Mohon tunggu...
Fitrawan Umar
Fitrawan Umar Mohon Tunggu... Dosen - Dosen dan Penulis Buku

Universitas Muhammadiyah Makassar

Selanjutnya

Tutup

Vox Pop Pilihan

Becak dan Motor Biang Kemacetan Jakarta?

26 Januari 2018   20:24 Diperbarui: 26 Januari 2018   20:39 1258
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Halte di dekat Green Pramuka City. Para pengembang sangat mendukung konsep TOD

 Pembicaraan tentang becak dan motor di jalan Ibukota kembali hangat dibicarakan. Gubernur Jakarta ingin memberdayakan para tukang becak yang selama ini masih eksis di Ibukota. Hal itu dilakukan sebagai bentuk pembuktian janji kampanye terhadap wong cilik, terkhusus kepada para tukang becak.

Anies Baswedan mencoba menindaklanjuti kontrak politik dari Pak Jokowi, yang sewaktu  menjabat sebagai Gubernur Jakarta belum sempat menunaikan janjinya atas tukang becak.

Sebelum itu, wacana tentang pengendara sepeda motor mencuat lagi setelah MA mencabut Peraturan Gubernur yang dikeluarkan di era Ahok. Sewaktu itu Ahok selaku gubernur melarang pengguna sepeda motor melintas di jalan protokol MH Thamrin hingga Jalan Medan Merdeka Barat.

Becak dan motor adalah simbol dari rakyat menengah ke bawah yang bergulat di Ibukota. Maka sewaktu motor dilarang, Frans Magnis Suseno sampai-sampai menulis artikel berjudul "Perang Melawan Rakyat". Artikel itu mengkritik keras larangan sepeda motor dan dianggap sebagai kebijakan yang melawan rakyat.

Pelarangan motor dan becak berangkat dari pemahaman dan logika yang keliru. Becak dan motor dianggap sebagai biang kemacetan. Apa benar seperti itu?

Perbandingan Kebutuhan Panjang Jalan
Perbandingan Kebutuhan Panjang Jalan
Faktanya, mobil pribadi justru yang mengambil badan jalan yang lebih banyak. 100 sepeda motor hanya membutuhkan panjang jalan 85 meter, sedangkan 100 mobil pribadi membutuhkan panjang jalan sampai 510 meter.

Jika memakai logika pelarangan motor, maka seharusnya mobil pribadilah yang dilarang melintas di jalan protokol. Yakin dan percaya tidak akan ada kemacetan lagi.

Sayangnya, sebagian kelas menengah atas lebih peduli dengan dirinya sendiri. Sebagian mereka merasa bahwa Ibukota Jakarta hanya untuk orang berduit, punya mobil pribadi, dan sebagainya. Motor, juga becak, dituding sebagai perusak wajah kota.

Boleh dikatakan, sebagian kelas menengah atas lebih peduli dengan kota daripada manusia yang hidup di kota.

Solusi Kemacetan

Tetapi, pelarangan mobil pribadi pun juga tindakan yang tidak bijak. Solusi menangani kemacetan paling efektif  ialah dimulai dari penyediaan transportasi publik yang memadai. Transportasi publik ini harus aman, nyaman, dan terjangkau untuk semua golongan.

Jika melihat infografis di atas, 1 bus dapat menampung 100 orang dan hanya membutuhkan panjang jalan 13,5 meter. Bandingkan dengan moda transportasi pribadi.

Setelah itu, konsep Transit Oriented Development (TOD)  juga perlu diterapkan. TOD ialah bentuk pengintegrasian transportasi publik dengan pusat permukiman atau hunian warga dan pusat-pusat aktivitas lainnya.

Di Jakarta, konsep TOD sudah diminati banyak pengembang. Pengembang Apartemen Green Pramuka City, misalnya, sangat mendukung hal itu. Pengembang mengakui bahwa konsep TOD akan menguntungkan warga, dan di masa mendatang, apartemen yang mendukung TOD akan diincar konsumen.

Dari aspek tata ruang, TOD akan menyatu dengan konsep mixed-use development atau penggunaan lahan dengan multifungsi. Misalnya, pusat hunian menyatu dengan pusat perbelanjaan atau pusat perkantoran. Dalam promosinya, Green Pramuka City menyebutnya 'One Stop Living'.

Halte di dekat Green Pramuka City. Para pengembang sangat mendukung konsep TOD
Halte di dekat Green Pramuka City. Para pengembang sangat mendukung konsep TOD
Melalui penyediaan transportasi publik dan TOD, kemacetan akan dapat dikurangi. Perlahan-lahan, secara sadar, warga akan mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Tidak perlu dilarang-larang.

Lantas, bagaimana dengan becak? Becak dapat dimanfaatkan sebagai pengumpan dari rumah di perkampungan kota ke halte terdekat. Becak dapat menjadi bagian dari rekayasa transportasi secara integral. Jalan-jalan yang tidak dapat dilalui bus, dapat dimanfaatkan oleh para tukang becak untuk mengangkut warga.

Dengan demikian, sumber penghasilan para tukang becak tidak ditutup. Bagaimana pun, mereka adalah rakyat Indonesia yang berjuang untuk menyambung hidup. Mereka punya anak dan keluarga yang harus ditanggung.

Solusi di atas dapat diterapkan untuk mewujudkan 'maju kotanya, bahagia warganya'.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Vox Pop Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun