Mohon tunggu...
Fitri NurAini
Fitri NurAini Mohon Tunggu... Freelancer - tadris matematika

IAIN Tulungagung

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Pancasila bagi Generasi Muda

2 November 2019   16:09 Diperbarui: 22 Juni 2021   19:45 37660
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Memahami Pentingnya Pendidikan Pancasila bagi Generasi Muda (unsplash/nick-agus-arya)

Abstrak

   Artikel ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pentingnya pendidikan pancasila bagi generasi muda. Sasaran utamanya adalah generasi muda yang melanggar kaidah pancasila. 

Pengumpulan data diperoleh dengan cara mengumpulkan bahan-bahan kepustakaan, membaca serta menganalisis segala sesuatu yang sesuai dengan tema yang  di peroleh dari buku literature dan jurnal terkait.

   Hasil analisis menunjukkan bahwa di era teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat, banyak generasi muda yang bertidak tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila karena rendahnya kesadaran yang ada pada diri mereka.Sehingga generasi muda perlu adanya pendidikan pancasila.

Karena generasi muda diharapkan mampu menjadi penerus bangsa yang mampu menanamkan serta menerapkan nilai-nilai pancasila.

Hal yang mendukung tercapainya harapan tersebut adalah dengan adanya pendidikan pancasila yang memberikan pengembangan serta pengetahuan untuk generasi muda supaya memiliki karakter yang unggul serta mempunyai akhlak yang baik.

Selain itu dengan adanya pendidikan pancasila mampu menumbuhkan kesadaran pada pribadi generasi muda dalam berpegang teguh pada kebudayaan yang sesuai dengan kaidah pancasila.Sehingga generasi muda mampu membawa perubahan bagi bangsa Indonesia menuju kearah yang lebih baik.

Kata kunci :Pendidikan pancasila, nilai-nilai pancasila, generasi muda

Baca juga : Pancasila sebagai Sistem Filsafat dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara di Lingkungan Kampus

  • Pendahuluan
  •      Di zaman yang seperti sekarang ini, penanaman makna serta nilai-nilai pancasila harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Agar keberadaannya tidak hanya dijadikan sebagai symbol semata.Karena generasi muda saat ini sudah mengenal adanya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat.
  • Hal tersebut berdampak buruk karena generasi muda di era sekarang banyak yang mengikuti kebudayaan luar tanpa menyaring kebudayaan tersebut sesuai dengan kaidah pancasila.
  • Dengan adanya pendidikan pancasila yaitu agar generasi muda tidak tercabut dari akar budayanya sendiri dan agar mereka memiliki pedoman atau kaidah penuntun dalam berpikir serta bertindak dalam kehidupan sehari-hari dengan berlandas makna serta nilai-nilai Pancasila.
  • Pancasila diharapkan dapat menjadi pedoman hidup bagi manusia, baik bermasyarakat, bernegara maupun berbangsa.Sehingga dalam berperilaku serta bersosialisasi antar sesama manusia, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus dilandasi oleh Pancasila yang dijadikan landasan dalam berprilaku.
  • Pancasila juga dijadikan pedoman berbagai kehidupan, baik itu yang berkaitan dengan social, budaya, ekonomi dan lainnya.Sehingga segala sesuatu yang dilakukan diharapkan tidak melenceng atau sesuai dari aturan yang telah ditetapkan sesuai dengan Pancasila.
  • Generasi muda kurang memiliki nilai kesadaran, oleh sebab itu banyak yang bertindak tidak sesuai dengan kaidah pancasila. Untuk mengatasi hal tersebut, perlu adanya pendidikan pancasila supaya generasi muda di era sekarang mampu menyaring kebudayaan luar yang tidak sesuai dengan kaidah  pancasila.

Baca juga : Pancasila sebagai Dasar Hidup Bangsa dan Negara dalam Kesatuan Bhinneka Tunggal Ika

