Mohon tunggu...
Fita Erlina
Fita Erlina Mohon Tunggu... Mahasiswa - penulis sajak di https://serpihanfitaerlina.blogspot.com

halo selamat membaca tulisan saya ya... semangat Boleh nih Follow Instagram aku @fit.erl23 dan mampir ke https://serpihanfitaerlina.blogspot.com tengkyuuuuuu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Contoh RPP Sederhana Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas IX

15 Februari 2022   08:28 Diperbarui: 15 Februari 2022   08:31 1554
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Materi Pembelajaran : Seni Lukis
Kelas / Semester : IX (Sembilan)  / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 50  Menit x 4 Pertemuan

A.Kompetensi Inti
1.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.Memahami dan Menerapkan pengetahuan berdasarkan rasa ingin tahunya tentang Pengetahuan Seni Lukis.
3.Mengolah, menyaji, dan menalar, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak ( membaca, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

B.Kompetensi Dasar
1.1Menunjukkan sikap jujur, disiplin, tanggung jawab dan  saling menghargai lewat berkarya seni.
2.1Mengetahui pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis dan aliran dalam berkarya seni lukis.
2.2Memahami  unsur, prinsip, teknik berkarya seni lukis dengan berbagai bahan dan media.
3.1 Membuat karya seni lukis dengan berbagai bahan, media dan teknik.

C.Indikator Pencapaian Kompetensi

NO PengetahuanKeterampilan
2.1.1Mengetahui apa pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis dan apa saja aliran-aliran yang ada dalam seni lukis.
Siswa dapat mengidentifikasi pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis dan apa saja aliran-aliran yang ada dalam seni lukis.
2.1.2Mengetahui apa saja unsur dan prinsip yang harus diterapkan dalam membuat seni lukis. Siswa dapat mengidentifikasi  dan mengamati karya seni lukis dengan memperhatikan unsur dan prinsip dalam seni lukis.

2.1.2Mengetahui alat bahan dan Teknik berkarya seni lukis dengan berbagai bahan dan media. -Siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan berkarya seni lukis.
-Siswa dapat menerapkan teknik berkarya seni lukis.  

3.1.1Mengetahui langkah- langkah berkarya seni lukis dengan berbagai bahan dan media.-Siswa dapat membuat sketsa lukisan dengan berbagai tema.
-Siswa dapat memadukan warna dengan tepat.
-Siswa dapat berkarya seni lukis dengan mengikuti  langkah-langkah dalam berkarya seni lukis.


D.Pendekatan Pembelajaran

1.Pendekatan PAIKEM
2.Pendekatan Pembelajaran Kooperatif
3.Pendekatan Ekspositori

E.Kegiatan Pembelajaran

1.Pertemuan Ke-1
Bahan Pembelajaran-Pengertian seni lukis
-Tujuan berkarya seni lukis
-Aliran dalam berkarya seni lukis
-Unsur-unsur dalam berkarya seni lukis
-Prinsip-prinsip dalam berkarya seni lukis
Media Pembelajaran-LCD / PROYEKTOR
-PPT
-Modul
-Internet
-Buku
-video
Metode Pembelajaran-Ceramah
-Diskusi
-Presentasi
Langkah-Langkah
Pembelajaran-Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
1.Mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.Apersepsi
3.Memberikan motivasi.
4.Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.Menyampaikan cakupan materi dan langkah-langkah pembelajaran.
6.Menyampaikan cakupan penilaian (pengetahuan, keterampilan dan sikap).

-Kegiatan Inti (75 Menit)
1.Mendengarkan
Peserta didik mendengarkan ceramah/penjelasan mengenai materi  yang disampaikan     oleh Guru.
2.Mengamati
Peserta didik mengamati tayangan PPT yang berkaitan dengan pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis, aliran dalam seni lukis, unsur-unsur seni lukis, prinsip-prinsip seni  lukis  dan contoh lukisan yang ditayangkan melalui LCD/Proyektor.
3.Mengkaji
Peserta didik mengkaji pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis, aliran dalam seni lukis, unsur-unsur seni lukis, prinsip-prinsip seni lukis   melalui internet, buku, modul dan lainnya.
4.Tanya Jawab/Diskusi
Peserta didik diberikan kesempatan untuk berdiskusi mengenai pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis, aliran dalam seni, lukis unsur-unsur seni lukis dan  prinsip-prinsip seni lukis.  

-Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan pengertian seni lukis, tujuan berkarya seni lukis, aliran dalam seni lukis  unsur-unsur seni lukis dan  prinsip-prinsip seni lukis.
2.Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk mencari contoh lukisan berbagai aliran beserta tokohnya.
4.Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam


2.Pertemuan Ke-2

Bahan Pembelajaran-Alat dan bahan dalam berkarya seni lukis
-Teknik dalam berkarya seni lukis
-Langkah-langkah berkarya seni lukis
Media Pembelajaran-LCD / PROYEKTOR
-PPT
-Modul
-Internet
-Video
-Buku
-Alat dan bahan berseni lukis
Metode Pembelajaran-Ceramah
-Diskusi
-Presentasi
Langkah-Langkah
Pembelajaran-Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
1.Mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.Apersepsi
3.Memberikan motivasi.
4.Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.Menyampaikan cakupan materi dan langkah-langkah pembelajaran.
6.Menyampaikan cakupan penilaian (pengetahuan, keterampilan dan sikap).

-Kegiatan Inti (75 Menit)
1.Mendengarkan
Peserta didik mendengarkan ceramah/penjelasan mengenai materi  yang disampaikan     oleh Guru.
2.Mengamati
Peserta didik mengamati tayangan PPT yang berkaitan dengan alat dan bahan dalam berkarya seni lukis, teknik berkarya seni lukis  dan video contoh teknik dan langkah-langkah berkarya seni lukis melalui LCD/Proyektor. Guru memperlihatkan kepada peserta didik contoh alat dan bahan berkarya seni lukis.
3.Tanya Jawab/Diskusi
Peserta didik diberikan kesempatan untuk berdiskusi mengenai alat dan bahan dalam berseni lukis dan teknik dalam berseni  seni lukis.  

-Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.Guru bersama-sama peserta didik menyimpulkan macam-macam alat dan bahan dalam berkarya seni lukis dan teknik-teknik dalam berkarya seni lukis.
2.Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk menyiapkan alat dan bahan berkarya seni lukis dan membawanya pada pertemuan berikutnya.
4.Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam

3.Pertemuan Ke-3
Bahan Pembelajaran-Membuat karya lukis
Media Pembelajaran-Kanvas
-Cet Acrylic
-Kuas
Metode Pembelajaran-Kerja Cipta
Langkah-Langkah
Pembelajaran-Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
1.Mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.Apersepsi
3.Memberikan motivasi.
4.Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.Menyampaikan cakupan materi dan langkah-langkah pembelajaran.
6.Menyampaikan cakupan penilaian (pengetahuan, keterampilan dan sikap).

-Kegiatan Inti (75 Menit)
1.Eksperimen
Peserta didik melakukan eksperimen berkarya seni lukis Mengamati.
2.Mengamati
Guru mengamati proses peserta didik dalam berkarya seni lukis dan memberikan arahan kepada peserta didik secara individu.

-Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.Guru memberikan tugas rumah kepada peserta didik untuk menyelesaikan  berkarya lukis dirumah masing-masing
2.Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam

4.Pertemuan Ke-4
Bahan Pembelajaran-Apresiasi Karya
Media Pembelajaran-Hasil karya lukis
Metode Pembelajaran-Presentasi
-Diskusi
-Empatik
-Interaktif
Langkah-Langkah
Pembelajaran-Kegiatan Pendahuluan (10 Menit)
1.Mengucapkan salam dan membimbing peserta didik berdoa dilanjutkan memeriksa kehadiran peserta didik.
2.Apersepsi
3.Memberikan motivasi.
4.Menyampaikan tujuan pembelajaran.
5.Menyampaikan cakupan materi dan langkah-langkah pembelajaran.
6.Menyampaikan cakupan penilaian (pengetahuan, keterampilan dan sikap).

-Kegiatan Inti (75 Menit)
1.Presentasi
Peserta didik mempresentasikan hasil karya seni lukisnya didepan kelas dengan menjelaskan deskripsi karya serta pengalaman yang didapatkan setelah melakukan eksperimen berkarya seni lukis.
2.Mengamati
Peserta didik dan guru mengamati hasil karya seni lukis peserta didik yang sedang presentasi.
3.Tanya Jawab/Diskusi
Peserta didik diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan ataupun masukan kepada temannya yang sedang presentasi karya.
4.Apresiasi
Guru memberikan Apresiasi berupa kririk dan saran terhadap hasil karya seni lukis  peserta didik secara individu.

-Kegiatan Penutup (15 Menit)
1.Guru memberikan apresiasikepada peserta didik karena telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
2.Guru bersama-sama peserta didik melakukan refleksi tentang proses dan hasil pembelajaran yang telah dicapai.
3.Guru membimbing peserta didik berdoa dan mengucapkan salam

TERIMA KASIH,

MOHON MAAF JIKA MASIH ADA BEBERAPA BAGIAN YANG BELUM TEPAT,

KRITIK DAN SARAN SANGAT SAYA HARAPKAN,

Sumber Referensi :
Suwandi.2007.Berkarya Seni Budaya Untuk SMP. Jakarta:Ganeca Exact
https://gurupengajar.com/rpp-kurikulum-2013.html

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun