Apakah Strategi Pemasaran Jasa dan Produk Bisa disamakan?
Menurut saya Strategi pemasaran jasa dan produk tentu saja berbeda. Keduanya memiliki karakteristik dan pendekatannya masing-masing. Oleh karena itu mereka tidak bisa menggunakan strategi pemasaran yang sama.Â
- Strategi pemasaran jasa Â
Dalam menjalankan bisnis di bidang jasa, akan mebutuhkan suatu strategi
pemasaran juga. Pembisnis perlu mengetahui perbedaan pemasaran yang menawarkan jasa dengan strategi pemasaran bisnis yang menawarkan produk atau barang, untuk menentapkan strategi pemasaran yang akan digunakan. Usaha dibidang jasa biasanya memberikan pelayanan kepada konsumen dengan berhubungan secara langsung. Oleh karena itu usaha di bidang jasa ini dapat mengukur keberhasilan strategi pemasaran yang digunakan dengan tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen. Untuk menghasilkan jasa yang dapat memenuhi konsumen dengan optimal.
Adapun 5 strategi pemasaran jasa yaitu:Â
1) Memberikan pelayanan secara efisien. Dengan memberikan pelayanan yang cepat dan tepat sesuai dengan keinginan konsumen, secara tidak langsung hal tersebut dapat mempengaruhi konsumen untuk kembali lagi menggunakan jasa yang kita tawarkan. Karena pada umumnya, Konsumen tidak suka jika menunggu terlalu lama akan pelayanan yang mereka butuhkan.
2) Peran karyawan dalam melayani konsumen dengan baik termasuk daya tarik tersendiri oleh konsumen. Karena citra perusahaan ditentukan oleh kinerja karyawan.
3) Penentuan harga yang ditawarkan sebaiknya disesuaikan dengan manfaat yang diperoleh konsumen dari produk jasa yang diberikan.
4) Penggunaan perkembangan teknologi serta inovasi untuk dapat menghasilkan produk jasa yang mampu memberikan suatu kepuasan yang lebih bagi konsumen. Jika teknologi yang digunakan semakin canggih maka semakin cepat pula pelayanan yang akan diberikan untuk konsumen.
5) Menyesuaikan dengan budaya yang berkembang karena budaya yang berkembang saat ini akan mempengaruhi peluang akan pasar jasa. Membangun strategi pemasaran perlu dilakukan agar produk jasa yang
ditawarkan dapat tersampaikan kepada konsumen. Konsumen dapat memahami produk yang ditawarkan sehingga konsumen dapat memilih apakah produk jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan saat ini atau tidak. Dengan strategi pemasaran jasa, pemilik jasa juga mengetahui target konsumen yang akan dituju, tools yang akan digunakan, dan menyesuaikan anggaran yang akan digunakan.
- Strategi Pemasaran Produk
Adapun jenis-jenis metode pemasaran produk adalah sebagai berikut:
1. Point of Purchase
Salah satu jenis strategi pemasaran produk adalah Point of Purchase (POP) yang dilakukan dengan menempatkan iklan di dekat barang atau jasa promosi. Adapun tujuan dari penerapan point of purchase adalah untuk membantu konsumen dalam memilih produk yang hendak dibeli.
2. Internet Marketing
Jenis metode pemasaran produk berikutnya adalah internet marketing. Saat ini, metode pemasaran satu ini cukup banyak digunakan oleh pelaku usaha. Pasalnya, melalui jejaring internet, pelaku usaha dapat menjangkau konsumen yang lebih luas.
Di samping itu, internet juga menjadi media yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan, sehingga jenis strategi pemasaran satu ini dianggap cukup efektif.
3. Â Earned Media
Jenis metode pemasaran produk  Earned media yang dilakukan dengan menawarkan barang atau jasa secara tidak langsung.
Dalam hal ini, penjual bisa membangun brand serta membentuk citra yang baik melalui media sosial.
4. Direct Selling
Terakhir, jenis strategi pemasaran produk adalah direct selling atau disebut juga dengan istilah pemasaran langsung.
Seperti namanya, jenis strategi ini dilakukan dengan menjual produk secara langsung kepada pelanggan. Adapun caranya adalah dengan mendatangi rumah setiap konsumen yang ditargetkan.
Bagaimana Hubungan Antara Bauran Pemasaran Dengan Strategi Pemasaran Perusahaan
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah kombinasi dari elemen-elemen pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan pemasarannya, yang  Ini terdiri dari :
- Â produk
- Â harga
- Â distribusi (tempat)
- Â promosi
Adapun Strategi pemasaran perusahaan melibatkan pemilihan dan pengaturan bauran pemasaran ini untuk mencapai tujuan jangka panjang perusahaan, seperti peningkatan penjualan, penetrasi pasar, atau membangun citra merek. Jadi, bauran pemasaran adalah bagian integral dari strategi pemasaran perusahaan, yang membantu dalam menentukan cara perusahaan berinteraksi dengan pasar dan konsumennya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H