  • Metodologi Penelitian
  • Jenis penelitian
  • Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara mengumpulkan bahan-bahan kepustakaan, membaca serta menganalisis segala sesuatu yang bersesuaian dengan tema yaitu pentingnya pendidikan pancasila bagi generasi muda.
  • Teknik pengumpulan data
  • Untuk teknik pengumpulan data di peroleh membaca buku literature dan jurnal terkait.
  • Teknik analisis
  • Untuk teknik analisis yaitu dengan mengambil inti dari suatu gagasan sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan, dan dengan cara menguraikan dari suatu permasalahan.
  • Sasaran
  • Sasaran utama dari artikel ini adalah generasi muda.
  • Hasil dan Analisis
  • Pendidikan pancasila
  •           Pancasila merupakan hasil dari buah pemikiran bangsa atau dapat disebut dengan Ideologi bangsa.Pancasila dikatakan sebagai pandangan hidup, karena pancasila merupakan suatu ide yang menjadi cita- citasuatu bangsa.
  • Nilai-nilai pancasila yang di pandang sebagai pandangan hidup bangsa sebenarnya sudah terwujud dalam kehidupan bermasyarakat sebelum Pancasila dirumuskan menjadi dasar negara Indonesia. 
  • Sejak zaman dahulu, wilayah di nusantara ini mempunyai beberapa nilai yang dipegang teguh oleh masyarakatnya, seperti: Percaya kepada Tuhan dan toleran, gotong royong, musyawarah, solidaritas atau kesetiakawanan sosial, dan sebagainya.
  •           Pancasila memiliki semboyan yaitu Bhinneka Tunggal Ika, semboyan tersebut tidak dapat dipisahkan dari bangsa Indonesia yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, yang tertulis dalam kitabnya Empu Tantular: "Bhinneka Tunggal Ika Tan Hana Darma Mangrwa". Yang menunjukan bahwa Pancasila adalah alat pemersatu keanekaragaman Negara Indonesia ini, multikultural dan juga pluralisticbangsa Indonesia.
  •           Pancasila memiliki lima butir yang harus di teladani, setiap butir memiliki makna serta nilai-nilai penting yang harus di amalkan bagi seluruh masyarakat dalam kehidupannya sehari-hari. Penjabarannya sebagai berikut :
  • Sila pertama : Ketuhanan yang Maha Esa
  •             Sila ini dikatakan nilai pancasila yang tertinggi karena menyangkut nilai yang bersifat mutlak.Seluruh nilai kebaikan diturunkan dari nilai sila pertama ini, suatu berbuatan tidak dapat dikatan baik jika nilai atau tindakan bertentangan dengan nilai dan kaidah hukum Tuhan.Jadi sila ini mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan sehari-hari
  • Sila kedua : Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
  •             Sila ini mempunyai arti bahwa manusia diakui dan diperlakukan sesuai dengan harkat dan martabadnya sebagai makhluk tuhan yang maha Esa, yang sama drajatnya, tidak dibedabedakan dengan yang lain atau disebut tidak ada diskriminsi antar umat.
  • Sila ketiga : Persatuan Indonesia
  •             Sila ini mempunyai arti bahwa suatu perbuatan dikatakan baik apa bila dapat memperkuat persatuan dan kesatuan antar umat. Dalam sila persatuan ini, bangsa Indonesia harus dapat memahami keanekaragaman bangsa, baik dari budaya, suku, bahasa, ras, serta agama.Arti dari persatuan merupakan satu, yang berarti bulat tidak terpecah belah.Kalau di era sekarang bisa dikatakan sebagai nasionalisme.

Baca juga : Pancasila Sebagai Paradigma Pembangunan

  • Sila keempat : Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat, kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  •             Sila ini mempunyai arti bahwa Negara Indonesia disebut Negara demokrasi. Harapnya yaitu akan diperoleh suatu makna yang akurat serta meiliki nilai filosofis yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata atau secara langsung dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam sila in uga dijadikan suatu acuan setiap langkah pemerintah dalam menjalankan setiap tindakannya.
  • Sila kelima : Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
  •             Berdarkan ketetapan MPR RI No.VII/MPR/2001 tentang visi Indonesia depan Bab IV, khusus dalam bidang religius, bahwa untuk mengukur tingkat keberhasilan perwujudan Visi Indonesia 2020 memerlukan beberpa indikator. Adapun indikator yang dimaksud adalah sebagai berikut:
  • 1) Terwujudnya masyarakat yang beriman dan bertakwa, serta mempunyai akhlak yang mulia, khususnya yang bersifat universal dan nilai-nilai luhur, terutama kejujuran dan dapat diamalkan dalam prilaku kesehariannya;
  • 2) Terwujudnya toleransi antar umat
  • 3) Terwujudnya penghormatan terhadap martabat manusia.
  • Oleh sebab itu, maka pendidikan pancasila sangatlah penting bagi generasi muda supaya mereka dapat terbentuk karakter yang unggul serta mempunyai akhlak yang baik.

Tantangan yang dihadapi

Adapun tantangan yang dihadapi antara lain :

Makna serta nilai-nilai pancasila masih belum diimplementasikan secara baik. Karena pancasila hanya dipandang sebagi symbol saja, tanpa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam kehidupan kenegaraan maupun kehidupan bermasyarakat.

  • Dalam kehidupan masyarakat, khususnya pada generasi muda di era globalisasi masih terpengaruh dengan nilai-nilai budaya luar kemudian mereka mengikutinya sehingga banyak perilaku maupun sikapnya yang tidak sesuai dengan nilai-nilai yang ada dalam pancasila.
  • Penurunan nilai nasionalisme di kalangan generasi muda saat ini.
  • Mulai berkembang faham keagamaan yang idak memandang nilai-nilai nasionalisme bangsa Indonesia. Pendukung dari faham ini juga menolak demokrasi pemerintahan yang baik, dan akhirnya tidak memandang Pancasila sebagai sebuah ideologi yang penting bagi bangsa indonesia. Faham ini bukan hanya berkembang di masyarakat saja, melainkan juga berkembang di kalangan generasi muda penerus bangsa.
  • Kurangnya menginternalisasikan nilai-nilai Pancasila dalam pendidikan jalur formal maupun nonformal, termasuk nilai-nilai nasionalisme kepada bangsa Indonesia, khususnya pada generasi muda.
  • Pentingnya pendidikan pancasila
  •           Di era perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang sangat pesat ini, generasi muda sangat terpengaruh dengan hal tersebut.
  • Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dapat memberikan dampak yang buruk karena generasi muda saat ini banyak yang mengikuti kebudayaan luar tanpa menyaring kebudayaan tersebut sesuai dengan kaidah pancasila karena kurangnya pengetahuan dan bimbingan yang mereka dapatkan.
  • Generasi muda saat ini yang dipandang sebagai penerus bangsa diharapkan mampu menanamkan makna serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.Dengan adanya pendidikan pancasila, generasi muda diharapkan menjadi perbaikan serta pembentukan karakter yang tidak hanya unggul melainkan juga mempunyai akhlak yang baik. 
  • Model penyampaian pendidikan pancasila ini hendaknya berupaya lebih banyak melibatkan generasi muda secara terbuka, demokratis, dan memiliki kebebasan berpendapat agar generasi muda mampu memahami apa saja yang terkandung didalamnya. 
  • Akan tetapi, kenyataannya generasi muda saat ini banyak yang bertindak tidak sesuai dengan kaidah pancasila, seperti pembunuhan, pemerkosaan, tawuran, dan lainnya. Jika hal ini tetap dibiarkan berlangsung, maka akan kehilangan fungsi dari generasi muda sebagai penerus bangsa karena akibat dampak buruk dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini. 
  • Pada dasarnya, merekatidak berfikir panjang mengenai dampak selanjutnya jika melakukan perbuatan tersebut. Jika hal tersebut masih berlangsung, pastinya juga akan berdampak buruk bagi negara Indonesia sendiri yaitu akan mengalami keterpurukan seiring berjalannya waktu.
  • Ada beberapa cara untuk mengatasi atau mencegah hal tersebut :
  • Dari kesadaran dmaupun kepribadiansetiap individu. Yaitu generasi muda harus mampu berpegang teguh dengan kepribadian yang sesuai dengan makna serta nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila sehingga mereka tidak mudah terpengaruh dengan kebudaayan luar karena mereka mampu menyaring kebudayaan tersebut yang sesuai dengan pancasila.
  • Dengan adanya pendidikan pancasila, diharapkan generasi muda mampu mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta mampu menjadi penerus bangsa yang membawa negara Indonesia menuju pada perubahan kearah yang lebih baik.
  • Kesimpulan dan Saran
  • Kesimpulan
  • Dari hasil dan analisis dapat disimpulkan bahwa pancasila adalahsuatu ide yang menjadi cita- citabangsa. Pancasila memiliki lima butir yang harus di teladani, setiap butir memiliki makna serta nilai-nilai penting yang harus di amalkan dalam kehidupannya sehari-hari. 
  • Oleh karena itu, pendidikan pancasila sangatlah penting bagi generasi muda supaya mereka dapat terbentuk karakter yang unggul serta mempunyai akhlak yang baik.
  • Dengan adanya pendidikan pancasila, generasi muda diharapkan menjadi perbaikan serta pembentukan karakter yang tidak hanya unggul melainkan juga mempunyai akhlak yang baik.
  • Generasi muda saat ini yang dipandang sebagai penerus bangsa diharapkan mampu menanamkan makna serta nilai-nilai yang terkandung didalamnya dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Saran
  • Dengan adanya artikel ini, generasi muda diharapkan memiliki kesadaran dmaupun kepribadian setiap individudengan berpegangteguh pada kepribadian yang sesuai dengan makna dan nilai-nilai yang ada di dalam pancasila sehingga mereka tidak mudah terpengaruh dengan kebudaayan luar.
  • Dan generasi muda mampu mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta mampu menjadi penerus bangsa yang membawa negara Indonesia menuju pada perubahan kearah yang lebih baik.
  • Referensi
  • Nurwardani, Paristiyanti. 2016. Pendidikan Pancasila untuk perguruan tinggi.Jakarta : Direktorat jendral pembelajaran dan kemahasiswaan kementrian riset teknologi dan pendidikan tinggi
  • Fadilah, Nurul. 2019. "Journal of Digital Education, Communication, and Arts". Tantangan dan penguatan ideology pancasila dalam menghadapi era revolusi industry 4.0, Vol. 2.No. 2.
  • Mawardi, Imam. 2017. "Jurnal Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan dan Hukum". Pancasila Sebagai Landasan Karakter Pemimpin Menuju Perubahan Ideal.Vol. 1, No. 1.
  • Mihsan, Ahmad. 2017. "jurnal pancasila dan kewarganegaraan". Kecenderungan global dalam proses pembelajaran pancasila dan kewarganegaraan di sekolah.Vol. 2, No. 2.

Fitri Nur Aini (12204173057) TMT 5D

fitriaini2911@gmail.com

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung

Jln. Mayor Sujadi Timur No. 46 Tulungagung - Jawa Timur

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun