT URBAN.
Penulis
Olih Solihin.
Publikasi
Jurnal Ilmu Politik, dan Komunikasi Volume, V No. 2 / Desember 2015.
Preview
- Fitriani
- Putri Astina Rohmiati
NIM
- FEBI.11.21.009
- FEBI.11.21.019
Dalam Jurnal Utama, Olih Solihin mengartikan iklan sebagai pesan tentang produk atau jasa (sesuatu) yang dihasilkan oleh seniman atau inovator dan disebarluaskan kepada masyarakat umum melalui media cetak, audio, atau elektronik. Tujuan periklanan adalah untuk merangsang minat masyarakat untuk membeli atau menggunakan barang atau jasa tersebut. Sederhananya, periklanan adalah suatu pesan yang menjangkau khalayak yang lebih luas dengan menggunakan suatu media untuk menjual suatu produk. Sementara itu, Retno Hendariningrum dalam penelitiannya menjelaskan bahwa definisi sosiologi yang terbatas mendefinisikan gaya hidup sebagai cara hidup yang lazim dalam suatu masyarakat tertentu (Featherstone, 2001). Sedangkan sikap, moral, jumlah pendapatan, dan kedudukan sosial seseorang ditentukan oleh gaya hidupnya dalam budaya masa kini (Chaney, 2004).
Dalam lingkungan saat ini, pernyataan ini menunjukkan kemandirian, ekspresi diri, dan kesadaran gaya. Orang-orang percaya bahwa pilihan unik seseorang terhadap makanan dan minuman, preferensi rumah dan mobil, pola bicara, bahasa tubuh, dan bahkan sumber informasi yang mereka pilih untuk dikonsultasikan semuanya mencerminkan selera dan selera gaya mereka yang unik.