Mohon tunggu...
Fitri Amaliah
Fitri Amaliah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa MBS

Hoby berbisnis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pentingnya Manajemen Pemasaran dalam Dunia Bisnis

21 Maret 2024   00:26 Diperbarui: 21 Maret 2024   00:28 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

1. Mengapa Manajemen  Pemasaran Sangat Penting dalam Dunia Bisnis?

Dalam setiap usaha bisnis, pemasaran memegang peran yang cukup penting bagi kelangsungan usaha bisnis yang bersangkutan. Sebuah usaha bisnis dengan hasil prodak yang biasa saja bisa jadi sukses hanya karena strategi pemasaran perusahaan terkait yang cukup handal, bgitupun sebaliknya sebuah usaha bisnis dengan produk yang cukup berkualitas pun tidak akan mengalami penjualan yang maksimal jika tidak dilakukan upaya pemasaran yang baik terhadap para konsumen. 

pemasaran merupakan strategi bisnis yang sangat penting untuk mencapai keberhasilan dalam bisnis. Dengan menerapkan praktik terbaik dan mengikuti tren terkini, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan konsumen, mencapai target pasar, dan mempertahankan pelanggan setia. 

Dan pemasaran bagi suatu perusahaan dianggap sangat penting karena untuk memberikan semacam layanan penjualan yang di butuhkan para konsumen. Dan menjadi sistem total dari kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan  dan mendistribusikan barang yang dapat memuaskan keinginan  dan kebutuhan beserta jasa yang baik pada konsumen saat ini. 

2. Ruang Lingkup dalam Pemasaran

Pemasaran menurut para ahli, ruanglingkupnya terbatas pada bidang bisnis saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman saat ini aktivitas pemasaran tidak hanya dalam lingkup dunia bisnis , tetapi sudah melebar ke berbagai dimensi lain. Para pelaku pemasaran melaksanakan usaha pemasaran dari beberapa di antaranya:

1. Organisasi 

2. Pasar 

3. Produk

4. saluran distribusi

5. penentuan harga

6. Promosi dan periklanan

 Dan juga pemasaran melibatkan berbagai proses dalam tahap pelaksanaannya produsen harus mencari pembeli  dan mengidentifikasi apa yang menjadi kebutuhan mereka, merancang produk dan jasa bagi mutunya, menetapkan harga atas produk atau jasa tersebut.

3. Konsep-Konsep dasar dalam pemasaran

Konseppemasaran adalah filosofi yang mendorong perusahaan untuk mengembangkan produk atau layanan berdasarkan kebutuhan dan preferensi pasar. Jadi, strategi yang di jalankan oleh perusahaan akan dirancang dan doterapkan oleh perusaahaan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan memaksimalkan keuntungan , memuaskan kebutuhan pelanggan serta mengalahkan pesaing bisnis mereka. Jika dijalankan dengan baik secara konsisten, maka konsep ini dapat membantu perusahaan untuk memperoleh keuntungan jangka panjang. 

Konsep pemasaran ini memiliki 5 konsep utama, yaitu:

  • Konsep produksi (production), merupakan salah satu konsep paling awal di mana perusahaan berfokus pada efisiensi proses produksi.
  • Konsep produk (Product), pada konsep ini ada gagasan bahwa konsumen akan menyukai produk dengan kualitas kinerja yang baik. Hal ini menunjukan bahwa pelanggan akan mencari alternatif yang inovatif dan selalu mencari yang terbaik dari apa yang saat ini tersedia di pasar.
  • Konsep penjualan (Selling),  yaitu perusahaan dapat mengembangkan suatu produk dan menjualnya ke target market tanpa mempertimbangkan kebutuhan atau keinginan konsumen. 
  • Konsep pemasaran ( Marketing ),  perusahaan yang mempercayai konsep pemasaran ini, akan menempatkan konsumen sebagai fokus utama mereka.  mereka akan memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginana konsumen serta menjalankan strategi pasar sesuai dengan risert pasar mulai dari konsepsi produk hingga penjualan. 
  • Konsepsi pemasaran sosial ( Societal Marketing),  Saat melaksanakan konsep ini maka perusahaan diminta untuk memperhatikan tiga hal sebelum menetapkan kebijakan pemasaran. yaitu  keuangan perusahaan, kepuasan dan keinginan konsumen, kepentingan publik atau masyarakat.

4. Perubahan dalam Manajemen Pemasaran 

Manajemen pemasaran telah mengalami banyak perubahan selama bertahun-tahun, namun perubahan yang sangat menonjol adalah cara periklanan dan promosi. pada awalnya pemasaran di dominasi oleh media cetak, seperti majalah dan surat kabar. Namun seiring dengan semakin banyaknya orang yang menjadi konsumen online, platform online, menjadi lebih efektif dalam menjangkau pelanggan. Sehingga para produsen semakin bergantung pada teknologi digital untuk menjangkau target mereka.

Perilaku para konsumen terhadap suatu produk yang lebih banyak di pengaruhi oleh beberapa faktor seperti:

  • keinginan para konsumen 
  • faktor kebutuhan
  • faktor keyakinan 
  • faktor motivasi

Sedangkan untuk perkembangan zaman akibat dari berbagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memang sangatlah cepat dalam mengubah kehidupan secara umum dan berbagai perilaku konsumen secara khusus. Oleh karena itu sangat penting untuk  menyesuaikan bisnis  dengan berbagai perubahan strategi marketing yang lebih cocok di gunakan untuk saat ini. Dan untuk era digitalisasi saat ini yang menjadikan dunia maya menjadi semakin lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari. Dan mau tidak mau terhadap strategi marketing yang berubah menjadi menggunakan media-media digital.  

Ada beberapa perubahan dari strategi marketing yang sudah terjadi untuk saat ini , yaitu:

  • Perubahan pusat informasi
  • Perubahan terhadap jenis media
  • Perubahan terhadap brand ambassador
  • Perubahan community talks
  • Perubahan cara untuk berkomunikasi dalam dunia marketing

5. Tugas dari manajemen pemasaran 

Marketing manajer adalah pemimpin semua kampanye pemasaran perusahaan dan mengatur semua strategi pemasran dibuat. Merencanakan, mengarahkan, atau mengkoordinasi kebijakan dan program pemasaran, antara lain melihat permintaan untuk produk dan jasa yangditawarkan oleh perusahaan dan pesaingnya serta mengidentifikasi pelanggan potensial. Berikut tugas pokok manajemen pemasran yang perlu diketahui:

1. Menganalisis peluang pasar
2. Perencanaan kegiatan pemasaran
3. Menyelenggarakan kegiatan pemasaran
4. Mengkoordinasi dan memotivasi karyawan
5. Mengevaluasi dan mengontrol aktivitas pemasaran
6. Konsep produksi
7. Konsep produk
8. Konsep berjualan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun