Oleh
Junianto1 dan Fitram Novian2
Dosen Departemen Perikanan_UNPAD
Mahasiswa Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) Perikanan  _ UNPAD, Pangandaran
Â
Penjelasan Produk
Bakso ikan (fishball) adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia dan bakso sendiri telah ada sejak jaman Dinasti Ming di China yang diperkuat pula dengan penamaan bak-so yang dalam bahasa Hokkien yaitu daging giling. Selain itu, bakso juga sangat digemari oleh masyarakat Indonesia baik kalangan anak-anak, remaja bahkan orang tua sekalipun. Menurut (Wodi & dkk, 2019) bakso ikan memiliki keunggulan karena mengandung protein yang lebih tinggi sebesar 21,61%. Â
Sehingga dari banyaknya permintaan terkait baso ikan memunculkan sebuah perusahaan pembuatan bakso ikan yang memiliki nilai kualitas tinggi karena dipilih dari ikan -- ikan segar dan sehat, pembuatan bakso ini dilakukan dengan bahan yang masih segar baik dari daging ikan dan bumbu yang dipanen dari lahan produksi perusahaan.Â
Bakso ikan HOBTI juga dibuat tidak mengguanakan bahan pengawet sehingga aman dikonsumsi oleh anak-anak maupun orang tua serta selain itu Bakso Ikan HOBTI ini juga bisa dimakan langsung karena telah melalui tahap pengolahan yang sangat baik, dapat digoreng atau dicampur dengan makanan lain sebagai bahan lauk pauk saat makan dan yang terpenting dari semuanya adalah Bakso Ikan HOBTI sudah bersertifikasi halal MUI dan aman dari Kemenkes RI.Â
Â
INFORMASI NILAI GIZI /NUTRITION FACTS
Takaran Saji / Service Size 30 gr
5 Sajian Per Kemasan / Serving Per Packaging
JUMLAH PER SAJIAN / AMOUNT PER SERVING
Â
Energi Total / Total Calories                                       30 kkal/kcal
  Energi dari Lemak /Calories from Fat                                10 kkal/kcal
  Energi dari Lemak Jenuh/Calories from Saturated Fat                    5 kkal/kcal
                                                            %AKG*%DV*
Â
Lemak Total / Total Fat                                          1 g     1 %
Lemak Jenuh / Saturated Fat                                    0,5 g     3 %
Protein / Protein                                                10 g     16 %
Karbohidrat Total / Total Carbohydrate                            1 g     0 %
Gula / Sugar                                                    0 g
Garam (Natrium / Salt (Sodium)                               320 mg     22 %
*Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal
Kebutuhan energi anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah
*Percent daily values are based on 2150 kcal
Your value maybe higher or lower depending on your calories needs
Analisis Konsumen
Terkait sasaran konsumen untuk produk pada Bakso ikan HOBTI adalah semua kalangan kecuali bayi karena bahan bakso ini dibuat dengan baik dan lembut sehingga sangat mudah dalam proses pemasakan ataupun dapat dimakan langsung. Bakso ikan HOBTI juga dapat dijadikan bahan tambahan masakan ataupun lauk untuk makan sehari -- hari dan memiliki protein yang cukup yaitu 16 % sehingga baik digunakan untuk anak dalam masa pertumbuhan, bakso ikan ini memiliki berat 600 gram dalam satu pack dengan 60 butir bakso dengan harga Rp.20.000,- sehingga murah dikantong namun tidak mengurangi kualitas produk.Â
Bakso Ikan HOBTI juga akan mudah didapatkan dan dijumpai dipasar, supermarket, minimarket atau bahkan online shop yang akan memudahkan konsumen dalam membeli bakso karena didistribusikan ke seluruh Indonesia sehingga kapanpun bisa membeli dan dapat menikmati bakso ikan HOBTI. Memiliki rasa yang lezat dan sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia karena kaya bumbu khas Indonesia.
Analisis Persaingan
Persaingan pasar adalah salah satu hal yang sangat wajar dalam sebuah pemasaran produk ditambah sudah banyak sekali produk-produk bakso yang telah menjamur di Indonesia dan sudah sangat terkenal seperti Bellfoods, So Good Foods dan dilihat bahwa memang persaingan pada pasar cukup berat terlebih perusahaan yang telah disebutkan telah lama ada dipasaran Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa bakso ikan HOBTI dapat bersaing dalam harga dan kualitas sehingga diharapkan dapat diterima oleh masyarakat atas ataupun kalangan bawah.Â
Perancangan Pemasaran
Terkait rancangan pada pemasaran akan dilakukan melalui promosi seperti membeli 2 bungkus bakso ikan HOBTI akan mendapatkan 1 bungkus ataupun diskon 5-10% karena memang masyarakat Indonesia sangat menyukai diskon dan selain itu dengan melakukan penjualan dalam platform online seperti online shop yang fleksibel dapat dilakukan kapanpun dimanapun sehingga untuk jangkauan pembelian dapat ke seluruh Indonesia selain dari distribusi melalui jalur darat, laut maupun udara. Pada rancangan pemasaran ini juga akan dilakukan penjualan pada media platform online shop luar negeri seperti pada Alibaba ataupun Amazon sehingga bakso ikan HOBTI dapat dikenal oleh masyarakat dunia karena hal ini adalah satu ajang persaingan pada pasar dunia dari produk buatan negeri yang ditambah memperkenalkan Indonesia sebagai agent of change world pada dunia perikanan.
DAFTAR PUSTAKA
Wodi, S. I., & dkk. (2019). Analisis Mutu Bakso Ikan Home Industri dan Komersil Di Babakan Raya Bogor. Jurnal FishtecH, Vol. 8 (1) : 7-11.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI